x

Masuk Grade C, Alasan Charles Raphael Bisa Sah Jadi Pemain Asing Arema FC

Sabtu, 1 Juli 2023 07:31 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pemain anyar Arema FC, Charles Raphael de Almeida. Foto: instagram/aremafcofficial.

INDOSPORT.COM - Arema FC sudah memastikan untuk melengkapi komposisi pemain asing sebagaimana aturan dalam regulasi Liga 1 Indonesia 2023-2024 yang berjumlah enam nama.

Lima di antaranya bebas federasi dan sudah terpenuhi. Charles Raphael De Almeida menjadi pemain asing kelima untuk melengkapi kuota Arema FC.

Empat nama lain adalah Gustavo Almeida (Brasil), Ichaka Diarra (Mali), Charles Lokoli Ngoy (Kongo-Australia), dan Ariel Lucero (Argentina).

Khusus Charles Raphael, dia merupakan pemain asing yang sebelumnya merumput di kompetisi Serie C alias kasta ketiga di Brasil.

Sebagaimana diketahui, Charles Raphael sebelumnya berlaga pada kompetisi Serie C Brasil dengan memperkuat klub Manaus Futebal Clube (FC).

Baca Juga

Soccerway mencatat, dia tampil dalam enam pertandingan kompetisi, lima kali terpilih sebagai starter dan sekali turun dari bangku cadangan.

Secara total, Raphael mencatat 474 menit saat kompetisi Serie C Brasil berlangsung sampai 10 pekan saat ini. Dia sempat mencetak satu gol untuk Manaus FC.

Baca Juga

Sebelum ke Arema FC, Charles Raphael masih tampil dalam laga Serie C Brasil, saat Manaus FC dikalahkan Alagoano 1-2, 9 Juni lalu.

Lantas, mengapa gelandang bertahan berusia 28 tahun itu bisa disahkan sebagai pengisi kuota pemain asing di skuat Arema FC?

Padahal, strata kompetisi Manaus FC, klub yang dibelanya berasal dari kasta ketiga di Brasil, sedangkan Arema FC bernaung di kasta teratas, Liga 1 Indonesia.

Baca Juga

1. Sesuai Regulasi

Logo Arema FC.

Mengacu Regulasi Liga 1 Indonesia 2023/24, status Charles Raphael sebenarnya tidak bermasalah, kendati ia berasal dari kompetisi kasta ketiga di Brasil.

Pasal 33 tentang Strata dan Regulasi Pemain Asing, semua ketentuan perihal pemain asing harus berdasarkan verifikasi surat edaran PSSI.

Ayat 1 menyebutkan, "pemain asing yang sebelumnya bermain di luar Indonesia wajib memenuhi kriteria strata kompetisi dari klub asal dengan kualifikasi".

Baca Juga

Penjelasan perihal strata kompetisi yang dimaksud lantas dijabarkan melalui lampiran yang tercantum pada lembaran akhir regulasi.

Lampiran itu menyebut bahwa pemain asing boleh berasal dari kompetisi strata ketiga federasi sepak bola Conmebol (Amerika Selatan), asalkan berasal dari dua negara ini, yakni Brasil dan Argentina.

Kebijakan ini juga berlaku bagi sejumlah pemain asing dari sejumlah negara besar. Misalnya Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, Prancis, dan Portugal di federasi sepak bola UEFA.

Baca Juga

Sementara untuk federasi sepak bola Asia, rata-rata hanya 2 kasta kompetisi, begitu pula federasi sepak bola Amerika Utara dan Tengah (Concacaf).

Sehingga cukup jelas, bahwa Charles Raphael memang bisa disahkan sebagai bagian dari skuat Arema FC. Dia berasal dari Manaus FC, klub kompetisi Serie C Brasil.

Bursa TransferArema FCBola IndonesiaBerita TransferBerita Liga 1Transfer PemainOne FootballJadwal Liga 1

Berita Terkini