x

Wenger Law, FIFA Kaji Aturan Offside Baru yang Bisa Bikin Inzaghi 'Balik' dari Pensiun

Senin, 3 Juli 2023 16:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Wenger Law, FIFA mengkaji aturan offside baru yang bisa bikin legenda Italia, Filippo Inzaghi, "balik" dari pensiun. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann.

INDOSPORT.COM – Wenger Law, FIFA mengkaji aturan offside baru yang bisa bikin legenda Italia, Filippo Inzaghi, "balik" dari pensiun.

Arsene Wenger selaku Ketua Perkembangan Sepak Bola Global FIFA ingin mengadaptasi aturan offside terbaru, yaitu bagian tubuh mana yang nantinya akan dianggap offside.

Pada saat ini, seorang pemain dianggap offside apabila ada anggota badan dari penerima umpan melebihi posisi pemain lawannya.

Offside untuk saat ini sudah terjadi apabila hanya ada sedikit anggota badan yang melewati posisi pemain lawannya walaupun cuma sekitar beberapa centimeter saja.

Namun, usulan aturan offside versi Arsene Wenger yang terbaru ini mengemukakan bahwa seorang pemain dinyatakan offside apabila seluruh tubuhnya melebihi posisi pemain lawan.

Baca Juga

Dengan demikian, jika ada anggota badan pemain yang melebihi sedikit saja dari posisi pemain lawan, mereka akan dinyatakan onside dalam aturan eks manajer legendaris Arsenal itu.

Aturan offside terbaru usulan Wenger ini kabarnya akan diuji coba terlebih dahulu di tiga negara, yaitu Belanda, Swedia, dan Italia.

Baca Juga

Selain itu, aturan ini tampaknya akan membuat permainan sepak bola menjadi lebih seru karena tak menutup kemungkinan akan terjadi hujan gol.

Aturan ini tentu saja akan menguntungkan sejumlah penyerang dan kiranya sedikit merepotkan bek dalam menjaga lawannya tersebut.

Menariknya, aturan offside terbaru FIFA usulan Arsene Wenger ini jadi bahan guyonan di media sosial di mana  seorang legenda seperti Filippo Inzaghi bisa "balik" dari pensiunnya.

Baca Juga

1. Seandainya Inzaghi Masih Bermain

Filippo Inzaghi, legenda AC Milan.

Sebagaimana diketahui, legenda AC Milan, Filippo Inzaghi, sendiri adalah penyerang berdarah dingin yang berasal dari Italia.

Filippo Inzaghi juga dijuluki sebagai Sang Raja Offside karena pengambilan posisinya untuk mencetak gol secara diam-diam tersebut.

Maka dari itu, Filippo Inzaghi tentunya akan dinilai kesulitan bermain di era sepak bola modern saat ini di mana teknologi kian berkembang karena adanya VAR.

Pengambilan posisi yang di ambang offside dipakai Inzaghi untuk mencetak gol di mana ia dahulu pernah juga dijuluki sebagai Si Hantu.

Bahkan, karena permainannya yang seperti itu, manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, sampai menyebut Filippo Inzaghi itu "terlahir offside".

Baca Juga

Walaupun demikian, eks pemain Juventus dan AC Milan itu menyebut terang-terangan juga bahwa bermain di ambang offside memang adalah ciri khasnya.

"Ciri khas saya adalah bermain di ambang offside, hal yang ingin saya manfaatkan. Saya mencoba bersembunyi di garis offside dan langsung menghajar dari sana. Tidak mudah untuk diajarkan, itu harus datang secara alami,” kata Filippo Inzaghi.

Baca Juga

Tentu saja apabila Filippo Inzaghi masih aktif bermain di zaman sekarang, aturan offside terbaru FIFA itu tentu akan menguntungkannya dalam mencetak gol.

Niscaya perpaduan gaya permainannya yang di ambang offside itu dengan positioning yang sangat baik bakal menjadikan Filippo Inzaghi salah satu striker berbahaya saat ini.

Baca Juga
Arsene WengerFIFAFilippo InzaghiBola Internasional

Berita Terkini