x

Sektor Gelandang Liverpool Penuh Persaingan, 4 Pemain Jadi Calon Kuat Pemenang

Minggu, 2 Juli 2023 21:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp nampaknya punya PR besar di Liverpool menghadapi musim baru Liga Inggris (Premier League) 2023/2024. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp nampaknya punya PR besar di Liverpool menghadapi musim baru Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

Liverpool, tentu bercita-cita tinggi untuk kembali menancapkan namanya di papan atas liga setelah melalui musim yang sulit pada 2022/2023.

Mohamed Salah dkk hanya finis di peringkat lima klasemen akhir Liga Inggris 2022/2023, tepat di bawah tim yang sedang naik daun dan on fire, Newcastle United.

Bahkan, mereka juga tidak lebih baik dari sang rival abadi, Manchester United, yang berhasil menutup musim di peringkat tiga.

Untuk itulah, Jurgen Klopp dan Liverpool harus memetakan strategi terbaik agar mereka bisa bersaing lagi di level tertinggi.

Baca Juga

Sejumlah pemain pun didatangkan, terutama mereka yang berposisi sebagai gelandang. Salah satunya adalah Alexis Mac Allister.

Juara Piala Dunia 2022 tersebut menjadi buruan banyak klub di bursa transfer pemain setelah tampil cemerlang bersama Timnas Argentina dan Brighton.

Baca Juga

Kini, kemampuannya yang serbabisa pun menjadi keuntungan tersendiri bagi Jurgen Klopp, yang bisa lebih fleksibel lagi dalam meramu susunan pemainnya.

Selain Alexis Mac Allister, Liverpool pun masih dikaitkan dengan sejumlah nama gelandang di bursa transfer pemain, termasuk yang teranyar Dominik Szoboszlai.

Namun jika mendatangkan lumayan banyak, lapangan tengah Liverpool mungkin akan sangat ramai dengan ketatnya persaingan untuk starting XI.

Baca Juga

1. Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai Favorit

Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister. Foto: liverpoolfc.com.

Dalam beberapa waktu terakhir, Jurgen Klopp terlihat cukup berkomitmen dalam menggunakan skema box midfield.

Keberadaan Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai pun akan sangat membantu juru taktik asal Jerman itu jika ingin mewujudkan set up yang sama musim depan.

Hanya saja, baik Alexis Mac Allister maupun Dominik Szoboszlai nampak ideal untuk peran yang lebih menyerang.

Sementara itu, Trent Alexander-Arnold yang saat ini sudah menjadi inverted full-back bisa berada di posisi yang lebih dalam bersama Fabinho.

Di sisi lain, Curtis Jones juga salah satu gelandang yang bisa klik dengan struktur ini, sehingga bukan tidak mungkin ia akan ikut serta dalam perburuan tempat di lapangan tengah.

Baca Juga

Lantas bagaimana dengan Jordan Henderson? Jika melihat situasi saat ini, agaknya tidak banyak yang mungkin bisa diharapkan dari sang kapten.

Namun ia bisa menjadi kartu as atau supersub yang membawa kejutan seperti James Milner, bahkan sebagai salah satu opsi rotasi untuk pemain nomor 6.

Baca Juga

Begitu pula Thiago Alcantara, yang masih sering dilanda cedera. Kondisi kebugarannya masih menjadi masalah besar bagi Liverpool hingga saat ini.

Dengan demikian, tidak ayal bahwa Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai adalah dua gelandang yang paling layak difavoritkan untuk masuk ke starting XI.

Keduanya bakal berada di belakang trio yang bisa berisikan Mohamed Salah, Darwin Nunez, Luis Diaz, Diogo Jota, atau Cody Gakpo.

Baca Juga

2. Trent Alexander-Arnold Hybrid

Trent Alexander-Arnold saat ini punya peran hybrid di Liverpool. Foto: Reuters/Phil Noble.

Trent Alexander-Arnold dengan perannya yang hybrid, dan Fabinho, adalah dua gelandang favorit lain untuk dimasukkan ke susunan line up.

Hanya saja, posisi Fabinho sebagai calon gelandang ‘terjamin XI’ mungkin bisa goyah, karena peran hybrid Trent-Alexander memungkinan sosok ini berpartner dengan sejumlah pemain.

Salah satunya adalah Khephren Thuram, gelandang yang bermain untuk klub Ligue 1 Liga Prancis, OGC Nice.

Akan tetapi, untuk sekarang Fabinho masih bisa bernapas lega karena putra legenda Prancis Lilian Thuram itu belum mendarat di Liverpool.

Dominik Szoboszlai Makin Dekat

Publik dan para suporter Liverpool nampaknya sedang menanti momen diperkenalkannya Dominik Szoboszlai sebagai pemain resmi The Reds.

Berdasarkan laporan-laporan yang beredar, gelandang asal Hungaria ini telah mendarat di Liverpool pada hari Sabtu kemarin untuk menjalani tes medis.

Selain itu, persetujuan terkait kesepakatan-kesepakatan transfer pun hanya tinggal menunggu untuk diformalkan saja.

Soal Rumor Bursa Transfer Pemain Liverpool

Selain Dominik Szoboszlai, Liverpool saat ini juga tengah dikaitkan dengan sejumlah nama yang masih menjadi spekulasi publik.

Sebut saja beberapa di antaranya Manu Kone, Ryan Gravenberch, Khephren Thuram, Sepp van de Ven, dan Romeo Lavia.

Namun untuk pemain keluar sendiri, Liverpool tidak menuai banyak rumor. Malah faktanya, mereka baru melepas Fabio Carvalho ke RB Leipzig sebagai pinjaman.

LiverpoolFabinhoLiga Primer InggrisLiga InggrisTrent Alexander-ArnoldDominik SzoboszlaiAlexis Mac AllisterIndepth

Berita Terkini