x

FSG Katanya Pelit ke Liverpool, Ini Profil dan Harta Kekayaan John W Henry

Sabtu, 1 Juli 2023 08:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Profil singkat dan harta kekayaan pemilik Liverpool, John W Henry. Foto: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC.

INDOSPORT.COM - Profil singkat dan harta kekayaan John W Henry, yang tidak lain tidak bukan bos Fenway Sports Group, pemilik klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Fenway Sports Group (FSG), sudah melalui jalan yang sangat panjang setelah mengambil alih Liverpool dari tangan Tom Hicks dan George Gillett.

Selama berada dalam genggaman FSG, Liverpool juga telah mengalami momen pasang surut, hingga akhirnya bisa menjadi klub dengan seabrek gelar juara.

Semua berkat kedatangan Jurgen Klopp yang merapat pada 2015 menggantikan manajer sebelumnya, Brendan Rodgers.

Bahkan, FSG pun tidak gegabah dalam mengambil keputusan saat pelatih asal Jerman tersebut tidak langsung ngegas dan menyumbang trofi.

Baca Juga

Alih-alih mencari pengganti, FSG malah memberi kepercayaan kepada Jurgen Klopp untuk bertahan lebih lama, dan kesabaran mereka pun membuahkan hasil.

Liverpool berhasil memenangkan banyak trofi termasuk Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Liga Inggris, dan yang lainnya.

Baca Juga

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat nama FSG dan John W Henry kerap disorot publik, yakni sepak terjang mereka di bursa transfer pemain.

Liverpool termasuk salah satu klub yang enggan jor-joran berbelanja pemain. Bahkan, kecenderungan ini sempat membuat Jurgen Klopp kalang kabut saat dilanda badai cedera.

Di sisi lain, FSG juga beberapa kali dikritik karena dianggap tidak menginvestasikan banyak dana untuk Liverpool. 

Baca Juga

1. Profil Singkat John W Henry

Profil singkat dan harta kekayaan pemilik Liverpool, John W Henry. Foto: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC.

Salah satu sorotan pun pernah disampaikan oleh jurnalis Liverpool untuk The Athletic, James Pearce. Ia turut menyoroti isu yang menyebut FSG terkesan ‘pelit’ untuk merogoh dompet mereka.

“Bukan rahasia lagi kalau FSG tidak memberi uang [banyak] untuk Liverpool,” ujarnya seperti pernah dikutip empireofthekop.

Akan tetapi, dalam tulisan yang sama, James Pearce juga memaparkan bagaimana FSG di sisi lain juga tidak menarik uang mereka dari klub Liga Inggris tersebut.

Dalam laporan itu, James Pearce pun turut menyoroti sejumlah seruan yang beredar di media sosial tentang John W Henry dan FSG.

“Ide tentang FSG Out atau FSG apologist itu konyol,” ujarnya.

Baca Juga

Menurutnya, orang-orang seharusnya bisa percaya bahwa pemilik Liverpool telah melakukan banyak hal baik, meski dalam prakteknya juga ada kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Lantas, siapa sebenarnya John W Henry, bos Fenway Sports Group (FSG) yang telah menyelamatkan Liverpool dari cengkeraman Hicks dan Gillett?

Baca Juga

John William Henry II adalah pebisnis asal Amerika Serikat yang lahir di Quincy, Illinois, 73 tahun lalu. Ia juga dikenal sebagai pemilik tim bisbol, Boston Red Sox.

Latar belakangnya sebagai anak petani kedelai pun berkaitan erat dan berperan penting dalam cikal-bakalnya menjadi pebisnis.

Awalnya, John W Henry sempat bersekolah di Victor Valley High School sebelum pindah ke University of California, mengambil jurusan filsafat.

Baca Juga

2. Harta Kekayaan John W Henry

Profil singkat dan harta kekayaan pemilik Liverpool, John W Henry. Foto: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC.

Akan tetapi, ia tidak lulus dan malah sibuk bermain band, hingga akhirnya terjun ke dunia bisnis, berbekal ilmu dari sektor pertanian yang digeluti orang tuanya.

Tentu saja, butuh waktu bagi John W Henry untuk settle dan mengembangkan bisnisnya. Pada 1981, ia akhirnya berhasil mendirikan perusahaan trading pertamanya, John W. Henry & Company.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang dan melayani klien hingga mengantongi profit yang lumayan.

Baru setelah itu, John W Henry melebarkan sayapnya dengan terjun ke dunia bisnis di bidang olahraga. Ia memulainya dari sebuah tim bisbol bersama Tucson Toros.

Bersama rekannya, Tom Werner, ia kemudian mendirikan Fenway Sports Group (FSG) dan mengambil alih Boston Red Sox yang bermain di level major league.

Kini, John W Henry dan FSG pun dikenal sebagai pemilik Boston Red Sox dan Liverpool, serta seorang pengusaha yang sukses.

Kekayaan pria yang satu ini pun menyentuh 4 miliar dolar AS atau sekitar Rp60,1 triliun, sebagaimana dilihat INDOSPORT.COM di laman Forbes tanggal 30 Juni 2023.

Selain Boston Red Sox dan Liverpool, John W Henry juga dikenal publik berkat kepemilikan sahamnya di New England Sports Network dan Nascar's Roush Fenway Racing.

Berdasarkan grafik yang dimuat di laman Forbes, harta kekayaan John W Henry terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dimulai sejak tahun 2014, John W Henry mengantongi kekayaan 1,5 miliar dolar AS, yang kemudian terus meningkat hingga menyentuh 4 miliar dolar AS pada 2023.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisFenway Sports GroupIndepth

Berita Terkini