x

Chelsea Masih Rugi Usai Jual Mason Mount ke Man United, Mau Obral Siapa Lagi Boehly?

Jumat, 30 Juni 2023 13:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Setelah melepas Mason Mount ke Manchester United, pemain Chelsea mana lagi yang akan diobral Todd Boehly demi menutupi kerugian klub?

INDOSPORT.COM - Setelah melepas Mason Mount ke Manchester United, pemain Chelsea mana lagi yang akan diobral Todd Boehly demi menutupi kerugian klub pada bursa transfer musim panas ini?

Chelsea dan Manchester United akhirnya sepakat sola negosiasi transfer Mason Mount. Hal ini dikonfirmasi jurnalis ternama sekaligus pakar bursa transfer yaitu Fabrizio Romano.

The Blues akan menerima nominal 55 juta plus 5 juta poundsterling atau sekitar Rp1,1 triliun dari Manchester United untuk mahar Mason Mount akan dibeli oleh Manchester United dengan mahar fantastis,

Sebelum uang tersebut dibayarkan ke Chelsea, gelandang berusia 24 tahun tersebut akan menjalani tes medis terlebih dahulu. Kabarnya ia siap menandatangani kontrak hingga Juni 2028 mendatang.

"Mason Mount akan segera melakukan tes medis. Kontrak sampai Juni 2028, kontrak lima tahun," tulis Fabrizio Romano di Twitter pribadinya, Jumat (30/06/23) dini hari WIB.

Baca Juga

Dengan hengkangnya Mason Mount ke Manchester United, maka jumlah pemain Chelsea yang dilepas sang pemilik Todd Boehly pada bursa transfer musim panas ini bertambah jadi delapan orang.

Sebelumnya, The Blues lebih dulu melepas N’Golo Kante, Hakim Ziyech, Ruben Loftus-Cheek, Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly, Mateo Kovacic dan Kai Havertz.

Mason Mount menjadi pemain termahal yang berhasil dijual Chelsea, sedangkan N’Golo Kante dilepas secara gratis ke Al Ittihad.

Baca Juga

Sementara enam pemain lainnya dijual murah meriah ke klub-klub Liga Inggris seperti Arsenal, Manchester City, dan bebrapa klub di Arab Saudi.

Adapun dua pemain pinjaman harus kembali ke klub masing-masing, yakni Joao Felix ke Atletico Madrid dan Deniz Zakaria ke Juventus.

Total, Chelsea setidaknya sudah mengantongi 208,8 juta pounds (Rp3,9 triliun) dari penjualan delapan pemain tersebut sebagaimana dilansir dari Transfer News Live di Twitter (@DeadlineDayLive).

Baca Juga

1. Todd Boehly Bakal Jual Pemain Chelsea Lagi?

Todd Boehly, pemilik baru Chelsea. Foto: REUTERS-Tony Obrien

Chelsea diketahui belanja gila-gilaan pada musim 2022/2023. Sang pemilik, Todd Boehly sudah menggelontorkan dana 611,49 juta Euro atau setara Rp10 triliun pada dua periode transfer.

Sayangnya, transfer hedon ini tak membuat Chelsea tampil cemerlang musim lalu. The Blues akhirnya harus finis di posisi ke-12 pada klasemen akhir Liga Inggris 2022-2023.

Selama musim tersebut, Chelsea juga tercatat dua kali memecat dua pelatih, yakni Thomas Tuchel kemudian mendatangkan Graham Potter yang kenmudian dipecat.

Aktivitas ini membuat Chelsea mengalami kerugian sebesar 121,3 juta pounds atau sekitar Rp2,3 miliar. Alhasil, klub London Barat itu berada di pantauan UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa).

Menurut aturan Liga Inggris, sebuah tim boleh merugi lebih dari 105 juta pounds, asal tidak selama tiga musim beruntun. Namun Chelsea sudah merugi di dua musim sebelumnya, sehingga menjual pemain jadi jalan keluar terbaik mengakalinya.

Baca Juga

Menjual pemain secara besar-besaran juga harus dilakukan Chelsea lantaran kehadiran pelatih baru, Mauricio Pochettino. Ada banyak pemain yang tak masuk dalam rencana Pochettino.

Selain itu, kegagalan menembus zona Liga Champions juga membuat Chelsea harus melepas pemain untuk efisiensi dan efektivitas skuat menyongsong musim depan.

Baca Juga

Dari 14 pemain yang diproyeksikan akan ditendang, delapan tercatat sudah menemukan klub baru. Namun, Todd Boehly tampaknya tidak akan berhenti menjual pemain sampai dompetnya penuh.

Daftar tersebut mungkin segera bertembah panjang. Dua di antaranya, yakni Christian Pulisic dan Ruben Loftus-Cheek yang mendekat ke AC Milan.

Selain itu, sejumlah pemain yang masa depannya diragukan seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Cesar Azpilicueta, Trevoh Chalobah, Marc Cucurella, Lewis Hall, Carney Chukwuemeka dan Conor Gallagher juga kemungkinan besar dijual.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaBerita TransferBerita Bursa TransferMason MountTodd Boehly

Berita Terkini