x

Jangan Salah Pilih Lagi! Mandat Besut Timnas Indonesia U-23, STY Wajib Angkut 3 Pemain Ini

Jumat, 7 Juli 2023 20:26 WIB
Editor: Juni Adi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong yang bakal membesut timnas Indonesia U-23 untuk sejumlah turnamen, kali ini wajib membawa sejumlah nama baru.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan Shin Tae-yong akan menangani Timnas Indonesia U-23 dan senior di beberapa kejuaraan dalam waktu dekat. Itu dikatakannya di Menara Danareksa, Rabu (05/07/23). 

Menurut Erick Thohir, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas U-23 di Piala AFF (Agustus 2023) dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (September 2023). Lalu untuk tim senior di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023. 

Hal ini berbeda dengan apa yang disampaikan Erick Thohir beberapa waktu lalu, dimana dia menyebut Timnas U-23 dilatih oleh Indra Sjafri dan Shin Tae-yong fokus ke tim senior. 

"AFF yang laki, tadi kan sudah saya sampaikan, bahwa yang AFF U-23, AFC U-23, tim senior itu di bawah Shin Tae-yong," ujarnya. 

Baca Juga

Dikonfirmasi soal perubahan tersebut, salah satu anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga membenarkan. Dia menyebut, Shin Tae-yong akan bertanggung jawab sesuai kontraknya. 

Nantinya, Indra Sjafri akan fokus ke Timnas U-20 yang kemungkinan besar dikirim ke Asian Games 2022 pada pada 23 September-8 Oktober 2023 mendatang. 

Baca Juga

"Kontrak shin tae-yong itu dalam kontraknya, Pak Ketum juga menjelaskan kemarin sama kita semuanya, kontraknya adalah memegang U-23 dan senior," jelas Arya. 

"Maka yang berhubungan dengan U-23 dipegang oleh Shin Tae-yong termasuk timnas senior. Jadi AFC kemudian AFF U-23 itu dipegang Shin Tae-yong termasuk timnas senior," imbuhnya. 

"Kemudian Pak Indra Sjafri itu memegang U-20, termasuk di dalamnya adalah Asian Games," tambah Arya. 

Adapun sejumlah turnamen yang bakal diikuti oleh timnas Indonesia U-23 adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 mulai 4-12 September 2023.

Skuad Garuda ditempatkan di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan. Untuk bisa lolos, Shin Tae-yong wajib membawa kekuatan terbaik termasuk memberi kesempatan tiga pemain ini yang sedang tampil bersinar.

Baca Juga

1. Ramadhan Sananta

Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, memperdaya kiper Persebaya, Ernando Ari. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Nama Ramadhan Sananta menjadi sorotan publik pecinta sepak bola Tanah Air berkat penampilan impresifnya di Liga 1 bersama PSM Makassar musim lalu dengan membuat 24 penampilan dan mencetak 11 gol serta 2 assist.

Ramadhan Sananta bahkan menjadi satu-satunya striker lokal yang mampu bersaing dengan pemain-pemain asing di jajaran top scorer Liga 1 2022-2023.

Torehannya itu turut membantu PSM Makassar menjuarai Liga 1 2023. Ia mampu melanjutkan performa positifnya itu saat membela timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2023.

Di bawah asuhan Indra Sjafri, dia mencetak lima gol dan membantu Garuda Muda meraih medali emas untuk pertama kalinya, sejak terakhir kali direbut pada 1991 lalu.

Rafael Struick

Kualitas dan kemampuan Sturick sudah terlihat sejak dibawa oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia senior di dua laga FIFA Matchday Juni lalu.

Baca Juga

Pemain ADO Den Haag tersebut punya kualitas mumpuni untuk mengisi lini depan Timnas Indonesia U-23. Meski belum mencetak gol, pemain 20 tahun itu punya kontribusi yang besar.

Alfeandra Dewangga

Alfreandra Dewangga pernah menjadi bagian dari timnas Indonesia senior era Shin Tae-yong beberapa waktu lalu. Namun karena ada sedikit pemberitaan miring, membuat pria Korea Selatan mencoretnya hingga saat ini.

Baca Juga

Tidak dilirik oleh Shin Tae-yong di timnas Indonesia senior, Dewangga mendapat kesempatan membela Skuad Garuda lagi di SEA Games 2023 bersama tim U-23.

Di bawah asuhan Indra Sjafri, Dewangga tampil apik di lini tengah timnas Indonesia U-22, serta menjadi pilar penting dalam keberhasilan meraih medali emas.

Performa impresif itu bisa jadi pertimbangan Shin Tae-yong untuk bisa kembali memberikan kesempatan Dewangga memperkuat tim U-23 asuhannya.

Baca Juga
Erick ThohirTimnas Indonesia U-23Shin Tae-yong

Berita Terkini