x

Bima Sakti Pakai Staf Timnas U-16 di Piala Dunia U-17, Markus Horison Tetap Diajak?

Sabtu, 1 Juli 2023 16:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menyampaikan tetap memakai staf pelatih tahun lalu atau dari Timnas U-16 untuk membantunya di Piala Dunia U-17 2023. Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah di kejuaraan dua tahunan itu. 

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan pada 10 November - 2 Desember mendatang. Waktu yang mepet membuat Bima Sakti memilih memakai staf pelatih yang sama saat membantunya meraih juara Piala AFF U-16 2022. 

Namun, pelatih 47 tahun itu menjelaskan akan ada sedikit perubahan. Ada nama staf pelatih yang dipertahankan, tapi ada juga yang diganti. 

"Staf sebagain besar dari yang Timnas U-16 yang juara AFF. Kemudian ada perubahan beberapa orang juga, tapi ada penambahan juga," jelasnya ke INDOSPORT.com.

Pada Piala AFF U-16 tahun lalu, Bima Sakti dibantu oleh tiga pelatih lokal sebagai asisten. Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison. 

Baca Juga

Kolaborasi ketiganya dibantu staf lainnya menghasilkan trofi AFF U-16 2022, setelah kalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di partai final. 

Namun, nama Markus Horison lantas jadi sorotan netizen usai raih juara Piala AFF U-16. Itu lantaran dirinya tertangkap kamera berteriak 'local pride'.

Baca Juga

Kalimat Markus Horison itu dinilai provokatif dan menyinggung tim senior besutan Shin Tae-yong yang menggunakan pemain naturalisasi. 

Karena hal itu, posisi Markus Horison di Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 kembali jadi sorotan. Netizen dan penggemar sepak bola mendesak agar PSSI tidak memanggil eks kiper Timnas Indonesia itu lagi. 

Bima Sakti selaku pelatih Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 pun belum menjelaskan secara rinci, siapa saja asisten yang dipanggil dan siapa yang diganti. Hal itu baru akan diketahui dalam waktu dekat. 

Baca Juga

1. Mentor untuk Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Untuk meraih hasil maksimal di Piala Dunia U-17 2023, PSSI memberikan mentor untuk Bima Sakti. Ada tiga nama yang dilaporkan akan membantu Bima Sakti yakni Shin Tae-yong, Indra Sjafri dan direktur teknik PSSI (saat ini masih seleksi dari Jerman). 

"Saya disuruh memilih siapa yang cocok untuk mendampingi saya, saya bilang sama Pak Erick, saya pilih semuanya. Saya akan mengatur pertemuan dengan mereka," jelasnya.

Baca Juga

Sementara untuk pemanggilan pemain Timnas U-17, Bima Sakti akan memakai sebagian pemain dari Timnas U-16 tahun lalu. Dia juga akan panggil pemain keturunan yang berkarier di luar negeri. 

Tak hanya itu, eks kapten Timnas Indonesia itu juga memantau pemain dari Elite Pro Academy dan hasil seleksi dari Future Garuda yang dilakukan bulan lalu.  

Baca Juga

Apabila sudah semua pemain sudah terseleksi, maka Timnas U-17 dijadwalkan jalani sejumlah uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia hingga Afrika. Harapannya dapat pengalaman supaya tampil bagus di Piala Dunia U-17 2023. 

Baca Juga
Bima Sakti TukimanPiala Dunia U-17Markus HorisonTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini