x

Hadapi Madura United, Persib Bandung Bakal Turunkan Dua Pemain Asing Anyarnya

Sabtu, 1 Juli 2023 19:23 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pemain anyar Persib Bandung, Tyronne del Pino saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, memastikan dua pemain asing anyarnya bakal tampil pada laga perdana kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Madura United, Minggu (02/07/23).

Meski demikian, Luis Milla belum bisa memastikan Tyronne del Pino dan Alberto Rodriguez Martin tampil sebagai starter atau pengganti, pada laga kandang yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Menurut Luis Milla, dirinya masih memantau perkembangan dan kondisi anak asuhnya hingga menjelang pertandingan. Sehingga, saat ini pihaknya belum bisa menentukan starting eleven.

Sebagai informasi, Tyronne del Pino dan Alberto Rodriguez Martin merupakan dua pemain asing yang baru direkrut oleh tim kebanggaan Bobotoh, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Tyronne del Pino sendiri sudah tiba di Indonesia dan langsung mengikuti pemusatan latihan bersama Persib di Yogyakarta pada Selasa (20/06/23). Sedangkan, Alberto Rodriguez baru bergabung Kamis (22/06/23).

Baca Juga

"Tentu kedua pemain tersebut akan bermain besok. Tetapi saya belum tahu apakah mereka akan tampil sebagai starter atau tidak besok," kata Luis Milla saat konferensi pers jelang lawan Madura United, Sabtu (01/07/23).

"Atau mungkin hanya satu dari dua yang menjadi starter dan pemain lainnya dilihat dari kondisi fisiknya baru akan bermain di babak kedua. Ini yang jadi rencana saya," jelas Luis Milla.

Baca Juga

Sebelumnya, Tyronne del Pino sudah mendapatkan kesempatan bermain pada uji coba menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (25/06/23).

Pada pertandingan tersebut, Tyronne del Pino, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, uji coba itu sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1. 

Gol tunggal Persib Bandung pada uji coba terakhir untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 tersebut, dicetak oleh David da Silva.

Baca Juga

1. Regulasi Pemain Asing Liga 1

Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23).

Sementara itu, keputusan Persib mendatangkan Tyronne del Pino (gelandang) dan Alberto Rodriguez Martin (bek), tak lepas dari adanya perubahan komposisi pilar asing di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, menerapkan regulasi baru pada kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, di antaranya terkait jumlah pemain asing yang bisa didaftarkan klub.

Kuota pemain asing yang bisa didaftarkan oleh tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2024 sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan.

Sebelumnya, Persib sudah memiliki empat pemain asing, keempat pemain tersebut yakni David da Silva dan Ciro Alves dari Brasil, Nick Kuipers asal Belanda dan Daisuke Sato berpaspor Filipina.

Selain itu, keputusan Luis Milla menambahkan dua pemain asing untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, merupakan hasil dari evaluasi tim pelatih usai berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini, ingin penampilan timnya lebih baik dari musim sebelumnya, yang hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen Liga 1 2022-2023.

Selain pemain asing, pada persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, Luis Milla juga mendatangkan tiga pemain lokal dari tiga klub yang berbeda.

Baca Juga

Ketiga pemain tersebut, yakni Ryan Kurnia dari Persikabo 1973, Edo Febriansyah dari RANS Nusantara FC dan I Putu Gede yang sebelumnya memperkuat Bhayangkara FC.

Sehingga, dengan tambahan pemain lokal dan asing tersebut, Persib Bandung merekrut lima pilar anyar untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Baca Juga
Persib BandungMadura United FCLiga 1Tyronne Gustavo del Pino RamosAlberto Rodriguez Martin

Berita Terkini