x

TC Timnas U-17, Bima Sakti Akan 'Libatkan' Pelatih Juara EURO U-21 Luis Milla

Senin, 3 Juli 2023 16:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mengatakan akan menemui sejumlah pelatih senior untuk meminta masukan jelang Piala Dunia U-17 2023. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mengatakan akan menemui sejumlah pelatih senior untuk meminta masukan jelang Piala Dunia U-17 2023.

Salah yang akan ditemui adalah pelatih juara EURO U-21 2011, Luis Milla.

Seperti diketahui, Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang dijadwalkan 10 November s.d. 2 Desember 2023. Supaya tampil maksimal, Bima Sakti harus melakukan persiapan matang.

Sebelum memanggil pemain untuk seleksi dan pemusatan latihan, Bima Sakti akan meminta saran dari sejumlah pelatih senior.

Mereka adalah Shin Tae-yong dari timnas senior, Indra Sjafri (Timnas U-23), direktur teknik PSSI yang baru dari Jerman (masih dalam tahap seleksi), dan Luis Milla (Persib Bandung).

Baca Juga

Adapun tiga nama pertama yang disebut juga akan menjadi mentor dan mendampingi Bima Sakti. PSSI telah menawarkan salah satu nama, tapi juru taktik 47 tahun itu meminta ketiganya sekaligus.

Khusus Luis Milla, Bima Sakti menyampaikan jika pelatih Persib itu punya segudang pengalaman. Ia pernah juara EURO U-21 2011 bersama Timnas Spanyol dan melatih klub Liga Spanyol, Real Zaragoza.

Baca Juga

Keduanya juga pernah bekerja sama, saat Luis Milla menjadi pelatih Timnas Indonesia pada periode 2017-2018 lalu.

"Bulan juli ini ada TC. Sebelum TC, saya akan ketemu coach Shin Tae-yong, Indra Sjafri dan dirtek yang baru, lalu dengan beberapa pelatih senior yang akan kami datangi juga, karena penting juga masukan masukan dari mereka," kata Bima Sakti.

"Termasuk Luis Milla, saya akan datangi juga karena beliau pernah pengalaman juara di Euro U-21. Saya aka minta masukan dari mereka," imbuhnya.

Baca Juga

1. Staf dan Pemain

Bima Sakti bicara staf pelatih dan pemilihan pemain untuk Timnas Indonesia U-17. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com.

Untuk memimpin Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17, Bima Sakti tetap memakai staf pelatih tahun lalu atau dari tim U-16 saat juara Piala AFF U-16 2022.

Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah, dan Markus Horison.

Namun, pelatih 47 tahun itu menjelaskan akan ada sedikit perubahan. Ada nama staf pelatih yang dipertahankan, tapi ada juga yang diganti. Hal itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

Sementara untuk pemanggilan pemain Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti memakai sebagian pemain dari tim U-16 tahun lalu.

Dia juga akan panggil pemain keturunan yang berkarier di luar negeri.

Baca Juga

Tak hanya itu, eks kapten Timnas Indonesia itu juga memantau pemain dari Elite Pro Academy dan hasil seleksi dari Future Garuda yang dilakukan bulan lalu.  

Disampaikan Bima Sakti, pemain yang diseleksi adalah kelahiran 2006-2007. Semua pemain potensial akan diberikan kesempatan.

Baca Juga

Apabila sudah semua pemain sudah terseleksi, Timnas Indonesia U-17 dijadwalkan jalani sejumlah uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia hingga Afrika.

Harapannya, mereka dapat pengalaman supaya tampil bagus di Piala Dunia U-17 2023. 

Baca Juga
Piala Dunia U-17Luis MillaBima SaktiBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini