x

Persib Bandung Resmi Lepas Ricky Kambuaya ke Dewa United di Liga 1

Kamis, 6 Juli 2023 18:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Persib Bandung resmi melepas salah satu pemainnya, Ricky Kambuaya, ke Dewa United untuk Liga 1 musim 2023/2024. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menjelang pekan kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Arema FC, Persib Bandung resmi melepas salah satu pemainnya, Ricky Kambuaya, Kamis (06/07/23).

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini, dilepas oleh Persib ke tim peserta Liga 1 lainnya, Dewa United. Setelah, manajemen berdiskusi dengan pelatih Luis Milla.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, menuturkan pemain Timnas Indonesia tersebut sebenarnya masih terikat kontrak dengan tim kebanggaan Bobotoh.

Meski demikian, setelah berdiskusi dengan tim pelatih, manajemen Persib akhirnya memutuskan untuk melepas Ricky Kambuaya dan Dewa United sepakat untuk mentransfernya.

"Ricky Kambuaya masih terikat kontrak hingga tahun depan di Persib. Karena itu, Dewa United mendapatkan Ricky Kambuaya dengan skema transfer," kata Teddy Tjahjono, Kamis (06/07/23).

Baca Juga

Sebagai informasi, Persib mendatangkan Ricky Kambuaya untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023, dia direkrut atas rekomendasi dari Robert Rene Alberts yang saat itu menjabat sebagai pelatih skuad Maung Bandung.

Ricky Kambuaya saat itu didatangkan dari Persebaya Surabaya bersama Rachmat Irianto, dia dikontrak manajemen Persib dengan durasi selama dua tahun. 

Baca Juga

Pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Ricky Kambuaya, mendapatkan kesempatan bermain dalam 22 pertandingan dengan mengumpulkan 1.091 menit bermain.

Selain itu, pada kompetisi Liga 1 2022-2023, dia absen memperkuat tim Persib dalam beberapa laga, lantaran harus memperkuat Timnas Indonesia.

Keputusan manajemen Persib melepas Kambuaya, menjadi jawaban dari isu yang beredar beberapa hari terakhir, terkait status Ricky Kambuaya di Persib pada kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Baca Juga

1. Hanya 23 Pemain

Persib Bandung resmi melepas salah satu pemainnya, Ricky Kambuaya ke Dewa United untuk Liga 1 musim 2023/2024. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sebelumnya, Ricky Kambuaya, tidak terlihat pada dua sesi latihan tim Persib Bandung untuk persiapan pekan kedua kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Tidak adanya pemain yang menggunakan nomor punggung 55 tersebut, pada sesi latihan bersama skuad Maung Bandung, semakin menguatkan isu Ricky Kambuaya tak masuk dalam skema yang disiapkan pelatih Luis Milla untuk musim ini.

Pasalnya, sejak uji coba menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (25/06/23), nama Ricky Kambuaya tidak ada dalam daftar susunan pemain (DSP) Persib.

Selain dalam uji coba, nama Ricky Kambuaya juga tidak ada di DSP Persib pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Sementara itu, Luis Milla sebelumnya memiliki keinginan untuk mengurangi jumlah pemain di dalam timnya menjadi 22 sampai 23, ditambah dengan tiga orang dari Akademi Persib.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, jumlah pemain tersebut dirasa ideal untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. Pasalnya, dengan komposisi itu dia bisa lebih maksimal mempersiapkan pasukannya.

"Rencananya saya adalah hanya bekerja dengan 22-23 pemain, karena bagi saya itu lebih baik untuk bekerja bersama," kata Luis Milla beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini mengakui, tidak mudah baginya untuk menentukan daftar pemain yang bakal disiapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Meski demikian, menurut Luis Milla dalam sepak bola keputusan untuk mendatangkan maupun melepas pemain merupakan hal biasa, apalagi setiap pelatih pasti ingin timnya tampil maksimal dalam kompetisi.

Rencana Luis Milla yang akan menyiapkan 22 sampai 23 pemain, akan membuat beberapa orang tersingkir dari skuad Persib Bandung, seperti dilepas maupun dipinjamkan. 

Baca Juga
Bursa TransferPersib BandungLiga 1Berita Liga 1Dewa United FCRicky Kambuaya

Berita Terkini