x

Jadi Korban Rasisme, Striker Real Madrid Vinicius Jr Dipanggil ke Pengadilan

Kamis, 6 Juli 2023 15:30 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Vinicius Junior, striker klub Liga Spanyol (LaLiga), Real Madrid, akan segera dipanggil untuk bersaksi di pengadilan terakit kasus rasisme yang dialaminya.(Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Vinicius Junior, striker klub Liga Spanyol (LaLiga), Real Madrid, akan segera dipanggil untuk bersaksi di pengadilan terkait kasus rasisme yang dialaminya.

Musim lalu, Liga Spanyol diguncang skandal rasisme yang dialami oleh striker Real Madrid, Vinicius Junior.

Tindakan rasisme yang dialami Vinicius Junior terjadi pada saat laga Real Madrid vs Valencia pada pekan ke-35, Senin (22/05/23) dini hari WIB.

Pertandingan yang digelar di Stadion Mestalla tersebut berakhir tragis untuk Los Blancos. Mereka takluk atas tuan rumah dengan skor tipis, 0-1.

Gol tunggal Valencia ke Real Madrid dicetak oleh Diego Lopez (33'). Namun, yang menyita perhatian pada laga itu adalah kartu merah yang diterima Vinicius Junior pada menit 90+7'.

Baca Juga

Kala itu, pertandingan memang berlangsung panas, apalagi menjelang akhir babak kedua. Vinicius Junior pun tertangkap kamera mendorong wajah kiper Valencia, Mamardashvili.

Penyerang asal Brasil tersebut memang sudah tersulut emosi karena menjadi sasaran nyanyian rasis oleh fans Valencia.

Baca Juga

Laga bahkan sempat dihentikan selama 10 menit ketika Vinicius Junior memberi tahu kepada wasit, ada pendukung tuan rumah yang melakukan tindakan rasisme.

Setelah laga usai, Vinicius Junior pun buka suara kepada awak media. Ia dengan tegas menyebut kalau Liga Spanyol yang pernah diikuti Ronaldinho, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo tersebut sebagai kompetisi paling rasis.

Kini, kasus rasisme yang dialami Vinicius Junior memasuki babak baru. Ia kini siap bersaksi di pengadilan yang akan digelar pada 28 September mendatang.

Baca Juga

1. Siap Jadi Saksi

Penyerang Real Madrid, Vinicius Jr, saat menguasai bola di laga Real Madrid vs Villarreal di Liga Spanyol.

Sidang kasus rasisme dengan korban Vinicius Junior sejatinya digelar pada akhir Juni kemarin. Namun, sang pemain meminta penundaan dikarenakan dirinya tengah liburan.

Dilansir dari Marca, pihak pengadilan juga menyebut bahwa Vinicius Junior kemungkinan akan memberikan kesaksian lewat sambungan video.

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah mengidentifikasi dua pelaku tambahan dari pihak suporter Valencia yang diduga melakukan tindakan rasisme kepada Vinicius Junior.

Dengan demikian, setidaknya ada tiga tersangka aksi rasisme yang telah ditemukan dari pendukung Valencia. Sebagai sanksinya, tiga orang tersebut dilarang masuk Stadion Mestalla seumur hidup.

Dua di antara pelaku tersebut telah diselidiki atas dugaan tindak kebencian, sedangkan satu pelaku lainnya baru akan menjalani persidangan pada 11 Juli mendatang.

Baca Juga

"Saya minta maaf untuk orang Spanyol yang tidak setuju, tetapi hari ini, di Brasil, Spanyol dikenal sebagai negara rasis," ujar Vinicius Junior saat konferensi pers usai laga melawan Valencia.

"Dan sayangnya, untuk semua yang terjadi setiap minggu, saya tidak punya cara untuk membela. Saya setuju,"

Baca Juga

"Tapi saya kuat dan saya akan melawan para pelaku rasis. Bahkan jika jauh dari sini," ujarnya menambahkan.

Di media sosial Instagram, Vinicius Junior langsung banjir dukungan dari para fans serta rekan setimnya di skuat Real Madrid.

Kemudian banyak juga pemain bintang hingga legenda sepak bola yang mendukung Vinicius Junior untuk berperang terhadap rasisme di Liga Spanyol dan sepak bola. 

Baca Juga
Real MadridLiga SpanyolRasismeVinicius Junior

Berita Terkini