x

Demi Piala Dunia U-17, Area JIS Bakal Dibuat Jembatan Penyebrangan dan Stasiun Sementara

Selasa, 4 Juli 2023 17:59 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Herry Ibrahim
Demi ajang Piala Dunia U-17, area sekitar stadion JIS diinformasikan bakal dibangun jembatan penyebrangan dan stasiun baru. (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Demi ajang Piala Dunia U-17, area sekitar Jakarta International Stadium (JIS) diinformasikan bakal dibangun jembatan penyebrangan dan stasiun baru.

Seperti diketahui, Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal mulai digelar pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

Seolah balas dendam atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tentunya PSSI beserta pemerintah mempersiapkan dengan baik segala kebutuhan Piala Dunia U-17, termasuk yang terpenting ialah soal venue.

Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu daftar yang akan diusulkan ke FIFA untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 mendatang. Sayangnya, berbagai polemik bermunculan karena JIS dinilai belum sesuai dengan standar FIFA.

Berdasarkan hasil peninjauan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochammad Basuki Hadimoeljono, dan Ketum PSSI, Erick Thohir, hari ini di Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (04/07/23), persoalan rumput di lokasi tersebut menjadi salah satu yang harus dibenahi.

Baca Juga

Selain itu, Basuki Hadimoeljono juga menjelaskan bahwa nantinya bakal dibangun jembatan penyebrangan di area Jakarta International Stadium (JIS).

"Akses ke stadion yang ada existing sekarang hanya satu. Menurut saya, ini bahaya ya securitynya, apalagi di lingkungan penduduk," jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono pada sesi kunjungan ke JIS hari ini, Selasa (04/07/23).

Baca Juga

"Jadi akan ditambah lima akses lagi untuk  jembatan penyeberangan, karena kemarin pengalaman Jakmania, banyak yang parkir di Ancol dan kalau mau ke sini harus mutar. Jadi akan kita bangunkan jembatan supaya lebih cepat," sambungnya.

Basuki menambahkan bahwa soal akses penonton keluar di stadion JIS, menurut pihak Jakpro sudah terbilang cukup lantaran pernah dilakukan simulasi sebelumnya.

"Syaratnya adalah 15 menit, ini 82 ribu penonton. Jadi 15 menit, sesuai dengan  GBK standar FIFA dulu, itu harus kosong dengan selamat. Simulasinya menurut beliau sudah oke, nanti kita akan lihat simulasinya lagi," kata Basuki Hadimoeljono.

Baca Juga

1. Masalah Akses

Area stadion JIS bakal dibangun stasiun baru demi memudahkan akses supporter jelang Piala Dunia U-17 2023 November mendatang.

Tak henti sampai situ, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono juga mengatakan bahwa nantinya area JIS bakal dibangun stasiun baru demi memudahkan akses supporter jelang Piala Dunia U-17 2023 November mendatang.

"Stasiun sementara Jakarta International Stadium (JIS) lagi dibangun sama dirutnya," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono, Selasa (04/07/23).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, yang juga turut hadir dalam agenda kunjungan lapangan Jakarta International Stadium (JIS) hari ini, Selasa (04/07/23), membocorkan soal progress terbaru dari pembangunan stasiun sementara.

"Untuk stasiun sementara, saat ini progresnya sudah selesai pembangunan peron di sisi Utara. Yang akan dilanjutkan adalah pembangunan JPO," jelas Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, kepada awak media hari ini, Selasa (04/07/23).

Syafrin Liputo juga menambahkan bahwa sudah ada bantuan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono, bahwa untuk pemasangan tutup beton tiang penyangga (Pile Cap) Tol Harbour Road II akan dipercepat.

Baca Juga

"Sehingga tidak lagi selesai di akhir Oktober dan akan dipercepat jadi kami bisa langsung masuk untuk pembangunan JPO. Untuk connecting ke sisi selatan dan kemudian masuk dari pintu timur penumpangnya ke area JIS," tambah Syafrin Liputo.

Disamping itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono juga sedikit membocorkan bahwa untuk merombak rumput JIS membutuhkan dana senilai Rp 6 Miliar.

Baca Juga

"Belum saya hitung (total keseluruhan dana perombakan JIS), yang saya tahu baru rumput tadi saya tanya pak Kamal sekitar 6 miliar. Nanti kalau jembatan kita harus hitung dulu," jelas Basuki.

"Semua keroyokan, ada yang dikerjkan pak Gubernur DKI, ada yang dikerjakan PUPR, ada yang dikerjakan KAI, Jasamarga. Kalau nanti diperiksa FIFA, bisa insyaAllah memenuhi syarat untuk bisa dipakai. Sayang kalau stadion sudah begini tapi enggak memenuhi syarat. Sangat disayangkan," imbuhnya.

"Target tiga bulan rampung dibereskan untuk Jakarta International Stadium (JIS)," sambung Ketum PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Baca Juga
FIFAPiala Dunia U-17Jakarta International Stadium (JIS)Stadion JISTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini