x

Dibuka Indra Sjafri, Garuda International Cup 3 Meriahkan Momen Piala Dunia U-17

Kamis, 6 Juli 2023 12:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Dirtek PSSI, Indra Sjafri, membuka turnamen Garuda International Cup (GIC) 3 di ATG Sentul, Kamis (6/7/23).

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri resmi membuka ajang Garuda International Cup 3 di ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Kamis (6/7/23). Turnamen ini memeriahkan momen Piala Dunia U-17 2023, di mana Indonesia berstatus tuan rumah.

Turnamen GIC 3 yang mengusung tema “The Season is Coming! Let’s Have Fun”  digelar di ATG pada Kamis (6/7/23) hingga Minggu (9/7/23). Ada pun turnamen terbagi dua kelompok usia, yaitu U-12 dan U-17. 

Persaingan pada turnamen GIC 3 ini semakin sengit karena diikuti 32 kontestan dari tujuh negara, antara lain Indonesia, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. 

Indra Sjafri menilai hajatan ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baai dari segi jumlah peserta maupun asal negara.

"Pertama kesan kami bahwa event ini semakin ke sini semakin diminati. Parameternya kalau tahun lalu 24 tim sekarang ada 32 tim. Kalau tahun lalu ada lima negara sekarang ada tujuh negara. Artinya penyelenggaraan semakin baik," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri pun berharap dari turnamen ini tak hanya memajukan sepak bola Indonesia semata. Melainkan turut memajukan ekonomi UMKM setempat.

Baca Juga

"Kami harap seperti Gothia Cup yang diikuti banyak negara karena tidak hanya dapat manfaat dari sisi teknis sepak bola tetapi juga jadi momen untuk kegiatan ekonomi UMKM," ujar Indra.

Selain itu, Indra menambahkan perhelatan ini juga memberikan warna atau memeriahkan Piala Dunia U-17 2023 yang bakal berlangsung di Indonesia.

"Sungguh momen bagus juga karena bertepatan menjelang Piala Dunia U-17. Banyak negara tuan rumah yang setelah menggelar turnamen FIFA kemampuan mereka meningkat pesat," jelasnya.

Baca Juga

Indra Sjafri sekaligus memastikan bahwa PSSI akan memantau pemain-pemain yang bersinar di GIC 3. Tidak tertutup kemungkinan mereka bisa dipanggil memperkuat timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

"Ada tiga syarat bela timnas Indonesia. Pertama, warga negara yang dibuktikan dokumen negara. Harus pindah asosiasi kalau pernah membela timnas senior negara lain. Jangan ada dusta di antara kita," cetusnya. 

"Silakan perlihatkan kemampuan terbaik kalian. Nanti akan ada tim dari PSSI yang akan memantau kalian untuk menjadi bagian dari timnas U-17," tukas Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Diramaikan 7 Negara

Turnamen Garuda International Cup 3 kembali digelar di Juli 2023.

Sementara itu, Project Director GIC 3, Wahyu Budiarto, mengatakan turnamen kali ini dipastikan bakal berlangsung lebih seru, menarik, serta berkualitas karena diikuti tujuh negara dan digelar menjelang Piala Dunia U-17 2023. 

“Pastinya GIC mengalami peningkatan dari segi kualitas pertandingan, kuantitas negara peserta, dan atmosfer turnamen karena berdekatan dengan Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia,” ucap Wahyu Budiarto. 

“Jadi kami juga ingin khususnya dari kategori U-17 dapat melahirkan banyak pemain-pemain terbaik untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 nanti,” tambahnya. 

Turnamen GIC 3 terasa lebih spesial dari gelaran tahun-tahun sebelumnya karena kejuaraan tahun ini diikuti tim-tim terbaik dari beberapa kota besar di Indonesia dan tujuh negara. 

Untuk itu, Wahyu berterima kasih kepada para sponsor yaitu Transtama Logistics, Sompo Insurance, AQUA, Specs, RS EMC, City Trans Utama, Joyday, dan ASIOP Training Ground (ATG) Sentul yang sudah mendukung terlaksananya turnamen sepak bola usia muda ini. 

Daftar Peserta Garuda International Cup 3

KATEGORI U-12

Grup A
JDT (Malaysia), ASIOP Merah, Woodlands Warriors (Singapura), DY FC Batam

Grup B
Farmel FC, Brazilian FA, ASIOP Biru, Best FC (Malaysia)

Grup C
A.T Putra Jaya, CS Private, Apueso Bueno FC (Filipina), Next Bali Generation

Grup D
Nahusam FA, NFDP (Malaysia), Hijau Kuning (Malaysia), Shonan Bellmare (Jepang)

KATEGORI U-17

Grup A
Heijnes F.S, Melaka Sport School (Malaysia), Safin Pati, FC Katipunan (Filipina)

Grup B
Central Visayas (Filipina), ASIOP Biru, Woodlands Warriors (Singapura), Fatto Zapello FC

Grup C
ASIOP Merah, Bangkok FC Academy (Thailand), Fajar Selatan (Malaysia), Apuesto Bueno FC A (Filipina)

Grup D
Bintang Gombak (Malaysia), Ricky Nelson Academy, Apueston Bueno B (Filipina), Diklat Merden

PSSIIndra SjafriPiala Dunia U-17Liga IndonesiaASIOP ApacintiBola IndonesiaGaruda International CupTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini