x

Bocoran Pemain Timnas U-17 di Piala Dunia, Ada Striker Persis dan Borneo FC

Jumat, 30 Juni 2023 15:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mengaku sudah punya gambaran pemain yang akan dipanggil untuk seleksi persiapan Piala Dunia U-17. Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah pada 10 November-2 Desember mendatang. 

Dalam waktu dekat, Bima Sakti akan segera melakukan seleksi. Tapi, dia harus berkoordinasi dengan PSSI karena Ketua Umum Erick Thohir menyebut ada seleksi di sembilan kota. 

"Kami akan koordinasi dengan PSSI untuk masalah seleksi sembilan kota ini. Apakah tetap akan lakukan TC dengan adakan seleksi itu juga," kata Bima Sakti kepada INDOSPORT

"Biar semua punya kesempatan yang ingin tampil di Piala Dunia U-17. Kami berikan kesempatan untuk pemain muda dari Sabang sampai Merauke," imbuh Bima Sakti. 

Lebih lanjut, pelatih berusia 47 tahun itu menyampaikan sebagian besar pemain yang akan dipanggil ke TC atau seleksi adalah dari jebolan timnas U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022 lalu.  

Baca Juga

Selain itu, juga ada tambahan pemain yang sempat itu seleksi di program PSSI, Future Garuda yang dilakukan awal bulan ini di Jakarta. Nanti ada juga beberapa pemain keturunan yang ikut dipanggil seleksi. 

"Timnya sebagian besar dari timnas U-16 kemarin, lalu ada yang kemarin di Future Garuda yang seleksi sama pemain-pemain legenda itu, yang ada Roberto Carlos dan lainnya," jelas Bima Sakti

Baca Juga

Mantan kapten timnas Indonesia itu bersyukur karena beberapa pemain yang bersamanya di timnas U-16 kini bergabung dengan klub Liga 1. Itu membuat kondisi fisik mereka tetap stabil karena latihan rutin. 

Beberapa jebolan timnas U-16 yang sudah dikontrak klub Liga 1 adalah Arkhan Kaka (Persis Solo), Rizdjar Nurviat Subagia dan Kafiatur Rizky (Borneo FC) serta Muhammad Rizki Afrisal (Madura United). 

"Saya bersyukur ada 5-6 pemain yang bermain di Liga 1. Ada Arkhan Kaka di Persis Solo, Rizdjar Nurviat Subagia dan Kafiatur Rizky di Borneo FC, Muhammad Rizki Afrisal di Madura United," jelasnya.

Baca Juga

1. Future Garuda

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

"Jadi saya pikir sangat membantu saat mereka diproyeksikan di senior karena mereka tetap latihan di tim Liga 1. Waktu di Future Garuda itu kan ada pemain timnas U-16 juga," ujar Bima Sakti. 

"Saya lihat kondisinya nggak begitu jauh. Jadi masih ada waktu empat bulan ini bisalah angkat performa mereka," imbuhnya menyoal persiapan fisik pemain timnas U-17 menuju Piala Dunia U-17 2023. 

Sementara itu, Erick Thohir beberapa hari lalu mengatakan, Bima Sakti bisa memanfaatkan pemain muda Elite Pro Academy (EPA) maupun dari seleksi Future Garuda untuk skuad timnas U-17. 

Baca Juga

Ada 56 pemain muda yang terjaring masuk Future Garuda dan rencananya dikirim ke Aspire Academy di Doha, Qatar, untuk berlatih.

Kebetulan, Bima Sakti adalah salah satu pelatih yang menangani proses seleksi bersama beberapa mantan pemain dunia seperti Roberto Carlos, Marco Materazzi, Juan Sebastian Veron, Eric Abidal, dan Giorgos Karagounis.

Baca Juga

Apabila sudah semua pemain sudah terseleksi, timnas U-17 dijadwalkan menjalani sejumlah uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia, hingga Afrika. Harapannya dapat pengalaman supaya tampil bagus di Piala Dunia U-17 2023. 

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini