☰
x

Setelah Hugo Samir, Persis Solo Akan Pinjamkan Pemain Lagi di Liga 1

Senin, 3 Juli 2023 19:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Persis Solo akan meminjamkan pemain mudanya lagi sebelum bursa transfer Liga 1 2023-2024 ditutup. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo akan meminjamkan pemain mudanya lagi sebelum bursa transfer Liga 1 2023-2024 ditutup. Setelah Hugo Samir, sosok yang akan "disekolahkan" Laskar Sambernyawa adalah Romadona Dwi Kusuma.

Persis Solo memang punya stok pemain muda melimpah. Di tim Persis U-20, ada banyak pemain yang memiliki caps bersama tim nasional Indonesia U-17, U-19 serta jebolan Garuda Select.

Hal itulah yang membuat Persis Solo bisa dengan mudah mempromosikan pemain muda ke tim senior. Ada beberapa nama yang sudah diberi caps di Liga 1, seperti Arkhan Kaka Putra Purwanto, Faqih Maulana, Zanadin Fariz dan Althaf Indie.

Saking banyaknya potensi di Persis U-20, Persis Solo meminjamkan Hugo Samir ke Borneo FC. Hugo diberi lampu hijau gabung tim lain karena stok pemain sayap Laskar Sambernyawa sangat berlimpah.

Setelah Hugo, Persis Solo akan meminjamkan Romadona. Ini menjadi musim kedua bagi Romadona dipinjamkan ke tim lain setelah musim lalu berseragam RANS Nusantara FC.

Baca Juga

"Romadona tidak jadi (masuk tim senior Persis Solo), karena kita ada banyak stok pemain di posisi winger," kata Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok.

Baca Juga

Musim lalu, peminjaman Romadona ke RANS Nusantara FC berjalan cukup bagus. Winger berusia 20 tahun itu bermain dalam 13 pertandingan.

Romadona mencatatkan sekali pertandingan sebagai pemain inti dan 12 kali sebagai pemain pengganti. Berdasarkan catatan Soccerway, Romadona bermain 380 menit di Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

1. Bawa 32 Pemain

Gelandang Persis Solo, Alexis Messidoro. (Foro: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Persis Solo belum mengumumkan tim mana yang akan menjadi pelabuhan Romadona. Bursa transfer Liga 1 masih akan dibuka hingga akhir bulan ini.

"Dia punya talenta. Nanti dia akan kita kita pinjamkan biar dia tetap bisa berkembang," ujar Edwin Klok.

Total ada 32 pemain yang didaftarkan Persis Solo pada Liga 1 2023-2024. Namun, tidak semua pemain akan berlatih secara reguler bersama tim senior.

Ada beberapa nama yang akan sewaktu-waktu dipanggil pelatih Leonardo Medina Arellano gabung tim senior, seperti Marcell Januar dan Ilham Akbar. Untuk latihan rutin, keduanya menjalani program bersama tim Persis U-20.

"Coach Leo ingin kerja dengan tim yang lebih ramping agar pemain lebih berkembang dan untuk persiapan pertandingan, daripada ada banyak pemain yang berada di pinggir lapangan," papar Edwin Klok.

Baca Juga

Pemain dari Persis U-20 yang sudah rutin berlatih di tim senior adalah Erlangga Setyo, Arkhan Kaka Putra Purwanto dan I Gusti Made Rendy Sanjaya.

Sementara nama-nama, seperti Althaf Indie, Faqih Maulana dan Zanadin Fariz yang sudah dipromosikan sejak awal Liga 1 2022-2023 tetap bersama tim senior.

Baca Juga

Bahkan, Althaf dan Faqih sudah dimainkan pada laga pertama melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (01/07/23). Althaf bermain tujuh menit dan Faqih bermain 21 menit.

Ada kemungkinan Faqih kembali dipercaya bermain pada laga melawan PSS Sleman, Jumat (07/07/23). Pasalnya, Persis Solo sudah dipastikan tanpa Gavin Kwan Adsit karena cedera pangkal paha.

Baca Juga
Persis SoloBorneo FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini