x

Ilias Alhaft, Winger Belanda Mau Bela Timnas Indonesia: Saya Orang Surakarta!

Sabtu, 8 Juli 2023 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Ilias Alhaft, pemain Almere City di Liga Belanda, tertarik untuk membela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ilias Alhaft, pemain berdarah Surakarta yang kini menetap di Belanda, blak-blakan ingin membela Timnas Indonesia jika dipanggil Shin Tae-yong.

Program naturalisasi pemain keturunan Indonesia di Eropa masih terus bergulir. Ilias Alhaft menjadi salah satu talenta yang telah disiapkan PSSI untuk membela Garuda.

Beberapa waktu lalu, Ilias Alhaft sukses membawa timnya, Almere City, promosi ke Eredivisie Belanda. Saat selebrasi, ia turun ke lapangan dengan mengibarkan bendera Merah Putih.

Bahkan belum lama ini, Ilias Alhaft juga menghabiskan masa libur kompetisi dengan menyambangi Bali, sebelum ia kembali main bersama Almere City di Eredivisie Belanda.

Ilias Alhaft memiliki kesan yang bagus tentang Bali dan Indonesia. Ia juga jatuh cinta pada kuliner khas Tanah Air.

Baca Juga

"Rasanya sangat baik, saya juga keturunan Indonesia, Mama saya yang dari Indonesia. Saat saya mendarat di sini, saya merasa seperti di rumah," kata Ilias Alhaft saat berbincang di Youtube Yussa Nugraha.

"Saya sangat senang di sini, menurut saya orang-orang di sini sangat baik, dan mereka juga baik dengan tulus. Di beberapa negara lain tidak seperti itu," ungkap Ilias Alhaft.

Baca Juga

"Makanan di sini sangat top, jadi sangat senang ke sini. Tapi kalau di Bali mungkin lihat-lihat dulu kalau mau makan daging, karena enggak di semua tempat itu halal."

"Di sini banyak sekali pilihan dalam hal makanan. Saya belum pernah ke tempat makan di mana saya berpikir nanti enggak akan ke sini lagi," tegas pemain yang juga berdarah Maroko itu.

Meski memiliki darah Maroko, tetapi Ilias Alhaft menegaskan jika ia lebih condong ke Timnas Indonesia, jika PSSI memerlukannya.

Baca Juga

1. Ilias Alhaft: Seratus Persen untuk Timnas!

Ilias Alhaft saat bermain untuk Almere City.

Tidak sulit melacak darah Indonesia dari Ilias Alhaft. Pesepak bola berusia 26 tahun itu mengaku kakek dan neneknya berasal dari Surakarta, lalu menetap di Belanda. 

"Mama saya lahir di sini (Belanda), tetapi kakek dan nenek saya berasal dari sana (Surakarta). Sayangnya mereka sudah enggak ada sekarang (meninggal)," ucap Ilias Alhaft kepada Youtuber Yussa Nugraha.

Maka dari itu, wajar jika Ilias Alhaft sempat mengibarkan bendera Merah Putih ketika membawa Almere City promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda.

Ilias mengaku tidak 'caper' dengan netizen Indonesia, tetapi memang bangga memiliki darah Surakarta yang bisa meraih prestasi di kancah Eropa.

"Saat saya membawa bendera Indonesia, karena itu bagian dari diri saya dan leluhur saya, jadi saya bangga sebagai orang Indonesia," tegas Ilias Alhaft.

Baca Juga

"Saya tidak melakukan itu karena ingin dilihat atau diperhatikan semua orang, saya hanya ingin melalukannya karena diri sendiri," lanjut pesepak bola yang berposisi sebagai winger itu.

"Tapi kalau itu dianggap tanda kalau saya terbuka untuk Timnas Indonesia, tentu saya terbuka. Hanya pertanyaannya, apakah mereka (Timnas) juga memerlukan saya?"

Baca Juga

"Pasti banyak yang bertanya apakah saya terbuka untuk membela Timnas Indonesia, saya katakan bahwa saya seratus persen terbuka," ujarnya.

Sejauh ini Ilias Alhaft mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Hamdan Hamedan, staf khusus yang ditunjuk oleh Kemenpora yang menaungi diaspora Indonesia di luar negeri.

Saat ini memang belum ada panggilan untuk melakukan naturalisasi dan bermain di Timnas Indonesia, sehingga Ilias Alhaft mengaku ingin fokus membela klub terlebih dahulu.

Baca Juga
BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaAlmere CityBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongIlias Alhaft

Berita Terkini