x

Shin Tae-yong Tangani Timnas U-23 di Piala AFF, Kualifikasi Piala Asia dan Timnas Senior

Rabu, 5 Juli 2023 19:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan Shin Tae-yong akan menangani Timnas Indonesia U-23 dan senior di beberapa kejuaraan dalam waktu dekat. Itu dikatakannya di Menara Danareksa, Rabu (05/07/23). 

Menurut Erick Thohir, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas U-23 di Piala AFF (Agustus 2023) dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (September 2023). Lalu untuk tim senior di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023. 

Hal ini berbeda dengan apa yang disampaikan Erick Thohir beberapa waktu lalu, dimana dia menyebut Timnas U-23 dilatih oleh Indra Sjafri dan Shin Tae-yong fokus ke tim senior. 

"AFF yang laki, tadi kan sudah saya sampaikan, bahwa yang AFF U-23, AFC U-23, tim senior itu di bawah Shin Tae-yong," ujarnya. 

Dikonfirmasi soal perubahan tersebut, salah satu anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga membenarkan. Dia menyebut, Shin Tae-yong akan bertanggung jawab sesuai kontraknya. 

Baca Juga

Nantinya, Indra Sjafri akan fokus ke Timnas U-20 yang kemungkinan besar dikirim ke Asian Games 2022 pada pada 23 September-8 Oktober 2023 mendatang. 

"Kontrak shin tae-yong itu dalam kontraknya, Pak Ketum juga menjelaskan kemarin sama kita semuanya, kontraknya adalah memegang U-23 dan senior," jelas Arya. 

Baca Juga

"Maka yang berhubungan dengan U-23 dipegang oleh Shin Tae-yong termasuk timnas senior. Jadi AFC kemudian AFF U-23 itu dipegang Shin Tae-yong termasuk timnas senior," imbuhnya. 

"Kemudian Pak Indra Sjafri itu memegang U-20, termasuk di dalamnya adalah Asian Games," tambah Arya. 

Dijelaskan Arya Sinulingga, Erick Thohir sudah memberikan arahan ke para Exco PSSI dan telah disepakati untuk mengikuti kontrak dan penguatan-penguatan dari masing-masing pelatih ini. 

Baca Juga

1. Indra Sjafri Pimpin Timnas Indonesia di Asian Games 2022

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memberikan keterangan kepada media jelang SEA Games 2023, Senin (24/04/23). .

Erick Thohir juga menyampaikan Indra Sjafri akan memimpin di Asian Games 2022 di China pada September nanti.

"Kalau Asian Games kita sepakat Indra Sjafri akan pegang dan kita prioritaskan pemain muda supaya apa? kembali kita ada jenjang kualitas pemain supaya mereka punya confidence," jelasnya. 

Sementara itu, menyoal target Timnas U-23 pada beberapa kejuaraan yang akan datang, Erick Thohir menjelaskan tidak ada target spesifik.

Baca Juga

Skuad Garuda Muda disiapkan untuk masuk ke tim senior, jadi hanya butuh jam terbang sebanyak mungkin. 

"Tinggal target, ya sama seperti Asian Games, kita tidak menargetkan apa-apa. 

Baca Juga

Kita ingin tim muda kita untuk dipersiapkan sebagai jenjang persiapan tim seniornya, ingat, AFC U-23.(kualifikasi) di Solo bulan September itu kalau kita lolos, kita akan main di AFC Asia di Doha bulan Mei kalau gak salah," tutur Erick Thohir. 

Jika berprestasi lolos dan berprestasi di Piala Asia U-23 2024, Timnas U-23 disiapkan untuk ke Olimpiade 2024. 
 
"Kalau kita juga masuk peringkat tertentu, kita main kemana? Olimpiade, Alhamdulillah kan nyoba. Artinya apa? Ketika Asian Games dan AFF ini, ya boleh dong kita pake persiapan untuk mimpi yang lebih besar," tuntas Ketum PSSI. 

Baca Juga
PSSIErick ThohirTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini