x

Calon Kiper Man United, Andre Onana Bisa Sukses Berkat Sarung Tangan dari Kota Depok

Minggu, 2 Juli 2023 04:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Andre Onana kiper Inter Milan yang kini jadi target utama Manchester United di bursa transfer musim panas 2023.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United terus berupaya agar Inter Milan mau melepas Andre Onana di bursa transfer musim panas 2023.

Andre Onana kini menjadi target utama Manchester United di bursa transfer musim panas 2023, setelah kontrak David De Gea berakhir pada 30 Juni lalu.

Manchester United ingin menjadikan Andre Onana sebagai kiper andalan untuk mengarungi musim 2023-2024. Inter Milan dilaporkan mematok harga maksimal 50 juta euro (Rp821 miliar) untuk penjaga gawang berusia 27 tahun asal Kamerun tersebut.

Angka tersebut rupanya tidak mengendurkan niat tim berjulukan Setan Merah untuk memboyongnya ke Old Trafford di bursa transfer.

Dalam laporan yang beredar, Manchester United akan segera memberikan penawaran resmi ke Inter Milan untuk menggaet Andre Onana.

Baca Juga

Sosok Andre Onana memang sangat dikagumi oleh Erik ten Hag. Hal itu karena keduanya pernah bekerjasama saat masih di Ajax Amsterdam.

Salah satu keahlian Andre Onana yaitu bisa berperan sebagai "Playmaker Kiper". Di areanya sendiri, ia sering ikut bermain bersama pemain belakang.

Baca Juga

Kehebatan Onana dalam mengandalkan kakinya terlihat dari 93,8 persen akurasi operannya dari 28,8 percobaan operan di areanya sendiri sepanjang musim 2022/23 lalu bagi Inter Milan.

Sementara itu, ada fakta menarik yang belum banyak diketahui soal Andre Onana. Ternyata kiper asal Kamerun tersebut pernah memakai sarung tangan yang dibeli dari kota Depok, Jawa Barat. Berikut kami telah merangkum kisahnya:

Baca Juga

1. Andre Onana Punya Hubungan dengan Kota Depok

Kiper Timnas Kamerun, Andre Onana dalam pertandingan pertama Grup G Piala Dunia 2022 melawan Swiss (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

Andre Onana menjadi salah satu pemain yang menjadi bahan perbincangan pada jendela bursa transfer musim panas 2023, karena menjadi prioritas Manchester United.

Ada fakta tersembunyi soal Andre Onana, di mana sang penjaga gawang ternyata memiliki hubungan dengan Kota Depok, Jawa Barat.

Dilansir dari Instagram, superdepokcyber pada 2020 lalu, Andre Onana dekat dengan Kota Depok karena memiliki kakak yang pernah bermain di Persikad Depok.

Kakak Andre Onana bernama Nnana Onana tercatat pernah memperkuat Persikad Depok pada 2000-an silam.

Akun Instagram, superdepokcyber, juga sempat memperlihatkan bukti dengan memposting foto kebersamaan Andre Onana dan Nnana Onana.

Baca Juga

Tidak hanya itu, akun @superdepokcyber juga sempat mengunggah bukti percakapan dengan Nnana Onana. Sang kaka mengaku pernah membelikan sarung tangan kiper di Depok untuk Andre Onana ketika masih kecil.

"Iya benar adik kandung saya. Waktu saya masih main di Depok dia (Andre Onana) masih kecil jadi aku dorong dia terus, biar dia bisa main sepak bola," papar Nnana, Selasa (21/04/20).

"Aku sering beli sarung tangan, sepatu, baju di Mall Depok (sekarang Dmall). Kalau pulang kampung aku kasih supaya dia main, itulah sampai masuk ke Barcelona," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Siapa sangka berkat sarung tangan kiper yang dibeli dari Kota Depok, sekarang Andre Onana menjadi salah satu kiper terbaik di dunia.

Andre Onana kini menjadi incaran utama Manchester United di bursa transfer musim panas 2023 untuk menggantikan David De Gea.

Baca Juga

2. Perjalanan Karier Andre Onana

Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari).

Andre Onana memulai karir sepakbolanya di akademi Samuel Eto’o pada 2006 silam, ketika masih berusia 10 tahun.

Hingga akhirnya, dia direkrut oleh Barcelona pada 2010. Bersama La Masia, Andre Onana menjadi salah satu pemain potensial dan terus mendapat tempat di skuat U-16, U-18 serta U-19.

Meski belum pernah rasakan debut senior di Barcelona, namun Andre Onana pernah satu dengan sejumlah bintang Barcelona seperti Hector Bellerin, Marc Bartra, Alex Grimaldo, Sergi Roberto, Gerard Deulofeu hingga Thiago Alcantara.

Kesulitan menembus skuat inti Barcelona, bakat Onana ternyata mampu menarik perhatian raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam yang langsung merekrutnya pada tahun 2015.

Selama satu musim memperkuat tim lapis kedua Ajax, kiper berusia 27 tahun tersebut mampu tampil sebanyak 39 pertandingan di semua ajang.

Berkat ketangguhannya membaca serangan, akhirnya Onana dipanggil ke skuat senior Ajax dan melakukan debut pada 20 Agustus 2016.

Tujuh tahun berseragam Ajax, dia berhasil menorehkan kesuksesan dengan mencatat sebanyak 214 pertandingan di semua kompetisi disertai tiga trofi Liga Belanda dan dua kali juara Piala Belanda.

Andre Onana juga membantu Ajax finish sebagai runner-up pada gelaran Liga Eropa UEFA musim 2016/17 lalu.

Berbekal penampilan apik tersebut, Onana jadi salah satu kiper yang mampu menarik perhatian klub besar. Hingga pada 1 Juli 2022 lalu, Inter Milan secara resmi merekrut Onana dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Bursa TransferManchester UnitedInter MilanBerita Bursa TransferAndre Onana

Berita Terkini