x

Statistik Serba Pertama Persis Solo di Liga 1 2023/2024

Senin, 3 Juli 2023 08:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Fakta-fakta menarik di balik laga Persis Solo kontra Persebaya di Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Partai pertama Persis Solo pada kompetisi Liga 1 2023/2024 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (1/7/23), menghadirkan fakta menarik.

Deretan pemain berhasil mencatatkan diri sebagai yang pertama dalam beberapa momen.

Laskar Sambernyawa harus mengawali kompetisi dengan hasil menyedihkan. Persis Solo kalah di kandang sendiri dengan skor 2-3 dari Persebaya.

Kekalahan ini menghadirkan kekecewaan dari suporter setianya. Belasan ribu suporter melakukan Silenzio Stampa atau berdiam diri tak bersuara ketika anthem Satu Jiwa diputar usai pertandingan.

Terlepas dari itu, INDOSPORT pun merangkum sosok-sosok yang mencatatkan diri sebagai yang pertama dalam beberapa kejadian.

Baca Juga

Sebut saja, mulai dari kartu kuning pertama, gol pertama, assist pertama, gol bunuh diri pertama, hingga pergantian pertama.

Kartu Kuning Pertama

Gianluca Pandeynuwu melakukan kesalahan fatal pada laga melawan Persebaya Surabaya. Ia gagal mengambil bola dan justru menjatuhkan Wildan Ramdani di kotak terlarang.

Baca Juga

Alhasil, Gianluca menjadi sosok pertama di Persis Solo yang terkena kartu kuning pada Liga 1 2023/2024. Kartu kuning itu didapatnya pada menit ke-26.

Sialnya, peluang itu membuka gol Persebaya lewat tendangan 12 pas Bruno Moreira. Kartu kuning ini wajib menjadi warning bagi Gianluca mengingat Persis Solo masih belum bisa menurunkan Muhammad Riyandi.

Baca Juga

1. Gol dan Assist Pertama

Fakta-fakta menarik di balik laga Persis Solo kontra Persebaya di Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Gol Pertama

Moussa Sidibe menjadi sosok pertama yang mencetak gol untuk Persis Solo pada Liga 1 2023/2024. Gol itu dicetaknya pada menit ke-60.

Gol itu terjadi karena aksi brilian yang dilakukan gelandang asal Argentina, Alexis Messidoro, yang memerdaya dua bek Persebaya.

Ia kemudian memberikan umpan ke Moussa dan dieksekusi dengan luar biasa.

Gol ini bisa menjadi semangat tambahan bagi Moussa dalam karier perdananya di Indonesia. Masih ada 33 partai tersisa yang akan dilaluinya bersama Laskar Sambernyawa.

Assist Pertama

Alexis Messidoro memberi bukti bahwa Persis Solo pantas memberinya kontrak tambahan dua musim. Messidoro masih menjadi aktor utama dalam permainan Laskar Sambernyawa.

Baca Juga

Di aksi perdananya di Liga 1 2023/2024, Messidoro langsung mencatatkan dua assist.

Assist pertama membantu Moussa Sidibe mencetak gol. Lalu, assist kedua membuat Ramadhan Sananta menjebol gawang Persebaya.

Baca Juga

Dua assist ini menjadi awal manis bagi Messidoro yang musim lalu mencatatkan 9 assist.

Jika musim lalu dia kalah dari Eber Bessa, bukan tak mungkin musim ini Messidoro akan menjadi raja assist di Indonesia.

Baca Juga

2. Gol Bunuh Diri dan Pemain Pengganti Pertama

Fakta-fakta menarik di balik laga Persis Solo kontra Persebaya di Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Gol Bunuh Diri Pertama

Sayangnya, Faqih Maulana juga harus mencatatkan diri sebagai pemain pertama di Persis Solo yang mencatatkan gol bunuh diri pada Liga 1 2023/2024.

Faqih Maulana menjebol gawang timnya sendiri setelah salah mengantisipasi umpan winger muda Persebaya, Toni Firmansyah.

Namun, Faqih tak bisa disalahkan atas gol yang membuat Persebaya menang 3-2.

Sebagai pemain yang masuk menit ke-70, menggantikan Eky Taufik, ia sudah bermain bagus.

Salah satu ofisial Persis Solo juga menghampiri Faqih setelah pemuda 18 tahun itu menangis di tengah lapangan usai pertandingan.

Pemain Pertama Diganti

Gavin Kwan Adsit menjadi pemain Persis Solo pertama yang diganti di Liga 1 2023/2024. Gavin keluar menit ke-34, digantikan Arapenta Poerba.

Gavin harus diganti lebih cepat karena mengalami cedera. Mantan bek Bali United ini terlihat mengerang kesakitan saat ditandu keluar lapangan.

Keluarnya Gavin membuat Persis Solo mengubah strategi. Moussa Sidibe digeser ke posisi Gavin sebagai gelandang sayap kiri, dan sektor tengah dihuni Arapenta.

Kemudian, pada menit ke-46, Persis Solo menarik Taufiq Febriyanto dan memasukkan Chrystna Bhagascara.

Perubahan ini membuat kemampuan menyerang menjadi bagus, namun sistem bertahan menjadi sangat jelek.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Indepth

Berita Terkini