x

Rekrutan Liverpool dari Liga Jerman Biasanya Sukses, Dominik Szoboszlai Bisa Full Senyum

Minggu, 2 Juli 2023 09:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dominik Szoboszlai akan menjadi rekrutan Liverpool selanjutnya dari Liga Jerman. Foto: REUTERS/Annegret Hilse.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih terus dikaitkan dengan Dominik Szoboszlai di bursa transfer pemain.

Bahkan belum lama ini, ia dikabarkan sudah menjalani tes medis dan hanya tinggal menunggu waktu untuk benar-benar diumumkan sebagai rekrutan baru.

Sementara itu, sebuah kabar baik turut disampaikan jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, terkait perkembangan transfer bintang RB Leipzig tersebut.

“Dominik Szoboszlai meneken kontrak lima tahun sebagai pemain baru Liverpool di bursa transfer musim panas 2023 ini,” cuitnya di media sosial.

“Tes medis sudah selesai dan kesepakatan di harga 70 juta euro sudah selesai sejak Jumat malam lalu,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Fabrizio Romano pun turut menyebut, Liverpool akan mengumumkan perekrutan Dominik Szoboszlai secara resmi dalam waktu dekat.

Apabila nanti merapat, Dominik Szoboszlai akan menjadi rekrutan kesekian Liverpool dari Liga Jerman.

Baca Juga

Sejauh ini, para pemain yang berasal dari kompetisi tersebut punya rekam jejak yang cukup lumayan di Liverpool.

Roberto Firmino menjadi salah satu contoh konkret. Ia didatangkan dari TSG Hoffenheim pada 2015 dan pelan-pelan menjelma sebagai pemain penting di skuad The Reds.

Jika harus mengingat sedikit ke belakang, pemain asal Brasil ini pernah dipasang Jurgen Klopp sebagai penyerang tengah dan harus bersaing dengan Christian Benteke.

Baca Juga

1. Ada Bobby dan Thiago

Roberto Firmino adalah salah satu rekrutan Liverpool dari Liga Jerman. Foto: Reuters/Lee Smith.

Ya, Jurgen Klopp adalah sosok penting di balik kesuksesan Roberto Firmino di Liverpool. Jika pelatih lain yang datang, entah apa yang bakal terjadi dengan Bobby kemudian.

Di tangan Jurgen Klopp, Bobby menjadi bagian penting trio Firmansah yang juga beranggotakan Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Roberto Firmino juga tidak dibebankan untuk mencetak banyak gol untuk Liverpool. Jurgen Klopp pun menganggapnya sebagai seorang connector.

Ia penghubung yang andal, dengan peran vital dan posisi yang sulit dimainkan maupun tergantikan di skuad The Reds.

Meski kini sudah angkat kaki, Roberto Firmino menjadi salah satu rekrutan terbaik Liverpool dari Liga Jerman.

Baca Juga

Selain Roberto Firmino, Dominik Szoboszlai juga bisa berkaca pada Thiago Alcantara, sang maestro lapangan tengah.

Meski rawan cedera, Thiago bukan nama yang bisa dipandang sebelah mata sejak datang dari Bayern Munchen pada 2020.

Baca Juga

Ia membantu Liverpool untuk fokus pada possession dan menjadi bagian pentinng dalam perburuan quadruple The Reds pada musim 2021/2022.

Sayangnya, kebugaran menjadi masalah pelik Thiago di Liverpool saat ini, terlepas dari reputasi besar yang sudah ia bangun sejak di Bayern Munchen.

Pemain asal Spanyol ini, juga pernah mencicipi kesuksesan luar biasa di Bayern Munchen dengan raihan gelar trebel pada 2019/2020.

Baca Juga

2. Konate dan Matip Juga Lumayan

Ibrahima Konate saat bermain untuk Liverpool. Foto: Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images.

Selanjutnya ada Ibrahima Konate, tambahan amunisi berharga bagi Liverpool di daftar pemain belakang. Ia juga memainkan peran penting dalam perburuan quadruple The Reds 2021/2022.

Bek tengah asal Prancis tersebut didatangkan Liverpool dari klub Liga Jerman, RB Leipzig, pada 2021 lalu.

Meski harus bergulat dengan isu adaptasi, Ibrahima Konate diprediksi masih masuk rencana Jurgen Klopp untuk musim 2023/2024 mendatang.

Dengan pengalaman yang sudah ia kumpulkan, nampaknya belum terlambat bagi Ibrahima Konate untuk jadi andalan di jantung pertahanan Liverpool.

Namun tidak cuma Roberto Firmino, Thiago, dan Ibrahima Konate, Joel Matip juga mencatatkan rekam jejak yang cukup lumayan di Liverpool

Ia datang dengan status bebas transfer dari Schalke 04 pada 2016, dan menjadi salah satu rekrutan pertama Jurgen Klopp saat datang ke Liverpool.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini juga mengalami progres selama berada di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Ia berhasil menemukan jalannya ke starting XI Liverpool yang pada waktu itu sedang memburu gelar Liga Champions 2018/2019.

Hanya saja, Joel Matip saat ini sedang berkutat dengan masalah kebugaran. Setidaknya, satu tahun ke belakang progresnya sempat terhambat karena cedera.

Selain nama-nama di atas, Liverpool juga pernah mendatangkan sejumlah pemain dari klub-klub Liga Jerman dengan rapor yang terbilang cukup ‘gado-gado’.

Sebut saja Loris Karius, (Mainz 05), Ozan Kabak (Schalke 04), Andriy Voronin (Bayer Leverkusen), Alou Diarra (Bayern Munchen), dan masih banyak lagi.

Kira-kira, bagaimana nasib Dominik Szoboszlai kelak ya?

Bursa TransferLiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisIndepth

Berita Terkini