x

Profil Fran Garcia, Bocah Istimewa Titisan Marcelo di Real Madrid Masa Depan Timnas Spanyol

Sabtu, 1 Juli 2023 21:09 WIB
Editor: Juni Adi
Bek Rayo Vallecano, Fran Garcia, yang bakal gabung Real Madrid. (Foto: instagram@frangarci11)

INDOSPORT.COM - Fran Garcia menjadi rekrutan pertama klub Liga Spanyol (La Liga), Real Madrid, di bursa transfer musim panas ini, untuk menjadi suksesor Marcelo di sektor bek kiri.

Real Madrid, melalui sang pelatih, Carlo Ancelotti, telah mengumumkan rekrutan barunya di bursa transfer musim panas 2023, yakni Fran Garcia.

Kabar itu dikonfirmasi oleh Anceloti sendiri yang menyebutkan bahwa sang pemain akan bergabung tim berjuluk Los Blancos musim depan.

“Fran Garcia adalah bek kiri yang punya banyak energi. Dia sangat cepat dengan bola dan dia menyerang dengan baik,” ucap Ancelotti dikutip dari Football Espana, Sabtu (27/05/23).

“Dia adalah profil yang tepat untuk Real Madrid dan tahun depan dia akan bersama kami,” lanjut pelatih berusia 63 tahun tersebut.

Baca Juga

Kepastian datangnya pemain berusia 23 tahun itu pun menjadi alarm bagi Ferland Mendy yang memang dirumorkan akan didepak dari Santiago Bernabeu.

Jika Fran Garcia benar-benar resmi bergabung Real Madrid dari Rayo Vallecano, maka Ferland Mendy pun harus bersiap angkat kaki di musim panas 2023 nanti.

Baca Juga

Kabarnya, Fran Garcia sendiri sudah meneken kontrak dan akan bergabung kamp pelatihan Real Madrid pada pramusim jelang 2023/24.

Dilansir dari situs Transfermarkt, tim ibu kota Spanyol itu hanya menebus Fran Garcia dengan mahar terbilang murah, yakni 5 juta euro (Rp80 miliar) saja.

Harga tersebut terbilang murah mengingat pemain berpostur 1,69 meter ini ternyata masih memiliki kontrak hingga tahun 2025 ke depan.

Baca Juga

1. Profil Fran Garcia

Bek Rayo Vallecano, Fran Garcia, yang bakal gabung Real Madrid. (Foto: instagram@frangarci11)

Fran Garcia merupakan pesepakbola asal Spanyol yang lahir di wilayah Bolanos de Calatrava pada 14 Agustus 1999 lalu. 

Karier sepak bolanya dimulai dari tim lokal dengan bergabung ke tim muda Real Madrid U-17 pada 2015 lalu, bermain di sektor bek kiri.

Kemudian naik level memperkuat tim U-18 pada 2016, dua musim selanjutnya Fran Garcia dipromosikan menembus tim Real Madrid Castila.

Kendati banyak menghabiskan waktu di tim Castilla, Fran Garcia pernah melakoni debut bersama tim utama Real Madrid. Momen itu terjadi pada 26 Oktober 2019 ketika menghadapi Real Mallorca.

Melihat potensinya yang selalu berkembang, El Real pun memutuskan untuk memberikan jam terbang lebih banyak untuk Fran Garcia dengan cara dipinjamkan ke Rayo Vallecano.

Baca Juga

Tampil apik, ia pun dipermanenkan oleh Vallecano pada 2021 dengan biaya murah 3 juta euro. Bersama Vallecano, ia telah tampil dalam 122 pertandingan dan membuat 5 gol serta 8 assist.

Fran Garcia tergolong pemain belakang yang mumpuni bertahan dan serangan. Dia memiliki kecepatan yang luar biasa dan kemampuan untuk melewati lawan secara mudah.

Baca Juga

Dia juga memiliki visi permainan yang baik dan kemampuan mengirim umpan yang akurat kepada rekan setimnya. Mengutip situs web Real Madrid, Garcia bergerak cepat dengan kaki kiri yang hebat.

Dia memiliki kontrol bola yang baik dan mampu turun ke garis gawang dengan mudah untuk memberikan umpan silang yang terukur untuk rekan satu timnya.

Pada musim 2022/2023, Fran Garcia tidak pernah absen membela Vallecano. Dia memainkan 40 pertandingan pada musim kemarin.

Baca Juga

2. Masa Depan Timnas Spanyol

Bek Rayo Vallecano, Fran Garcia, yang bakal gabung Real Madrid. (Foto: instagram@frangarci11)

Fran Garcia dilaporkan telah mendapat panggilan untuk membela Timnas Spanyol menghadapi Italia di ajang UEFA Nations League 2022-2023.

Spanyol akan melawan Italia di semifinal UEFA Nations League 2022-2023 di Stadion De Grolsch Veste, Jumat (16/06/23) pukul 01.45 WIB . Serta, nama Fran Garcia diyakini ada didalamnya.

Melansir dari Reuters, Fran Garcia mendapat panggilan dari Timnas Spanyol di hari yang sama dengan pengumuman dirinya menjadi pemain Real Madrid.

Hal tersebut kabarnya disebabkan karena cedera yang dialami oleh bek kiri tim nasional Spanyol, Juan Bernat.

"Fran Garcia menutup hari yang luar biasa karena diumumkan sebagai pemain Real Madrid di musim selanjutnya," tulis laporan yang dikutip dari Reuters.

"Selain itu, Fran Garcia juga mendapat panggilan dari spanyol untuk semifinal UEFA Nations League (yang berlangsung) di Belanda."

"Bek kiri berusia 23 tahun itu telah kembali ke Real Madrid dari Rayo Vallecano, pengumuman itu terjadi pada konferensi pers pada Selasa (12/06/23).

Alhasil, Garcia mendapatkan kasempatan pertamanya membela Timnas senior Spanyol, Setelah sebelumnya pernah memperkuat U-19 dan U-21.

Terlepas dari hal itu, Fran Garcia mengaku senang bisa kembali memperkuat tim senior Real Madrid di masa depan.

Hal tersebut dikarenakan Fran Garcia mengungkapkan bahwa Real Madrid merupakan klub impiannya sejak kecil.
 

Real MadridLiga Spanyol

Berita Terkini