x

Bedah Formasi Liverpool bersama Levi Colwill, Gusur Virgil van Dijk atau Ibrahima Konate?

Kamis, 6 Juli 2023 17:39 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Menumpuk gelandang baru bukan satu-satunya prioritas Liverpool di bursa transfer musim panas kali ini. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Menumpuk gelandang baru bukan satu-satunya prioritas Liverpool di bursa transfer musim panas kali ini.

Dengan rencana membeli Levi Colwill, The Reds juga ingin melihat ada perbaikan signifikan pada lini pertahanan mereka.

Dilaporkan Goal, Liverpool dan sejumlah klub Liga Inggris lain bersaing untuk mendapatkan pemain muda Chelsea yang berposisi sebagai bek sentral yakni Colwill.

Colwill sendiri memiliki kontrak dengan The Blues hingga 2025 mendatang namun pemain berusia 20 tahun itu tampak ingin meminta kejelasan terkait posisinya di Stamford Bridge.

Chelsea sendiri memiliki banyak opsi pilihan di lini belakang dan Colwill tidak ingin menjadi pemain cadangan sehingga membuka opsi untuk pergi.

Baca Juga

Meski Cesar Azpilicueta dan Kalidou Koulibaly sudah dipastikan akan pergi dari Stamford Bridge, Levi Colwill masih dinilai belum cukup siap untuk menjadi starter reguler.

Beruntung baginya karena Liverpool siap menawarkan pelabuhan baru di Anfield dan menunjukkan keseriusan mereka dengan mengirim dua tawaran resmi.

Baca Juga

Sayangnya valuasi dari kedua proposal tersebut tidak memuaskan Chelsea sehingga sampai detik ini belum ada lampu hijau bagi Liverpool untuk mendapatkan Colwill.

Sebagai klub peminjamnya musim lalu, Brighton & Hove Albion juga ingin bisa mempermanenkan status sang wonderkid dan dengan laju The Seaguls saat ini akan sulit menolak mereka.

Jika sampai diperebutkan oleh klub-klub besar, maka Levi Colwill jelas bukan pemain sembarangan. Andai Liverpool bisa mendapatkannya maka mereka layak bersorak layaknya memenangkan jackpot.

Baca Juga

1. Penyegaran Lini Belakang?

Virgil van Dijk. (Foto: REUTERS/Susana Vera)

Liverpool mengincar Levi Colwill dengan satu tujuan pasti yakni meremajakan opsi bek tengah mereka.

Joel Matip, Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Ibrahima Konate yang jadi pilihan teratas bagi manajer Jurgen Klopp musim lalu memang belum ada yang melewati usia 32 tahun namun tetap saja pembaharuan diperlukan.

Van Dijk sebagai pentolan pertahanan dianggap mengalami penurunan performa yang cukup signifikan sehingga barisan belakang Liverpool tidak lagi sedominan dua atau tiga musim lalu.

Di Liga Inggris 2022/2023, 47 gol bersarang di gawang Alisson Bekcer dan membuat Merseyside Merah sebagai tim dengan rekor kebobolan terburuk dari tim lima besar.

Statistik ini tentunya tidak bisa dibebankan pada para bek saja karena kesalahan kolektif juga berpengaruh namun secara garis besar menunjukkan jika ada problem soal menjaga keperawanan gawang.

Baca Juga

Maka dari itu kedatangan Levi Colwill diperlukan. Tidak hanya bisa menjadi opsi baru, namun pemuda kelahiran Southampton tersebut pun punya guna lain.

Salah satunya adalah memenuhi kuota homegrown yang jadi salah satu persyaratan wajib untuk bisa berlaga di Liga Inggris.

Baca Juga

Aturan homegrown membuat para pemain didikan akademi klub Inggris menjadi lebih mahal dari rata-rata harga pasar dan terkadang kualitas mereka tidak sesuai.

Namun Colwill menjanjikan sesuatu yang lebih. Ia sudah cukup teruji dengan masa peminjamannya ke Brighton & Hove Albion.

Meski mungkin tidak bisa langsung menjadi starter dari pekan ke pekan namun kaki dominan kirinya saja sudah menjadi sebuah keunggulan karena tidak ada bek tengah Liverpool lain yang kidal.

Baca Juga

2. Tipe Bek Tengah Modern

Pemain Chelsea yang tengah dipinjamkan ke Brighton, Levi Colwill. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Dewasa ini para defender yang bisa memimpin permulaan serangan adalah idaman semua manajer dan klub.

Tidak hanya mampu mendominasi dalam duel perebutan bola, namun pemain belakang kini juga dituntut untuk bisa membaca pertandingan, tekhnik tinggi, serta visi mumpuni.

Levi Colwill memenuhi semua syarat itu. Bersama Brighton & Hove Albion musim lalu ia menunjukkan dapat menjadi ball playing defender yang oke.

Ia memiliki akurasi umpan sebesar 88,4% yang mana menembus 98,30 persentil.

Per 90 menit Colwill juga bisa mengirimkan 5,29 umpan progressive yang semakin membuktikan jika ia memang handal dalam mengalirkan bola.

Tugasnya dalam bertahan tetap tidak ia lupakan dengan mampu mengemas 3,4 kemenangan duel udara dalam satuan yang sama.

Grafik dari DataMB di bawah ini menunjukkan bagaimana Colwill jika dibandingkan dengan rata-rata bek liga top Eropa musim lalu dan ia hampir unggul jauh di semua kategori.

Statistik Levi Colwill dibandingkan rata-rata bek liga top Eropa.

Liverpool jelas butuh untuk mendatangkan Colwill secepatanya apabila tidak ingin keduluan para rival lain di bursa transfer.

Saat ini Transfermarkt menganggap jika Levi Colwill pantas ditebus seharga 30 juta Euro yang mana terhitung murah untuk pemain dengan potensi sebesar dirinya.

Tinggal bagaimana Liverpool pandai-pandai melobi Chelsea untuk melepas salah satu prospek terbaik mereka sebelum penutupan bursa transfer pada September 2023 mendatang.

Bursa TransferLiverpoolChelseaLiga InggrisIndepthLevi Colwill

Berita Terkini