x

Statistik Serba Pertama Persib vs Madura United di Liga 1 2023/24

Selasa, 4 Juli 2023 10:23 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Persib Bandung menghadapi Madura United pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (2/7/23).

INDOSPORT.COM - Pertandingan perdana Liga 1 Indonesia 2023-2024 antara Persib Bandung vs Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (2/7/23), menghasilkan fakta menarik.

Pada pertandingan yang dihadiri ribuan Bobotoh tersebut, beberapa pemain dan staf pelatih kedua kubu mencatatkan diri sebagai yang pertama dalam berbagai momen.

Persib pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2023-2024, gagal mengamankan poin penuh di kandangnya, setelah ditahan imbang oleh Madura United dengan skor 1-1.

Padahal sebelumnya, pelatih Persib, Luis Milla, menegaskan kemenangan menjadi target yang ingin diraih pada laga perdana Liga 1 musim 2023-2024. Karena, hasil maksimal bisa menjadi modal untuk laga selanjutnya.

Luis Milla sendiri mengakui, pertandingan perdana Liga 1 tidak mudah untuk pasukannya, begitu pula bagi tim lawan. Pasalnya, mereka baru pertama kali bertanding lagi di kompetisi resmi.

Selain itu, pada kompetisi Liga 1 2023-2024, beberapa pemain menjalani debutnya terutama legiun asing yang baru didatangkan pada musim ini.

Baca Juga

Terlepas dari itu, INDOSPORT merangkum beberapa orang yang mencatatkan namanya sebagai yang pertama di pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2023-2024 dalam berbagai momen.

Beberapa momen yang serba pertama pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, antara Persib Bandung vs Madura United tersebut di antaranya gol, kartu kuning, hingga penalti pertama.

Gol Pertama

Hugo Gomes berhasil mencetak gol perdananya di kompetisi Liga 1 2023-2024, saat pertandingan menghadapi Persib Bandung baru berjalan lima menit.

Baca Juga

Pemain yang menggunakan nomor punggung 8 ini, berhasil memanfaatkan umpan dari Novan Setya Sasongko dari sektor sebelah kanan pertahanan skuad Maung Bandung.

Gol pemain yang akrab disapa Jaja tersebut, membuat Madura United unggul 0-1 sekaligus mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama pada laga tersebut.

Selain itu, Jaja juga menjadi pemain pertama yang dapat mencetak gol ke gawang Persib Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Baca Juga

1. Kartu Kuning Pertama

Selebrasi gol David da Silva ke gawang Madura United pada laga pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (2/7/23).

Novan Setya Sasongko melakukan pelanggaran terhadap Beckham Putra Nugraha, pemain yang menggunakan nomor 28 ini melakukan dorongan terhadap gelandang Persib tersebut.

Padahal, saat itu Beckham masih berada tak jauh dari kotak penalti Persib dan jauh dari pertahanan Laskar Sape Kerrab. Pelanggaran tersebut, membuat Novan harus mendapatkan kartu kuning dari wasit Gedion Dapaherang.

Bola tendangan bebas dari pelanggaran Novan ini, ditendang oleh penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam. Karena, jarak dari kotak penalti skuad Maung Bandung tidak terlalu jauh.

Baca Juga

Pemain Asing Pertama yang Diganti

Tyronne del Pino, masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, menghadapi Madura United.

Pada pertandingan tersebut, gelandang asal Spanyol ini masuk di babak kedua, tepatnya di menit 46 menggantikan Beckham Putra Nugraha. Meski demikian, Tyronne del Pino tidak lama berada di lapangan.

Baca Juga

Pasalnya, baru tampil sekitar 25 menit atau memasuki menit 71, pemain yang menggunakan nomor punggung 10 ini terpaksa ditarik keluar oleh Luis Milla. Karena, mengalami cedera.

Tyronne del Pino sebelumnya terlihat terpincang-pincang saat mengejar bola, sehingga dia tidak dapat menyelesaikan debutnya hingga berakhirnya laga dan harus digantikan oleh Ezra Walian.


2. Penalti Pertama

Pemain Madura United, Luiz Marcelo Morais dos Reis alias (Lulinha) mendapat teguran dari wasit pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (2/7/23).

Wasit Gedion yang memimpin pertandingan, memberikan penalti bagi Persib Bandung setelah gelandang muda Robi Darwis dilanggar oleh Andik Rendika Rama.

David da Silva yang menjadi eksekutor, berhasil menjalankan tugas dengan baik, bola sepakannya tidak dapat diantisipasi kiper Madura United Satria Tama di menit ke-79.

Gol pemain asal Brasil ini, membuat tim kebanggaan Bobotoh terhindar dari kekalahan, lantaran skor 1-1 tetap bertahan hingga pertandingan pekan pertama kompetisi Liga 1 2023-2024 berakhir.

Selain itu, gol tersebut membuat David da Silva menjadi satu-satunya pemain Persib Bandung yang dapat mencetak gol di pertandingan perdana Liga 1 musim 2022-2024.

Sebagai informasi, David da Silva merupakan mesin gol bagi tim Persib. Pasalnya, Pasalnya, pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2024, dia berhasil menyumbang 24 gol dari 33 laga.

Meski gagal meraih sepatu emas pada kompetisi Liga 1 2022-2023, pemain asal Brasil ini bisa mencatatkan sejarah dengan memecahkan rekor. 

Dia mampu melampaui koleksi 21 gol dalam semusim yang sebelumnya ditorehkan oleh Sutiono Lamso dan Sergio van Dijk bareng Persib Bandung.

Staf Pelatih Pertama yang Mendapat Kartu Kuning

Asisten pelatih Persib Bandung, Manuel Perez-Cascallana, menjadi staf pelatih pertama yang menerima kartu kuning pada pertandingan perdana Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung.

Pada pertandingan tersebut, Manu sapaan akrabnya mendapatkan kartu kuning di masa injury time atau saat menit 90+4, karena dianggap mengganggu jalannya pertandingan.

Persib BandungMadura United FCLiga 1David da SilvaBola IndonesiaOne FootballHasil Liga 1

Berita Terkini