x

Bedah Formasi Lini Depan Chelsea Usai Gaet Duet Vlahovic-Rayan Cherki-Nkunku

Selasa, 4 Juli 2023 17:07 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Membedah formasi raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, di bawah arahan Mauricio Pochettino bersama trio Dusan Vlahovic, Rayan Cherki, dan Christopher Nkunku.

INDOSPORT.COM – Membedah formasi raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, di bawah arahan Mauricio Pochettino bersama trio Dusan Vlahovic, Rayan Cherki, dan Christopher Nkunku.

Usai mendatangkan Nkunku, Chelsea masih berusaha mempertajaman lini serangnya untuk musim depan di bursa transfer kali ini.

Terlebih lagi dengan kepergian Kai Havertz dan Mason Mount yang membuat tim berjuluk The Blues itu membutuhkan sosok penyerang tengah dan Playmaker.

Meski Nkunku bisa dipasang di dua posisi tersebut, namun Chelsea merasa masih membutuhkan kedalaman skuad yang berkualitas.

Karenanya, tim asal London Barat itu akan mendatangkan dua pemain baru guna menutup sektor penyerang dan Playmaker atau pemain nomor 10.

Baca Juga

Belakangan dua pemain yang diincar Chelsea itu adalah Dusan Vlahovic dari Juventus dan Rayan Cherki dari Olympique Lyon.

Keduanya nanti akan diduetkan dengan Christopher Nkunku untuk mempertaham lini serang dan bersaing memperebutkan gelar musim depan.

Baca Juga

Sejauh ini, kabarnya Chelsea sudah melancarkan tawaran kepada Juventus untuk Vlahovic. Sedangkan untuk Cherki, The Blues masih menaruh minat saja.

Namun ada kemungkinan keduanya akan didatangkan sebelum tur pramusim ke Amerika Serikat, agar bisa beradaptasi dengan taktik Pochettino terlebih dahulu.

Dengan kedatangan Dusan Vlahovic dan Rayan Cherki serta kehadiran Christopher Nkunku, bagaimana formasi Chelsea di bawah Mauricio Pochettino untuk musim depan?

Baca Juga

1. Bermain Total Menyerang?

Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic melakukan selebrasi usai pertandingan. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Mauricio Pochettino merupakan pelatih yang mengedepankan permainan menyerang, sehingga ketertarikan Chelsea terhadap Vlahovic dan Cherki pun cukup beralasan.

Saat ini di kubu Chelsea tak ada penyerang berpengalaman kecuali Pierre-Emerick Aubameyang yang kabarnya akan dilepas.

Meski telah mendatangkan Nicolas Jackson, Chelsea masih merasa membutuhkan penyerang berpengalaman. Sehingga nama Vlahovic masuk jadi incaran.

Lalu untuk peran Playmaker, kepergian Mason Mount membuat Chelsea harus mencari Playmaker lainnya, kendati Nkunku bisa memerankan peran tersebut.

Namun beredar kabar bahwa Nkunku akan dijadikan winger kanan atau penyerang bayangan di belakang penyerang utama.

Baca Juga

Tak ayal nama Rayan Cherki masuk menjadi buruan untuk mengisi pos nomor 10 itu karena punya kemampuan Playmaking yang mumpuni.

Lalu bagaimana skema yang akan dimainkan oleh Pochettino dengan taktiknya yang menyerang dengan trio Vlahovic, Cherki, Nkunku tersebut?

Baca Juga

Jika melihat kiprahnya sebagai pelatih, Pochettino kerap memainkan formasi 4-3-3. Sehingga trio Cherki akan ditarik ke Second Line dan Nkunku serta Vlahovic akan ditemani Raheem Sterling.

Formasi Chelsea bersama trio Dusan Vlahovic, Rayan Cherki, dan Christopher Nkunku dalam formasi 4-3-3. (Foto: Createformation.com)

Tapi Pochettino merupakan pelatih yang fleksibel, dan kerap memainkan formasi tiga bek yang cocok dengan Chelsea serta memainkan formasi 4-2-3-1 yang jadi andalannya di Tottenham Hotspur.

Jika menggunakan skema tiga bek atau formasi 4-2-3-1, posisi mana yang akan ditempati oleh trio Vlahovic, Cherki, dan Nkunku?

Baca Juga

2. Fleksibilitas Taktik yang Menguntungkan

Selebrasi pemain RB Leipzig, Christopher Nkunku usai berhasil mencetak gol ke gawang Atalanta. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Dalam formasi tiga bek yang identik dengan bertahan akan berubah menjadi menyerang di bawah arahan Pochettino kelak di Chelsea.

Hal tersebut telah dipraktikkannya di PSG, di mana dua Wingback akan dituntut menyerang dan membantu dua penyerang serta satu Playmaker dari lini tengah.

Kemungkinan besar, dengan kehadiran Vlahovic, Cherki, dan Nkunku, Pochettino akan memainkan formasi 3-5-2, di mana lini tengah akan diplot sebagai gelandang Advanced yang lebih menyerang.

Formasi Chelsea bersama trio Dusan Vlahovic, Rayan Cherki, dan Christopher Nkunku dalam formasi 3-5-2. (Foto: Createformation.com)

Lalu bagaimana dengan formasi 4-2-3-1? Jika menggunakan formasi 4-2-3-1, Cherki akan diberikan peran Free Role di posisi nomor 10.

Sedangkan Nkunku dan Sterling yang menjadi winger di formasi 4-3-3 akan ditarik lebih ke belakang dan membiarkan Vlahovic menjadi Target Man.

Jika menggunakan formasi 4-2-3-1, maka beginilah formasi yang akan diterapkan Pochettino di Chelsea musim depan bersama trio Vlahovic, Cherki, dan Nkunku.

Formasi Chelsea bersama trio Dusan Vlahovic, Rayan Cherki, dan Christopher Nkunku dalam formasi 4-2-3-1. (Foto: Createformation.com)

Dengan tiga formasi tersebut, yakni 4-3-3, 3-5-2, dan 4-2-3-1, Chelsea akan memiliki keseimbangan di lini tengah dan lini serang dengan memanfaatkan permainan lebar lapangan.

Dalam formasi 4-3-3- dan 4-2-3-1, tugas Nkunku akan menjadi Inside Forward yang banyak bergerak di belakang Vlahovic ketimbang berada di sisi lapangan.

Lalu Cherki tak hanya ditugaskan untuk menjadi orkestra serangan saja, melainkan juga menyeimbangkan lini tengah dan menjadi jembatan antara lini tengah dan lini serang.

Sedangkan Vlahovic selain bertugas menjadi Target Man, ia juga punya tugas sebagai pemantul dalam tiga formasi tersebut dan juga membuka ruang bagi rekan-rekannya, terutama Nkunku sebagai Inside Forward.

ChelseaMauricio PochettinoIn Depth SportsDusan VlahovicLiga InggrisChristopher NkunkuIndepthRayan Cherki

Berita Terkini