x

5 Jebolan Timnas Indonesia yang Tengah Menganggur, Klub Liga 1 Ada yang Tertarik?

Jumat, 7 Juli 2023 13:48 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Meski Liga 1 2023-2024 telah memasuki pekan kedua, ada beberapa pemain dengan nama besar yang justru belum memiliki klub.

INDOSPORT.COM – Meski Liga 1 2023-2024 telah memasuki pekan kedua, ada beberapa pemain dengan nama besar yang justru belum memiliki klub.

Para pemain ini tak memiliki klub pasca dilepas oleh klub-klub lamanya karena kontraknya habis dan tak diperpanjang.

Padahal secara kualitas, para pemain ini bisa dikatakan punya performa yang tak buruk-buruk amat di klub-klub sebelumnya.

Hanya saja sederet faktor membuat para pemain jebolan Liga 1 ini tak memiliki klub, entah itu karena faktor dari pemain itu sendiri maupun faktor dari klub.

Karena belum memiliki klub, para pemain dengan nama besar dan berlabel mantan Timnas Indonesia ini masih bisa bergabung dengan klub kasta teratas Indonesia.

Baca Juga

Hingga bursa transfer Liga 1 ditutup pada 20 Juli 2023, para pemain yang menganggur ini pun bisa mencoba mendekati klub-klub yang mau merekrutnya.

Berikut INDOSPORT rangkum deretan pemain jebolan Timnas Indonesia dan berstatus jebolan Liga 1 yang belum memiliki klub di musim 2023-2024 ini.

Baca Juga

1. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay saat ini berstatus menganggur usai dilepas oleh Persija Jakarta jelang Liga 1 2023-2024 akibat kontraknya yang habis.

Usai dilepas oleh Persija, beredar rumor bahwa eks Persebaya Surabaya ini akan mengikuti mantan-mantan rekannya ke Bali United.

Akan tetapi rumor itu seketika menguap begitu saja. Hingga Liga 1 2023-2024 telah memasuki pekan kedua, pemain berusia 25 tahun ini belum memiliki klub.

Ada kabar bahwa faktor cedera membuat kariernya tersendat, sehingga dirinya urung mendapatkan klub baru meski punya label eks penggawa Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. 2. Irfan Bachdim

Winger Persis Solo, Irfan Bachdim saat dibayangi pemain PSIM, Achmad Baasith dalam pertandingan Liga 2 di Stadion Manahan Solo

Tak hanya Osvaldo Haay mantan penggawa Timnas Indonesia yang tengah menganggur. Masih ada nama Irfan Bachdim yang saat ini juga berstatus tanpa klub.

Mantan penggawa FC Utrecht ini harus menganggur usai Persis Solo memutuskan tak memperpanjang kontraknya pasca Liga 1 2022-2023 berakhir.

Banyak yang meyakini bahwa pemain berusia 34 tahun itu dilepas karena tak lagi masuk rencana Leonardo Medina selaku pelatih Persis Solo.

Secara performa, Irfan Bachdim cukup bertaji untuk ukuran pemain lokal dengan menyumbangkan dua gol dan tiga assist dari 20 laga di Persis Solo musim lalu.

Baca Juga

3. Andik Vermansah

Rekan Irfan Bachdim di Timnas Indonesia, Andik Vermansah, juga tengah menganggur usai dilepas oleh Bhayangkara FC pasca Liga 1 2022-2023.

Sama seperti Irfan Bachdim dan Osvaldo Haay, pemain berusia 31 tahun itu dilepas usai kontraknya tak diperpanjang oleh timnya.

Baca Juga

Di usianya yang baru 31 tahun, Andik masih memiliki performa yang mengesankan dan dianggap masih bisa bersaing bersama pemain lainnya di Liga 1 2023-2024.

Di musim lalu, mantan pemain Selangor FA ini mampu mencetak satu gol dan satu assist dari 22 penampilan bagi The Guardian.


2. 4. Zulfiandi

Zulfiandi, eks pemain Madura United

Timnas Indonesia dulu memiliki gelandang bertahan top pada diri Zulfiandi. Kini di usia puncaknya sebagai pemain, ia harus mendapati fakta berstatus tanpa klub.

Pemain berusia 27 tahun ini berstatus tanpa klub setelah Madura United melakukan perombakan untuk mengarungi Liga 1 2023-2024.

Padahal di Liga 1 2022-2023 atau musim lalu, Zulfiandi menjadi tulang punggung di lini tengah Madura United dengan memainkan 21 pertandingan.

Dengan usianya yang ada di puncak kariernya, Zulfiandi bisa menjadi pilihan bagi klub-klub Liga 1 yang membutuhkan gelandang bertahan.

5. Yanto Basna

Nama Yanto Basna sempat menjadi nama yang digadang-gadang akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia, seiring kariernya yang meroket.

Jebolan SAD Uruguay itu memiliki karier menanjak setelah membela banyak klub besar Indonesia seperti Persib Bandung dan Sriwijaya FC, kemudian berlanjut ke Thailand.

Di Thailand, Yanto Basna mampu jadi andalan klub-klub seperti Khon Kaen FC, Sukhothai FC, hingga PT Prachuap FC, sebelum kariernya anjlok akibat cedera.

Pada Liga 1 2022-2023 lalu, ia dikabarkan bergabung Bhayangkara FC. Tapi kini namanya hilang bak ditelan bumi dan tak dikaitkan dengan klub manapun.

Irfan BachdimZulfiandiAndik VermansahTimnas IndonesiaIn Depth SportsRudolof Yanto BasnaOsvaldo HaayLiga 1Indepth

Berita Terkini