x

Semarak Piala Dunia U-17, 7 Negara Siap Bertarung di Garuda International Cup 3

Sabtu, 1 Juli 2023 15:18 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Turnamen Garuda International Cup 3 kembali digelar di Juli 2023.

INDOSPORT.COM - Turnamen usia muda skala internasional bertajuk Garuda International Cup 3 (GIC 3) 2023 siap bergulir di ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, pada 6-9 Juli mendatang. Total 32 tim dari tujuh negara memeriahkan ajang ini.

Hajatan tahun ini bahkan terasa lebih istimewa digelar menjelang Piala Dunia U-17 di Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember nanti. 

Ketua Panitia GIC 2023, Wahyu Budiarto, berharap Garuda International Cup bisa ikut menyemarakkan suasana menjelang event akbar Piala Dunia U-17 2023.

“Kami pastikan tahun ini bakal lebih semarak karena diikuti tujuh negara setelah dua edisi sebelumnya diikuti tiga negara (GIC 1) dan lima negara (GIC 2). Jadi secara kuantitas sudah makin meningkat,” ucap Wahyu, Sabtu (1/7/23).

“Lalu dari segi kualitas juga semakin baik karena dalam hal kepesertaan kali ini kami bukan hanya diikuti wakil Sulawesi atau Sumatra saja. Ada dari Jakarta, Papua, Batam, dan Kalimantan. Hampir dari ujung ke ujung Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga

Sementara itu, Steering Committee GIC 3, Novema Andryani menilai GIC yang disponsori Transtama Logistics, Sompo Insurance, Aqua, Specs, RS EMC, dan City Trans Utama ini bakal memeriahkan suasana jelang Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Selain itu, menurut Vema, turnamen ini bisa menjadi wadah bagi para pemain Indonesia usia 17 tahun untuk menambah pengalaman bertanding melawan tim-tim luar negeri.

Baca Juga

“Garuda International Cup akan menjadi wadah bagi para pencari bakat PSSI untuk memantau pemain-pemain terbaik dari turnamen ini. Khususnya untuk menjaring pemain seleksi untuk memperkuat timnas Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti,” ucap Novema.

“Jadi ini bagus sekali ya. Contohnya salah satu peserta dari Malaysia, Johor Darul Ta’zim. Salah satu klub terbaik di Asia karena berturut-turut ikut Piala AFC dan akademi mereka itu luar biasa." 

"Kini anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bermain melawan JDT, selain itu ada juga Shonan Bellmare Jepang, dan akademi Thailand juga ikut," jelasnya.

Baca Juga

1. JDT hingga Shonan Bellmare

Turnamen Garuda International Cup 3 kembali digelar di Juli 2023.

Garuda International Cup 2023 kembali akan mempertandingkan dua kelompok yaitu usia 12 tahun dan 17 tahun. Masing-masing kategori usia akan diikuti 16 tim.

Kelompok usia 12 tahun akan diikuti sembilan tim luar negeri dan tujuh tim dari Indonesia. Sembilan tim luar negeri yang ambil bagian, antara lain Johor Darul Ta’zim (JDT) Malaysia, Woodlands Warriors Singapura. 

Ada juga Brazilian FA Brunei Darussalam, Best FC Malaysia, AT Putrajaya Malaysia, Apuesto Bueno Filipina, NFDP Malaysia, Hijau Kuning Malaysia, dan Shonan Bellmare.

Baca Juga

Sedangkan tujuh tim Indonesia yaitu ASIOP Merah, ASIOP Biru, DY FC Batam, Farmel FC, CS Private, Next Bali Generation, dan Nahusam FA.

Sedangkan untuk kelompok usia 17 tahun juga akan diikuti sembilan tim luar negeri, yakni Melaka Sport School Malaysia, FC Katipunan Filipina, Central Visayas Filipina.

Kemudian Woodlands Warriors Singapura, Bangkok FC Academy Thailand, Fajar Selatan Malaysia, Apuesto Bueno FC A, Apuesto Bueno FC B Filipina, dan Bintang Gombak Malaysia.

Baca Juga

Sementara tujuh tim Indonesia yang ikuti kelompok U-17 adalah Heijnes FS Papua, Safin Pati, ASIOP Merah, ASIOP Biru, Fatto Zapello, Ricky Nelson Academy, Diklat Merden.

PEMBAGIAN GRUP GIC 3

KATEGORI U-12

Grup A
JDT, ASIOP Merah, Woodlands Warriors, DY FC Batam

Grup B
Farmel FC, Brazilian FA, ASIOP Biru, Best FC

Grup C
A.T Putra Jaya, CS Private, Apueso Bueno FC, Next Bali Generation

Grup D
Nahusam FA, NFDP, Hijau Kuning, Shonan Bellmare

KATEGORI U-17

Grup A
Heijnes F.S, Melaka Sport School, Safin Pati, FC Katipunan

Grup B
Central Visayas, ASIOP Biru, Woodlands Warriors, Fatto Zapello FC

Grup C
ASIOP Merah, Bangkok FC Academy, Fajar Selatan, Apuesto Bueno FC (A)

Grup D
Bintang Gombak, Ricky Nelson Academy, Apueston Bueno (B), Diklat Merden

Piala Dunia U-17Liga IndonesiaASIOP ApacintiBola IndonesiaATG SentulGaruda International CupTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini