x

Persiapan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia TC di Turki

Sabtu, 8 Juli 2023 19:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan di luar negeri, sebelum tampil di Piala Asia 2023. TC akan digelar di Turki.

Erick Thohir menjelaskan, pemusatan latihan dilakukan selama tiga minggu. Itu supaya para pemain yang dipanggil benar-benar siap, baik fisik maupun mental.

Untuk mengakomodir hal itu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku pengelola kompetisi Liga 1 2023 telah sepakat untuk meliburkan kompetisi pada Desember 2023 mendatang. Harapannya, pemain terbaik bisa dipanggil ke Timnas, tanpa terbentur kepentingan klub. 

"Di bulan Desember itu liga sudah berhenti mulai dari tanggal 20 Desember karena ada training camp di Turki untuk tiga minggu sebelum persiapan kejuaraan Asia tim senior di Doha pada bulan Januari," kata Erick Thohir.

Baca Juga

Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Erick Thohir menilai, semua lawan di Grup D berat. Tapi, Indonesia punya kesempatan jika mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga

"Semuanya lawan yang tangguh. Akan tetapi, tim kita pun mempunyai kualitas untuk membuat kejutan," ujar Erick Thohir usai drawing Piala Asia 2023 pada Mei lalu.

Menurut Erick Thohir, kesempatan ini wajib manfaatkan dan para pemain harus berjuang hingga peluit akhir.

Baca Juga

1. Pertandingan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

Timnas Indonesia sudah lima kali lolos ke putaran final Piala Asia, termasuk ketika menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam pada 2007.

Namun, partisipasi di Piala Asia 2023 menjadi spesial karena ini kali pertama skuad Garuda lolos dalam 16 tahun terakhir.

Timnas Indonesia akan memainkan laga perdana Grup D melawan Irak pada 15 Januari 2024. Setelahnya menantang Vietnam pada 21 Januari dan terakhir bersua Jepang pada 27 Januari.

Baca Juga

Sementara itu, keputusan kompetisi diliburkan, maka Liga 1 2023/2024 akan berhenti hampir dua bulan atau sekitar 53 hari. Itu sudah disepakati bersama supaya 18 klub tidak dirugikan. 

Sebelumnya, beberapa klub yang merasa 'digembosi' karena pemainnya banyak dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Apalagi, pelatih Shin Tae-yong kerap menggelar TC jangka panjang.

Baca Juga

Klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu mengeluh karena tidak bisa menurunkan skuad terbaiknya saat bersaing di kompetisi. 

Baca Juga
PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini