x

Bedah Formasi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 Bersama Welber Jardim

Senin, 3 Juli 2023 18:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Welberlieskott de Halim Jardim, Pemain Muda Indonesia yang Memperkuat Klub Brasil, Sao Paulo

INDOSPORT.COM - Intip formasi terbaik yang bisa digunakan Timnas Indonesia dengan kehadiran Welber Jardim pada gelaran Piala Dunia U-17 mendatang.

Usai terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, skuat Timnas Indonesia terlihat mulai berupaya menaikan kualitas skuatnya.

Salah satunya dengan memanggil para pemain keturunan yang berkompetisi di luar negeri, seperti Welberlieskott de Halim Jardim atau Welber Jardim.

Dengan pengalaman berkompetisi di luar negeri, membuat kehadiran pemain-pemain keturunan seperti Welber bisa jadi warna baru buat skuat Timnas Indonesia.

Bima Sakti selaku pelatih skuat Garuda Muda, telah memberi lampu hijau kepada para pemain diaspora untuk bisa perkuat timnas.

Baca Juga

Sehingga peluang Welber Jardim serta para pemain keturunan lain di luar negri punya peluang cukup besar untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-17.

"Saya menyampaikan, kita akan beri kesempatan pada pemain diaspora yang telah berpaspor Indonesia. Pemain keturunan yang orang tuanya mungkin bapak atau ibu orang Indonesia, tapi punya paspor," kata Bima Sakti ke INDOSPORT

Baca Juga

"Kami akan berikan kesempatan yang kelahiran 2006-2007. Welber yang Brasil kayaknya sudah punya paspor jadi masuk list untuk dipanggil di seleksi di Indonesia," imbuhnya. 

Andai Welber Jardim berhasil menembus skuat utama, mungkin saja kekuatan Timnas bakal bisa bersaing sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 nanti.

Lantas dengan ketambahan Welber Jardim, bakal seperti apakah formasi yang bisa dipakai Bima Sakti buat Timnas Indonesia U-17? Untuk mengetahuinya, berikut INDOSPORT coba mengulas:

Baca Juga

1. Iqbal Gwijangge Tumpuan Lini Pertahanan

Kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge

Dengan persiapan yang tak banyak, sepertinya Timnas Indonesia akan kembali mengandalkan para pemain yang pernah jadi pilar di babak kualifikasi Piala Asia U-17 tahun 2022 lalu.

Untuk posisi penjaga gawang, Andrika Fathir yang sudah catatkan 9 caps dan tergantikan dalam dua event terakhir (Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-16), dipastikan bakal jadi pilihan utama.

Mengawal barisan pertahanan, terdapat kuartet Habil Akbar, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky serta Rizdjar Subagja.

Iqbal Gwijangge yang memegang ban kapten di skuat U-16, kembali jadi tumpuan Timnas Indonesia untuk memimpin lini pertahanan pada Piala Dunia U-17 nanti.

Walau posisi aslinya adalah gelandang bertahan, namun Iqbal Gwijangge punya kemampuan membaca bola serta intersep yang baik dan membuatnya sangat tangguh sebagai central back.

Baca Juga

Sementara Habil Akbar dan Rizdjar Subagja akan memainkan peran sebagai wingback. Kecepatan serta akurasi umpan keduanya bakal jadi senjata rahasia timnas saat melakukan serangan balik.

Beralih ke lini tengah, ada tiga gelandang yang bakal motor serangan serta penjaga ritme permainan Timnas Indonesia sepanjang babak penyisihan grup nanti.

Baca Juga

Sang permata Persija Jakarta, Figo Dennis Saputra akan menempati posisi gelandang bertahan dan bertugas memutus serangan lawan.

Pemain berusia 17 tahun itu bakal mendapat bantuan dari Kafiatur Rizky serta Riski Afrisal yang berperan sebagai central midfielder serta gelandang box to box.

Tak hanya membantu menyimbangkan permainan, kehadiran dua gelandang diatas juga bakal jadi pengalir bola dari lini tengah ke lini serang.

Baca Juga

2. Welber Jardim Otak Serangan Timnas U-17

Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Indonesia di Brasil juara Copa Criciuma U-17 2023. (Foto: Instagram@welber07official)

Berikutnya di posisi penyerangan, terdapat tiga pemain yang jadi tulang punggung Timnas Indonesia untuk bisa menjebol gawang lawan.

Welber Jardim yang punya naluri mencetak gol yang tinggi dan telah terbukti dalam sejumlah kompetisi Eropa yang diikuti, akan menempati posisi advanced playmaker.

Posisinya mirip gelandang tengah, namun lebih banyak berada di dekat kotak penalti lawan serta berupaya maksimal untuk bisa mencetak gol.

Dengan bekal skill individu serta visi bermain yang telah matang saat berkompetisi di Liga Brasil, membuat Welber Jardim bakal jadi otak permainan penting buat Timnas Indonesia.

Di depan Welber Jardim, terdapat dua striker lokal Arkhan Kaka dan Nabil Asyura yang sudah terbukti ketajamannya sepanjang babak kualifikasi Piala Asia U-17 kemarin.

Sepanjang babak kualifikasi Piala Asia U-17, Arkhan Kaka berhasil mencetak tujuh gol dari total tiga pertandingan yang dijalani. Sementara Nabil Asyura mampu melesakkan dua gol.

Dibantu dengan kejeniusan Welber Jardim dalam mengatur serangan, plus ketajaman Arkhan Kaka dan Nabil Asyura sebagai predator kotak penalti membuat Timnas Indonesia U-17 punya harapan untuk bisa lolos ke fase knock out Piala Dunia U-17.

Timnas Indonesia U-17 (4-3-1-2) XI:
Andrika Fathir; Habil Akbar, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Rizdjar Subagja; Kafiatur Rizky, Figo Dennis Saputra, Riski Afrisal; Welber Jardim; Arkhan Kaka, Nabil Asyura,

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Welberlieskott de Halim JardimTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini