x

Liciknya Inter Milan Bikin Man United Masuk Jebakan Tikus untuk Transfer Andre Onana

Rabu, 5 Juli 2023 16:50 WIB
Editor: Juni Adi
Andre Onana saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan, cukup cerdik dalam 'menjual' Andre Onana di bursa transfer musim panas ini sehingga bikin klub yang berminat rela bayar tinggi, padahal ia memboyongnya secara gratis.

Saga transfer Andre Onana pada musim panas 2023 ini masih berlangsung panas. Manchester United yang sangat tertarik memboyongnya dikabarkan sudah melayangkan tawaran resmi ke Inter Milan.

Melansir kabar dari Sports Italia, Setan Merah membuat penawaran resmi pertamanya untuk membawa pergi Andre Onana dari Giuseppe Meazza sebesar 40 juta euro plus bonus 5 juta euro. 

Tetapi proposal penawaran dari Manchester United itu langsung ditolak kubu Inter Milan, karena nilainya tidak sesuai yang dipatok Nerazzurri. Sedari awal Onana dihargai 60 juta euro.

Hingga saat ini Manchester United belum bersikap lagi atas penolakan tersebut, entah menaikan nilai tawaran atau menudur perlahan. Tetapi yang pasti pemain asal Kamerun ini membuka peluang untuk pindah dari Inter Milan.

Baca Juga

Ia menyadari ada opsi yang cukup menarik di klub lain untuk mengembangkan level permainan dan mencari tantangan baru musim depan.

Alotnya saga transfer Andre Onana memang tidak lepas dari kecerdikan Inter Milan dalam menjaga nilai tinggi sang pemain.

Baca Juga

Sampai Manchester United yang sudah mulai membatasi pengeluaran untuk belanja pemain, dipaksa Inter Milan untuk kembali boros dengan enggan menurunkan harga yang dipatok mereka.

Tak hanya dalam dari segi kondisi finansial Inter Milan bisa menekan Manchester United yang tajir, faktor kondisi tim juga berpengaruh.

Inter Milan memanfaatkan situasi tim di Manchester United yang kekurangan pemain di sektor penjaga gawang. Hal itu karena mereka baru saja kehilangan David De Gea.

Kiper asal Spanyol itu saat ini berstatus tanpa klub lantaran kontraknya tak ada pembaruan dari Manchester United yang berakhir pada 30 Juni 2023 lalu.

Baca Juga

1. Inter Milan Bikin Manchester United Terpojok

Aksi kiper Manchester United, David de Gea, dalam pertandingan Liga Inggris kontra West Ham.

Manchester United pun disibukkan dengan pencarian kiper baru untuk menambah kedalaman skuad musim depan. Andre Onana masuk dalam radar pengganti De Gea.

Alasan Setan Merah ngotot ingin mendatangkan Andre Onana karena sang kiper memiliki atribut yang cocok dengan kriteria penjaga gawang idaman Erik ten Hag.

Selain itu, Erik ten Hag juga sudah mengenal betul kualitas Onana karena keduanya pernah bekerjasama saat masih memperkuat Ajax Amsterdam.

Salah satu keahlian Andre Onana yaitu bisa berperan sebagai "Playmaker Kiper". Di areanya sendiri, ia sering ikut bermain bersama pemain belakang.

Kehebatan Onana dalam mengandalkan kakinya terlihat dari 93,8 persen akurasi operannya dari 28,8 percobaan operan di areanya sendiri sepanjang musim 2022/23 lalu bagi Inter Milan.

Baca Juga

Dengan statistik itu, tak heran Manchester United sangat kesemsem dengan Onana, karena mereka sangat membutuhkan kiper dengan kemampuan tersebut.

De Gea yang jadi andalan tak mampu melakukannya, bahkan lebih sering blunder dengan pola permainan tersebut. Mereka sudah tertinggal dari para rival, Manchester City dan Liverpool yang sudah menggunakan kiper era modern.

Baca Juga

Saking berada di atas anginnya, Inter Milan, bikin Manchester United terpojok sampai memberikan deadline untuk melayangkan tawaran resmi keduanya.

Menurut Sempre Inter, tawaran kedua Manchester United untuk Andre Onana tidak boleh lebih dari 20 Juli, atau Inter bisa melepas sang kiper ke klub lain.

Tentu saja, deadline yang diberikan Inter Milan tersebut membuat Manchester United kalang kabut. Pasalnya, klub tidak memiliki dana besar untuk belanja pemain.

Dipahami. Manchester United hanya memiliki anggaran belanja pemain sebesar 120 juta pounds atau sekitar Rp2,2 triliun pada bursa transfer musim panas ini.

Padahal, separuh dana tersebut, yakni 60 juta pounds sudah dipakai untuk mendatangkan Mason Mount dari Chelsea. Jika menuruti permintaan Inter, Man United bisa terkena sanksi Financial Fair Play.

Baca Juga

2. Diboyong Secara Gratis

Andre Onana saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

Meski Andre Onana adalah kiper penting bagi Inter Milan, tetapi mereka tetap bersedia melepasnya jika ada tawaran yang cocok. Sikap Nerazzurri itu memang berbeda dari klub lain yang biasanya menahan kiper andalan dari incaran klub lain.

Tidak pusingnya Inter Milan menahan-nahan Andre Onana untuk pergi jika tawaran mahal, tidak lepas dari awal kedatangannya yang diboyong secara gratis.

Inter Milan memboyong Andre Onana dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2022 lalu secara gratis, setelah kontraknya berakhir dan tak diperpanjang.

Padahal saat itu banyak klub top Eropa yang ikut berburu seperti Arsenal, Manchester United, Olimpique Marseille hingga Lyon. Namu Inter Milan yang keluar sebagai pemenangnya.

Di awal kedatangannya, Onana tidak serta merta bisa merebut status pemain reguler. Perlahan tapi pasti, ia bisa menggeser Samir Handanovic dari kiper utama pilihan Simone Inzaghi.

Secara khusus, di ajang Liga Champions, Onana punya andil besar membawa Inter melaju hingga babak semifinal.

Onana tak pernah absen dari 11 laga yang telah dimainkan Inter di Liga Champions, mulai fase grup hingga leg pertama babak semifinal. Dari 11 laga tersebut, Onana hanya kebobolan pada empat laga.

Onana mencatat tujuh laga nirbobol. Onana hanya kebobolan saat Inter berjumpa Bayern Munchen (2 laga), Barcelona, dan Benfica.

Peran staf pelatih Inter Milan terutama pelatih kiper juga sangat penting dalam mengembangkan kualitas Andre Onana yang akhirnya diminati banyak klub dan mempunyai nilai jual tinggi.

Inter MilanLiga ItaliaAndre Onana

Berita Terkini