x

Piotr Zielinski, Alternatif Murah Tak Murahan untuk Lini Tengah Bobrok Liverpool

Jumat, 30 Juni 2023 16:26 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Bukan rahasia lagi jika Liverpool berniat memperbaiki lini tengah mereka pada bursa transfer musim panas kali ini dan Piotr Zielinski bisa jadi opsi oke.

INDOSPORT.COM - Bukan rahasia lagi jika Liverpool berniat memperbaiki lini tengah mereka pada bursa transfer musim panas kali ini dan Piotr Zielinski bisa jadi opsi oke.

The Reds mungkin juga sedang dihubungkan dengan gelandang yang lebih mentereng seperti Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig namun situasi mereka terkini bisa jadi halangan.

Liverpool sedang tidak punya banyak bujet untuk dibelanjakan dan persaingan mendapatkan Szoboszlai sangatlah berat.

Armada asuhan Jurgen Klopp harus saling sikut dengan Newcastle United yang tidak cuma punya dana melimpah namun proyek ambisius yang bisa membuat pemain manapun menjadi bagian dari kebangkitan The Magpies.

Di sinilah Zielinski bisa menjadi solusi. Usianya sudah menginjak 29 tahun yang mana bisa diartikan jika ia tidak bisa menjadi bagian dari solusi jangka panjang buruknya kedalaman pos gelandang Liverpool namun itu bukanlah soal.

Baca Juga

Klopp sendiri adalah penggemar berat Zielinski. Sang manajer sudah lama mengamati karier bintang Polandia itu terutama dalam dua tahun terakhir.

Dilansir dari Meczyki, Klopp mengenal baik agen dari Zielinski yang juga mewakili salah satu pemain andalannya kala masih menukangi Borussia Dortmund yakno Lukasz Piszczek.

Baca Juga

Tidak heran jika kemudian dalam beberapa tahun terakhir nama Piotr Zielinski sering sekali dikaitkan dengan Liverpool meski hingga detik ini statusnya masih penggawa Napoli.

Akan tetapi status itu bisa berubah pada bursa transfer musim panas kali ini mengingat kontraknya bersama Il Partenopei hanya tersisa sampai Juni 2024.

Dengan harga lebih miring dari kebanyakan opsi lain, bisa jadi Liverpool akan mendapatkan servis Zielinski musim depan.

Baca Juga

1. Produktif dan Bermental Juara

Piotr Zielinski

Sejak bergabung dengan Napoli dari Udinese pada bursa transfer musim panas 2016 silam, perlahan tapi pasti Piotr Zielinski menjadi salah satu gelandang top Eropa.

Ia punya peran besar dalam sukses Napoli yang menjadi juara Liga Italia di 2022/2023 dengan sumbangan tiga gol dan sembilan assist. Praktis ia masuk dalam lima besar pemain paling produktif Il Partenopei di dua kategori tersebut.

Menurut data dari FBref, Zielinski memiliki angka harapan assist (xG) sebanyak 7,4 untuk Napoli di Liga Italia musim lalu yang tidak cuma menunjukkan betapa efektif pembuatan peluangnya saja.

Jika dihitung per 90 menit, maka xG miliknya akan melebihi Khvicha Kvaratskhelia (0,29:0,28) yang jadi top assist Liga Italia dengan total 12 buah.

Perbandingan dengan rata-rata gelandang sentral di lima liga top Eropa pun juga tidak membuat Zielinski jadi tampak kurang.

Baca Juga

Justru pemilik 82 caps bersama timnas senior Polandia itu tetap bersinar dengan menunjukkan grafis apik di persetil umpan kunci, persentase umpan ke depan, umpan ke depan, dan carrying alias dribel progresif.

Memang data menunjukkan jika aksi bertahannya tidaklah impresif namun itu bukan hal yang patut dicacati. Napoli sudah punya Frank Anguissa untuk mengcover pertahanan di lini tengah mereka.

Statistik Zielinszki di rata-rata gelandang liga top Eropa.
Baca Juga

Performa ciamik ini jadi salah satu alasan kenapa Napoli tidak takut kehilangan banyak figur senior di bursa transfer musim panas 2022 seperti Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Kalidou Koulibaly karena Piotr Zielinski sudah siap menjadi tempat tim bersandar.

Tidak heran jika kemudian Liverpool menginginkannya. Untuk bisa langsung bersaing lagi di Liga Inggris musim depan setelah finis di luar empat besar, Merseyside Merah butuh pemain dengan pengalaman tinggi.

Zielinski dapat langsung memberikan kualitas serta leadership di lapangan yang tentunya dibutuhkan dalam proses rebuild Liverpool musim depan.

Baca Juga

2. Pantas Masuk Starting XI

Jordan Henderson (tengah). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Apabila Liverpool benar-benar mendapatkan Piotr Zielinski pada bursa transfer ini juga, maka ia rasanya cukup pantas untuk langsung masuk skema inti Jurgen Klopp.

Bersama Alexis Mac Allister dan Fabinho, pemain setinggi 180 cm itu dapat membentuk trio gelandang baru Si Merah menanggalkan Thiago Alcantara dan Jordan Henderson.

Meski masih kalah dalam soal aspek pertahanan dari Thiago dan Henderson seperti di statisti ball recoveries di bawah ini, namun Zielinski akan menambah efektifitas kreasi peluang.

Menurut Squawka, Zielinski bisa membuat 0,4 assist, 3,3 peluang, 4,4 umpan silang berakurasi 38,39% yang mana melebihi perolehan para gelandang Liverpool musim lalu yang masih berada di Anfield saat ini.

Perbandingan Piotr Zielinski dengan opsi gelandang utama Liverpool.

Semua itu dilakukan dengan hanya 12,7 kali kehilangan bola. Cocok untuk melakukan link-up dengan para penyerang berkat 1,7 rataan lay-off yang juga dimilikinya.

Thiago memang boleh menepuk dada dengan 77,9 umpan yang ia punya dimana 21,7 di antaranta mengarah ke depan namun ia tidak menghasilkan satupun assist di Liga Inggris musim lalu.

Mungkin sang playmaker Spanyol masih punya semusim lagi di Liverpool mengingat ia pandai dalam melakukan spreading berbekal 8,9 umpan jauh dengan ketepatan 75% namun mungkin dalam waktu dekat Curtis Jones bakal menggesernya dari hierarki.

Zielinski pun mungkin bisa jadi mentor baru bagi Jones yang diprediksi punya masa depan cerah di Liverpool.

Saat ini belum terlalu banyak kabar yang mengkonfirmasi niatan Liverpool untuk membeli Piotr Zielinski dari Napoli.

Hanya saja bursa transfer musim panas 2023 masih belum akan ditutup sampai dua bulan lagi sehingga kans untuk ada perkembangan mendadak sangatlah terbuka.

Bursa TransferLiverpoolNapoliPiotr ZielinskiLiga Inggris

Berita Terkini