x

Daisuke Sato Belajar Bahasa Spanyol untuk Bantu Alberto Rodriguez di Persib

Selasa, 4 Juli 2023 13:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Daisuke Sato, belajar bahasa Spanyol agar kerjasamanya dengan Alberto Rodriguez Martin bisa maksimal saat mengarungi Liga 1 2023-2024.

Pada pertandingan menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api GBLA (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23), Daisuke Sato dan Alberto Rodriguez sudah bermain bersama.

Daisuke Sato pada pertandingan tersebut, berusaha membantu rekan setimnya itu agar cepat beradaptasi.

Pasalnya, pertandingan menghadapi Madura United merupakan debut bagi bek asal Spanyol ini di kompetensi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sebagai informasi, pelatih Persib, Luis Milla, langsung memasang Alberto Rodriguez Martin sebagai starter pada pertandingan kandang perdana di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Baca Juga

"Ya saya tampil bersamanya dan saya mencoba untuk membantu dia dalam beradaptasi. Tentu ini kali pertama dia bermain, tapi bermain dengan bagus dan saya merasa kompak bermain dengannya," ucap Daisuke Sato.

Lebih lanjut pemain Timnas Filipina ini menuturkan, untuk bisa memahami karakter permainan rekannya tersebut, Daisuke Sato sampai mempelajari bahasa Spanyol untuk mempermudah komunikasi.

Baca Juga

Pasalnya, pemain anyar yang baru didatangkan Persib tersebut belum bisa bicara bahasa Inggris. Sehingga, Daisuke Sato memutuskan untuk belajar bahasa Spanyol.

"Saya juga sedikit belajar bahasa Spanyol, sebab dia belum bisa berbicara bahasa Inggris. Saya coba belajar beberapa kata dalam bahasa Spanyol, sehingga kami bisa berkomunikasi dengan lancar di lapangan," ungkapnya.

Sebagai pemain sepak bola profesional, Daisuke Sato harus siap bekerja dengan siapapun di dalam tim. Untuk itu, dia turut mempelajari bahasa rekan-rekannya yang ada di skuad Maung Bandung.

Baca Juga

1. Beradaptasi dengan Baik

Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23).

"Karena itu hal yang penting di sepak bola. Saya cukup senang dengan performa yang diperlihatkan," jelas pemain yang menggunakan nomor punggung 66 ini.

Sementara itu, sebelumnya pelatih Persib, Luis Milla, memberikan penilaian terkait penampilan Alberto Rodriguez Martin usai melakoni debut di kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Madura United.

Menurut Luis Milla, Alberto Rodriguez mampu menjawab kepercayaan yang diberikan olehnya dengan baik, selama pertandingan dia bisa menjaga lini pertahanan dan bermain bagus.

Walaupun, pada saat pertandingan memasuki menit ke-5, tim kebanggaan Bobotoh harus kebobolan oleh Madura United melalui tendangan voli dari Hugo Gomes (Jaja).

"Sedangkan bagi Alberto, menurut saya menilai dia bermain dengan sangat bagus," ujar Luis Milla.

Baca Juga

Alberto Rodriguez Martin baru bergabung dengan skuad Maung Bandung, Kamis malam (22/06/23) di Yogyakarta dan langsung mengikuti pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Meski baru bergabung sepekan lebih dengan Persib, namun Luis Milla menilai Alberto Rodriguez Martin sudah terlihat kompak, bahkan seperti sudah berada di dalam tim tiga bulan.

Baca Juga

"Dia baru bersama kami 10 hari, tetapi saya merasa dia sudah bersama tim dua sampai tiga bulan," jelas Luis Milla.

Selama berada di tim, Alberto Rodriguez Martin, bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan dan rekan-rekannya. Sehingga, saat menjalani debutnya di Liga 1 bisa menjaga lini pertahanan dengan baik.

"Dia beradaptasi dengan sangat bagus dan bisa menjadi sosok pemimpin di pertahanan. Ini menjadi kejutan bagi saya, karena bisa beradaptasi dengan cepat dan melakoni laga yang bagus," ujarnya.

"Dirinya bisa banyak membantu bagi kami dan saya senang dengannya. Tapi untuk Tyronne saya sedih atas cederanya dan berharap tidak butuh waktu lama untuk pemulihan," harapnya.

Baca Juga
Persib BandungLiga 1Daisuke SatoAlberto Rodriguez Martin

Berita Terkini