x

Profil Sonny Stevens: Eks Timnas Belanda, Main Bareng Rafael Struick dan Kini Bela Dewa United

Jumat, 30 Juni 2023 18:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Sonny Stevens, penjaga gawang anyar Dewa United. (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Dewa United belum lama ini perkenalkan kiper asing, Sonny Stevens. Ternyata, dia pernah bermain bersama striker Timnas Indonesia, Rafael Struick.

Sonny direkrut karena Dewa United baru ada dua kiper senior di tim. Kedatangan Sonny juga sesuai kebutuhan tim pelatih yang ingin skuad lebih tangguh.

Kiper 31 tahun itu datang dengan status bebas transfer. Sonny mau menerima tawaran tim Tangsel Warrior karena ingin mencoba pengalaman baru.

"Musim lalu saya sempat main di Yunani dan kini saya siap untuk petualangan baru. Jadi beberapa orang dari klub ini (Dewa United) menghubungi saya dan saya mencari tau tentang liga di Indonesia dan pemainnya sangat bagus,  karena itu saya ke Dewa United," ujar Sonny.

Sonny Stevens merupakan pemain kelahiran Belanda, 22 Juni 1992 dan sempat menjadi bagian dari skuad timnas Belanda U-20 pada tahun 2013.

Baca Juga

Dia memulai karier di tim muda Volendam, lalu memperkuat beberapa klub Eredivisie (kasta tertinggi sepak bola Belanda) seperti FC Twente, Excelsior, serta SC Cambuur. Ia juga pernah ke Liga Yunani bersama OFI Crete pada 2022. 

Terakhir, Sonny Stevens bermain untuk ADO Den Haag di kompetisi Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Total ia bermain sebanyak 14 laga di kompetisi tersebut.  

Baca Juga

Menariknya di ADO Den Haag, Sonny bermain bersama striker Timnas Indonesia, Rafael Struick. Keduanya bahu membahu bawa klub akhiri musim di urutan ke-12. 

Dari 14 laga yang dimainkan, Sonny kebobolan 23 gol dan hanya dua kali clean sheet. Dia juga beraksi di Piala Liga dengan catatan tiga penampilan, kebobolan tiga gol dan sekali clean sheet.

Sonny punya satu gelar yakni juara Liga 2 Belanda 2021 saat membela SC Cambuur. Saat itu, dia mencatatkan 37 pertandingan, kebobolan 39 gol dan 15 clean sheet.

Baca Juga

1. Mengenal Pemain-Pemain Belanda di Liga Indonesia

Sonny Stevens, penjaga gawang anyar Dewa United. (Foto: MO Dewa United)

Sebelum menerima tawaran Dewa United, kiper bertinggi 194cm itu mencari tahu soal Liga Indonesia. Menurut Sonny, sepak bola Indonesia sedang berkembang dan dia mau terlibat di dalamnya.

"Saya tau pemain belanda yang main di sini dan liganya sedang berkembang, levelnya meningkat. Itu yang saya tau dan sisanya saya akan lihat dalam beberapa pekan ke depan," jelasnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Sonny mengaku mengenal beberapa pemain Belanda yang pernah berkarir di Liga Indonesia. Ada Melvin Platje yang pernah di Bali United dan Bhayangkara FC, serta Wiljan Pluim di PSM Makassar.

Dia juga mengetahui jika pelatih Dewa United, Jan Olde berasal dari Belanda. Hal itu tentu memudahkan Sonny beradaptasi.

Baca Juga

"Ya saya tau beberapa orang dan bermain bersama Melvin Platje dan Wiljan Pluim juga bermain bagus di Indonesia, kalau tak salah juara musim lalu," ucap Sonny.

"Saya tau Jan sebagai pelatih Belanda, tapi saya belum bekerja sama sebelumnya. Dia pelatih bagus," tambahnya.

Baca Juga

2. Target Bersama Dewa United

Sonny Stevens, penjaga gawang anyar Dewa United. (Foto: MO Dewa United)

Sementara terkait target, Sonny Stevens bertekad memberikan yang terbaik untuk Dewa United. Apalagi ia memiliki pengalaman bagus di Eropa. 

"Target saya pribadi adalah bermain setiap menit untuk membantu tim meraih level tinggi dan bisa menduduki posisi atas liga akan jadi sangat bagus," tuntasnya.

Nilai pasar Sonny Stevens terhitung masih tinggi yakni mencapai Rp8,69 miliar. Berdasarkan catatan Transfermarkt, harga tertingginya adalah Rp17,38 miliar pada 2015 lalu. 

Dengan bergabungnya Sonny Stevens, kini Dewa United sudah punya lima pemain asing. Tinggal satu slot tersisa yakni dari Asia Tenggara.

Adapun empat pemain asing yang telah diamankan adalah Risto Mitrevksi (Makedonia Utara), Dimitris Kolovos (Yunani), Majed Osman (Lebanon) dan Alex Martins Ferreira (Brasil).

Liga 1Dewa United FCSonny Stevens

Berita Terkini