x

Upaya Persis Solo Siapkan Arkhan Kaka untuk Piala Dunia U-17 2023

Sabtu, 1 Juli 2023 14:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Persis Solo mendaftarkan Arkhan Kaka Putra Purwanto (kiri) untuk bermain di Liga 1 2023-2024 sebagai persiapan Piala Dunia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Persis Solo mendaftarkan Arkhan Kaka Putra Purwanto bukan sekadar merebut gelar pemain termuda di Liga 1 2023-2024. Kaka sedang digembleng agar siap bertarung di Piala Dunia U-17 2023.

Arkhan Kaka merupakan sosok yang moncer pada Piala AFF U-16 2022. Publik dibuat kaget ketika penyerang bernomor punggung 8 itu masih belum genap 15 tahun.

Baca Juga

Kaka rutin dimainkan pelatih Bima Sakti. Dia mencetak dua gol pada fase grup ke gawang Filipina dan Vietnam. Kemudian, pada babak semifinal Kaka menjadi eksekutor penalti dan sukses menjalankan tugasnya.

Setelah ajang yang dimenangi Indonesia, Kaka kembali dipanggil Timnas Indonesia U-17 untuk babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Surabaya.

Baca Juga

Indonesia secara tragis memang tersingkir setelah dipermalukan Malaysia 1-5 pada laga terakhir. Namun, Kaka sangat bersinar pada ajang itu lewat torehan tujuh gol dari empat laga.

Kaka kemudian melanjutkan jalur profesional dengan gabung tim Liga 1, Persis Solo. Ia menjadi anggota dari tim Persis U-20, meski kerap kali dipanggil ikut latihan tim senior.

Baca Juga

1. Promosi Tim Senior

Persis Solo mendaftarkan Arkhan Kaka Putra Purwanto untuk bermain di Liga 1 2023-2024 sebagai persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Pilihan berkarier di Laskar Sambernyawa sejauh ini berjalan tepat. Pada Liga 1 2022-2023 lalu, Kaka menjadi pemain termuda yang tampil di kompetisi Tanah Air dengan usia 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Kaka ditampilkan dalam tiga pertandingan. Hebatnya, Kaka selalu memberi perubahan dari sisi agresivitas tim. Prestasi itulah yang membuat namanya didaftarkan pada Liga 1 2023-2024.

Kaka bisa tampil setelah Persis Solo memprotes regulasi usia minimal pemain. Dalam regulasi tertulis syarat minimal pemain bisa didaftarkan adalah kelahiran 1 Januari 2006. Sementara Kaka baru lahir pada 2 September 2007.

Dengan berbagai pertimbangan, Persis Solo berjuang agar Kaka bisa didaftarkan di Liga 1. Perjuangan ini bukan sekadar gagah-gagahan untuk menggenggam predikat pemain termuda. Namun, ada misi besar yang diperjuangkan Persis Solo.

Baca Juga

Misi besar itu adalah Piala Dunia U-17 2023. Dengan rekam jejak tahun lalu di Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-17, Kaka berpotensi jadi salah satu pilihan Bima Sakti untuk Timnas Indonesia U-17.

"Usulah kita akhirnya diterima LIB, dan dalam meeting (Liga 1) kemarin, dia (Kaka) bisa main di Liga 1. Saya pikir, dengan progres dia selama di sini, itu merupakan bagian dari persiapan untuk Piala Dunia U-17," kata Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok.

Baca Juga

Selama ini, Persis Solo memang jarang memunculkan Kaka ke publik. Edwin Klok menyebut Persis Solo tak mau Kaka menerima ekspektasi berlebihan saat usianya belum genap 16 tahun.

"Kita develop dia dengan pelan-pelan, tapi yang kita lihat, Kaka dan beberapa pemain muda, perkembangannya luar biasa. Kaka salah satu talenta terbesar yang kita punya sekarang. Dia pintar, kuat serta teknik dan mentalitasnya bagus," jelas Edwin Klok.

Baca Juga

2. Kembangkan Pemain Muda

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Selain Kaka, Persis Solo punya banyak talenta bagus yang ada di tim senior atau di tim Persis U-20. Program latihan dan uji coba tak pernah putus meski Liga 1 U-20 2022 tak diputar.

"Ada banyak pemain bagus di tim U-20. Itu menjadi tanggung jawab kita. Mereka punya kontrak, kita bawa ke sini untuk Liga 1 U-20, meski akhirnya tidak jadi, kita tidak bisa lepas mereka begitu saja," jelas Edwin Klok.

"Ketika liganya tidak ada, mereka tidak latihan, itu akan membuat mereka lebih sulit. Kalau tidak ada latihan, karirnya mungkin bisa hancur. Makanya kita coba untuk mengembangkan mereka," lanjutnya.

Baca Juga

Selain Arkhan Kaka, Persis Solo juga membawa Erlangga Setyo dan I Gusti Made Rendy Sanjaya ke tim senior. Musim lalu, Persis Solo juga mempromosikan Faqih Maulana, Zanadin Fariz dan Althaf Indie.

Persis Solo sangat senang ketika para pemain yang mereka kembangkan bakatnya bisa membantu negara meraih prestasi di cabang olahraga sepak bola. Menarik untuk dinantikan aksi Arkhan Kaka Putra Purwanto di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

3. Rencana TC Timnas U-17

Starting eleven Timnas Indonesia U-17 saat tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

Persis Solo juga sudah diberitahu bahwa Timnas Indonesia U-17 akan melakukan pemusatan latihan menuju Piala Dunia U-17 2023. Persis Solo akan senang ketika Kaka menjadi salah satu nama yang dipanggil.

Edwin Klok memastikan Kaka menjalani tahapan bagus menuju Piala Dunia U-17 2023. Sebelum Liga 1 bergulir, Kaka selalu diberi menit bermain dalam uji coba melawan Barito Putera, Jeonbuk Hyundai Motors dan Persebaya Surabaya.

"Ini pemain yang kita persiapkan untuk Piala Dunia U-17. Semoga nanti Kaka bisa jadi striker utama dan bisa cetak banyak gol, dan itu kontribusi dari Persis Solo untuk Indonesia. Semua orang di Persis pasti akan bangga," ungkap Edwin Klok.

Baca Juga
Persis SoloPiala Dunia U-17Liga 1Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini