x

Sebagus JIS Belum Layak, Apa Saja Spesifikasi untuk Menilai Stadion Berstandar FIFA

Sabtu, 1 Juli 2023 13:48 WIB
Editor: Juni Adi
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM Jakarta Internasional Stadium (JIS) kembali jadi polemik karena dianggap belum memenuhi standar FIFA untuk digunakan pertandingan mancanegara. Lantas spesifikasi apa saja yang layak?

Salah satu stadion megah di Indonesia khususnya di Jakarta, Jakarta Internasional Stadium (JIS) kembali menuai sorotan.

Hal itu karena stadion di kawasan Jakarta Utara itu masuk dalam wacana salah satu venue untuk Piala Dunia U-17 2023, yang akan bergulir pada November-Desember mendatang.

Kemudian jadi polemik lantaran stadion yang sudah dibangun cukup modern dan megah dengan menelan biaya Rp5 triliun ini dinilai tidak memenuhi standar FIFA.

Kekuarangan itu diungkap oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Pemerintah pun berencana melakukan renovasi di sejumlah titik masalahnya.

Baca Juga

“Memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar,” ujar Dito Ariotedjo pada Rabu (28/06/23).

Dito megaku, pihaknya akan mencari solusi bersama dengan Pemprov DKI terkait renovasi JIS, seperti masalah akses dan parkir. Politikus Golkar ini juga menyoroti akses transportasi publik yang menjadi masalah.

Baca Juga

"Dan karena kereta dan stasiun belum jadi, nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS digunakan buat event," jelasnya.

Pekan depan, Dito Ariotedjo dan PJ Gubernur DKI, Heru Budi akan meninjau JIS untuk melihat potensi dan apa saja yang diperlukan untuk renovasi.

Di sisi lain, Erick Thohir mengatakan FIFA juga akan melihat kondisi JIS apakah sesuai standarisasi untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

"Tentu FIFA akan meninjau ulang karena jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standarisasi, termasuk tadi stadion JIS pasti kita akan cek," ujarnya.

Baca Juga

1. Spesifikasi Stadion Sepak Bola Standar FIFA

Tribun penonton dari Jakarta International Stadium (JIS) berkapasitas 82.000 penonton.

Membangun stadion sepak bola standar FIFA memang tidaklah mudah dilakukan, karena terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dan berkomunikasi dengan FIFA.

Dalam laman resminya FIFA telah memberikan beberapa pedoman agar menjadi pertimbangan bagi siapa saja yang hendak membangun stadion dengan standar mereka.

Pertama-tama, area di luar stadion harus diamankan yang berarti bahwa akses ke stadion harus mudah. Selain itu, juga harus ada jaringan transportasi khusus yang disediakan untuk menuju stadion.

Aspek tersebut menurut Erick Thohir, JIS belum memenuhinya. Terutama soal akses yang masih minim fasilitas transportasi publik.

Hal itu berkaca dari acara konser Dewa 19 beberapa waktu lalu banyak publik yang mengeluh kesulitan untuk pulang, karena tidak mendapat transportasi.

Baca Juga

"Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada 4 pintu, baru terbuka satu pintu," ujarnya.

Erick menekankan pentingnya akses penonton sebab menyangkut keselamatan suporter. Untuk itu, dia akan melakukan peninjauan ke JIS guna memastikan bagaimana akses penonton.

Baca Juga

"Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter. Jangan sampai suporter tidak pulang ke rumah dengan selamat," ujarnya lagi.

Selanjutnya, standar lapangan sepak bola yang disetujui FIFA adalah perlu untuk membangun stadion dengan kapasitas pertandingan profesional.

Pertandingan sepak bola FIFA hanya dapat dimainkan di stadion yang memenuhi persyaratan struktural dan teknis. 

Selain itu, juga terdapat langkah-langkah keamanan yang diperlukan yang harus ditentukan sesuai dengan kapasitas stadion.

Hal terpenting yang harus dilakukan pengelola adalah adanya rambu-rambu penunjuk arah untuk memastikan bahwa orang yang datang ke stadion dapat dengan mudah menemukan area yang mereka cari. 

Sebagai contoh adanya tanda yang menunjukkan titik masuk dan keluar stadion. Persyaratan tidak hanya meliputi aspek yang dibahas di atas.

Sebuah stadion bisa dibilang standar FIFA jika bisa memenuhi beberapa aspek lain sesuai pedoman FIFA. Berikut poin-poin lainnya:

1. Area di sekitar stadion harus dibatas, Misalnya tembok atau pagar harus dipasang di sekitar stadion. Ketinggian pagar ini setidaknya harus 2,5 meter, sehingga dapat mencegah orang masuk, melompat dan memanjat dinding ini.

2. Pintu masuk dan keluar stadion harus dirancang untuk memungkinkan orang bergerak dengan mudah.

3. Pintu masuk dan pintu keluar stadion harus dibuka dan ditutup dengan mudah.

4. Pintu harus tahan terhadap tekanan kelompok yang ramai.

5. Pintu harus memiliki kunci tahan api.

6. Orang yang masuk harus digeledah di semua titik masuk dan benda asing harus dicegah memasuki stadion.

7. Pintu putar dan titik kontrol harus tahan terhadap tekanan dari orang.

8. Dalam keadaan darurat, harus ada beberapa gerbang khusus yang harus ada di dalam stadion.

9. Harus ada pintu keluar darurat alternatif untuk penonton.

10. Pintu keluar darurat harus cukup besar dan harus ada staf permanen di awal pintu. Pintu-pintu ini harus cukup lebar. Pintu keluar ini harus memiliki warna yang berbeda dari pintu lainnya sehingga orang dapat dengan mudah membedakannya dalam keadaan darurat.

Baca Juga

2. Dibantah Pihak Jakpro

Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) berukuran 105 x 68 meter dengan permukaan lapangan menggunakan rumput hibrida.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang merupakan pengelola Jakarta International Stadium (JIS) membeberkan bukti-bukti bahwa stadion anyar di ibu kota itu memenuhi kualitas standar FIFA.

Selain itu Jakpro juga menyatakan JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris, yang memiliki pengalaman internasional.

Dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

Berikut 10 bukti JIS penuhi standar FIFA seperti yang diungkap Jakpro dalam rilisnya:

1. Mulai dari tahap pra-konstruksi atau tahap perencanaan termasuk penentuan lokasi stadion yang strategis dan mudah untuk dijangkau publik.

2. Unsur safety dan security seperti struktur bangunan, sistem pencegahan kebakaran dan sistem pengamanan, tersedianya control room, ruang medis pemain dan publik.

3. Orientasi dan parkir, JIS memiliki area parkir di dalam maupun luar stadion. Area parkir kendaraan maupun bus, serta area parkir khusus VIP/VVIP yang terpisah dari area publik.

4. Playing area meliputi ukuran lapangan, pemilihan jenis rumput alami/sintetis dan system drainasenya, penempatan bangku pemain, LED Perimeter/ advertising board, aksesibilitas lapangan dalam kondisi darurat, signage area, penanda akses, penanda jalur evakuasi yang tersebar di seluruh area stadion, serta penanda kondisi darurat.
5. Player dan match official seperti, ruang ganti pemain yang dilengkapi dengan toilet dan shower area.

JIS memiliki 4 (empat) buah ruang ganti pemain yang memiliki jalur akses khusus keluar/masuk pemain, ruang pelatih, ruang massage, 2 (dua) buah ruang pemanasan indoor (warming up room), ruang control doping, ruang ball girl/ball boy.

6. JIS juga telah sesuai standar FIFA untuk pemenuhan fasilitas penonton mulai dari standar kenyamanan penonton yang sangat diperhatikan.

JIS juga menyediakan fasilitas untuk disabilitas seperti jalur akses, area penonton, parkir, lift dan toilet khusus difabel.

7. Hospitality seperti fasilitas untuk tamu-tamu penting baik VIP maupun VVIP seperti corporate box, royal lounge, meeting room, dan akses lobi dan drop off khusus VIP/VVIP.

8. Fasilitas media seperti ruangan press conference, media room, mixed zone, tribun khusus media, infrastruktur broadcasting.

9. Lighting dan power supply seperti supply power khusus yang diperuntukkan untuk
kebutuhan energi di JIS dan kawasan, standar lighting lapangan utama untuk mendukung kebutuhan broadcasting standar internasional 2.400 lux.

10. Communication dan additional area yang termasuk penyediaan jaringan telekomunikasi yang memadai.
 

PSSIErick ThohirPiala Dunia U-17Jakarta International Stadium (JIS)Dito Ariotedjo

Berita Terkini