x

Demi Kylian Mbappe Rp3 Triliunan, Liverpool Bisa Tumbalkan Trio Pemainnya

Sabtu, 8 Juli 2023 17:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kylian Mbappe sedang santer dikaitkan dengan Liverpool. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, nampaknya wajib memutar otak jika benar-benar ingin mendatangkan Kylian Mbappe di bursa transfer pemain.

Harganya yang selangit, bahkan kabarnya bisa mencapai Rp3,3 triliun, bisa membuat pusing Liverpool dan Fenway Sports Group (FSG) selaku pemilik klub.

Terlebih lagi, FSG selama ini dikenal sebagai owner yang sangat jarang menggelontorkan duit segepok demi mendatangkan buruan di bursa transfer pemain.

Pemain termahal yang didatangkan mereka saja cuma Darwin Nunez di angka 85 jutaan poundsterling. Sementara Kylian Mbappe, sangat jauh berada di kisaran 175 juta.

Untuk mendapatkan dana yang cukup, Liverpool mungkin harus melepas beberapa pemainnya atau menjadikan mereka sebagai ‘tumbal’ tukar tambah ke klub pemilik Kylian Mbappe.

Baca Juga

Sektor gelandang mungkin area yang bisa disapu Liverpool demi mendatangkan megabintang Paris Saint-Germain tersebut.

Apalagi dengan situasi saat ini, di mana Jurgen Klopp sudah ketambahan dua amunisi baru: Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Baca Juga

Keduanya bisa menjadi pesaing berat bagi gelandang-gelandang Liverpool yang ada di skuad saat ini, terlebih jika Jurgen Klopp nantinya memakai skema box midfield.

Akan tetapi, pemain pertama yang nasibnya lebih terancam dengan potensi kedatangan Kylian Mbappe adalah Thiago Alcantara, sang maestro lapangan tengah.

Seperti diketahui, pemain yang satu ini sudah lama berkutat dengan kondisi kebugaran yang kurang bagus. Ia cukup sering dilanda cedera.

Baca Juga

1. Thiago dan Fabinho dalam Bahaya?

Gelandang Liverpool, Thiago Alcantara. Foto: Reuters/David Klein.

Selain itu, dengan usia yang makin menua, Thiago mungkin akan berpikir dua kali untuk tetap bermain di kompetisi sekeras Liga Inggris.

Namun Liga Prancis mungkin berbeda. Liverpool pun bisa mengirimnya ke Paris Saint-Germain sebagai modal tambahan mendatangkan Kylian Mbappe.

Gelandang Timnas Spanyol itu bisa berbagi ilmu dan pengalamannya memenangkan Liga Champions kepada Les Parisiens - yang sampai detik ini masih inferior di kompetisi elite Eropa tersebut.

Kontrak Thiago di Liverpool sendiri baru akan kedaluwarsa pada Juni 2024 dan ada kemungkinan tidak diperpanjang.

Dengan situasi yang makin terpojok, ditambah persaingan yang kian ketat di sektor gelandang, masa depan Thiago pun menjadi tanda tanya.

Baca Juga

Selain Thiago, Fabinho mungkin salah satu pemain yang bisa dipertimbangkan Liverpool untuk dilego ke Paris Saint-Germain demi mendapat tanda tangan Kylian Mbappe.

Bahkan belum lama ini, ia sempat disebut-sebut sebagai incaran Nuno Espirito Santo untuk diboyong ke klub Saudi Pro League, Al-Ittihad.

Baca Juga

Bermain sebagai gelandang bertahan, peran Fabinho mungkin tidak akan terlalu terpengaruh dengan kedatangan Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Ia masih bisa bermain di belakang keduanya dalam pola 3-2-2-3 bersama pemain hybrid The Reds saat ini, Trent Alexander-Arnold.

Hanya saja, penampilan yang jauh menurun dibanding musim-musim sebelumnya membuat Fabinho berisiko dilego di bursa transfer pemain. Ia salah satu yang berpotensi dilepas.

Baca Juga
 

2. Diogo Jota Juga Bisa Ditumbalkan

Diogo Jota juga bisa ditumbalkan demi Kylian Mbappe. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Salah satu pemain yang kerap menjadi kunci permainan Liverpool di laga-laga penting, namun sayang musim lalu ia harus menepi cukup lama karena cedera.

Di sisi lain, kedatangan Kylian Mbappe ke Liverpool akan membuat posisinya makin sulit di skuad The Reds.

Bukan tidak mungkin ia akan terpinggirkan dan merosot dari pecking order, serta kesulitan mendapat tempat di starting XI reguler.

Rumor Transfer Kylian Mbappe

Kabar yang mengatikan Kylian Mbappe dengan Liverpool memang cukup mengagetkan bagi sebagian pihak.

Tidak ada yang menyangka, nama pemain yang satu ini bakal muncul di daftar rumor Liverpool, yang sejatinya tidak terlalu butuh mendatangkan seorang penyerang.

Terlebih, Liverpool tidak nampak sebagai klub yang bersedia mendatangkan bintang Timnas Prancis tersebut dengan harga selangit.

Jika membahas Kylian Mbappe, ada klub-klub yang secara kondisi finansial maupun taktikal, terlihat lebih realistis mendatangkannya ketimbang Liverpool.

Sebut saja Real Madrid, Newcastle United, dan Manchester City. Ketiganya punya sumber daya yang lebih dari cukup untuk merekrutnya.

Hanya saja, klub-klub Liga Inggris tersebut mungkin masih kalah dari Real Madrid, yang sudah cukup lama mengidam-idamkan sang pemain.

Real Madrid bisa membeli sekaligus membayar gaji sang pemain sebesar yang ia dapatkan di Paris-Saint Germain.

Kesanggupan soal gaji itulah yang bisa jadi batu sandungan klub-klub Inggris, termasuk bagi si kaya macam Newcastle United maupun Manchester Citu sekalipun. Apalagi, Liverpool?

Bursa TransferLiverpoolLiga InggrisKylian MbappeBerita TransferOne FootballIndepth

Berita Terkini