x

Timnas Indonesia Debut di Piala Dunia U-17 2023, Ikut Jejak Afrika Selatan dan Oman

Selasa, 4 Juli 2023 17:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang. Foto: Herry Ibrahim.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang.

Ya, ini adalah kali pertama Indonesia tampil di Piala Dunia level U-17. Mereka dipastikan masuk pot 1 drawing dan akan berada di Grup A.

Jelang perhelatan FIFA dua tahunan ini, sektor sepak bola Tanah Air pun tidak berhenti berbenah. Dari pemain, pelatih, stadion, dan yang lainnya, harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Tentu saja, tidak cuma PSSI maupun penggiat sepak bola yang bakal senang apabila event ini berjalan lancar di negeri sendiri, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi, dengan status debutan sekaligus tuan rumah, Indonesia pasti akan mendapat sorotan tajam dari publik internasional.

Baca Juga

Menjadi debutan tunggal di Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 pun megikuti jejak Afrika Selatan dan Oman.

Dua kontestan tersebut menjadi anomali tersendiri sepanjang sejarah Piala Dunia U-17, karena status mereka sebagai tim yang debut secara solo alias sendirian.

Baca Juga

Afrika Selatan, tecatat sebagai debutan tunggal di Piala Dunia U-17 2015 yang digelar di Chile. Mereka berada di Grup E bersama Rusia, Kosta Rika, dan Korea Utara.

Namun sayang, Afrika Selatan gagal lolos dari fase grup. Bahkan, kontestan dari zona CAF ini finis di peringkat terbawah klasemen dengan 1 poin.

Ya, hanya satu hasil imbang dan dua kekalahan yang bisa diraih Thendo Mukumela dkk sepanjang partisipasi mereka di turnamen. 

Baca Juga

1. Indonesia Juga Ikuti Jejak Oman

Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang. Foto: Herry Ibrahim.

Beranjak ke debutan tunggal lainnya yakni Oman, yang pertama kali menginjakkan kaki di Piala Dunia U-17 1995.

Hampir tiga dekade lalu, Oman mencatat sejarah di Piala Dunia U-17 yang pada waktu itu digelar di Ekuador.

Sebagai debutan, Timnas Oman ternyata meraih hasil yang tidak terlalu buruk. Mereka finis kedua di klasemen grup dengan 7 poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Impresifnya, raihan 7 poin tersebut sama banyak dengan Timnas Brasil, yang berhasil meraih tempat teratas di klasemen.

Langsung ke perempat final, Oman dihadapkan dengan Nigeria, tim yang kemudian menjelma sebagai kontestan tersukses di Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Menghadapi Nigeria, Oman memetik kemenangan 2-1 berkat sumbangsih gol Mohammed Al-Kathiri dan Hani Al-Dhabit.

Dengan kesuksesan tersebut, Oman berhasil menggondol tiket ke semifinal - sebuah raihan impresif bagi tim debutan seperti mereka.

Baca Juga

Di semifinal, Oman pun berjumpa Ghana. Namun sayang, kali ini langkah mereka harus terhenti usai takluk dengan skor 1-3.

Lagi-lagi, Mohammed Al-Kathiri menjadi pencetak skor bagi Oman. Pemain yang satu ini memang tampil luar biasa sepanjang gelaran Piala Dunia U-17 1985 berlangsung.

Meski akhirnya Oman tersingkir dari kompetisi, Mohammed Al-Kathiri berhasil membawa pulang predikat top skor dengan 5 gol.

Baca Juga

2. Indonesia Siap Beraksi di Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 menjadi debutan tunggal sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang bakal digelar mulai bulan November mendatang. Foto: Herry Ibrahim.

Selain Afrika Selatan dan Oman, setelah itu belum ada tim lain yang debut secara solo, sampai muncul Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia sendiri bukan satu-satunya negara dari Benua Kuning yang pertama kali berpartisipasi di ajang ini.

Jika menarik sedikit ke belakang, ada India yang debut di Piala Dunia U-17 2017. Saat itu mereka jadi pendatang baru bersama Niger dan Kaledonia Baru.

Kemudian tidak ketinggalan beberapa kontestan Asia lainnya ke belakang seperti Irak, Jepang, Iran, Uzbekistan, Korea Selatan, dan yang lainnya.

Sebagai debutan di Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 memakai jasa Bima Sakti sebagai pelatih.

Setelah penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih untuk Piala Dunia U-17 2017, beragam respons pun muncul dari penikmat sepak bola Indonesia.

Meski begitu, Bima Sakti mengaku akan fokus saja dengan tugas yang ia emban, terlepas apa pun kata orang tentang dirinya.

“Saya tetap fokus dengan penunjukan saya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17,” kata Bima Sakti kepada pewarta beberapa waktu lalu.

“Bagi saya penolakan itu wajar karena mereka mau Timnas Indonesia ini bagus. Itulah pelampiasan mereka sampaikan kritik,” tambahnya lagi.

Jadwal Piala Dunia U-17 2023 akan dimulai pada 10 November s.d. 2 Desember tahun ini. Timnas Brasil adalah juara bertahan dari edisi lalu (2019).

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17Indepth

Berita Terkini