x

Sebelum Pergi, Jurgen Klopp Siapkan Banyak Pewaris untuk Sektor Gelandang Liverpool

Sabtu, 8 Juli 2023 22:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Sebelum kontraknya selesai di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, Jurgen Klopp punya PR besar untuk mewariskan skuad juara ke penerusnya kelak.

Selama bertahun-tahun, pelatih asal Jerman ini sudah membangun era baru dalam sejarah Liverpool, di mana klub asal Merseyside ini mengalami peningkatan prestasi yang signifikan.

Yang paling mentereng tentu saja keberhasilan menjuarai Premier League Liga Inggris setelah menanti kurang lebih tiga dekade lamanya.

Cita-cita itu, sejatinya sempat akan terwujud saat masa kepemimpinan Brendan Rodgers. Hanya saja, nasib manajer yang satu ini belum seberuntung Jurgen Klopp.

Kontrak Jurgen Klopp di Liverpool sendiri akan berakhir pada 2026. Nampaknya, ia tidak akan masuk kategori manajer yang bakal dipecat oleh klub yang mempekerjakannya.

Baca Juga

Fenway Sports Group (FSG), terhitung sudah cukup sabar menanti tangan ajaibnya menyulap The Reds menjadi lebih bertaring, yang butuh waktu tidak sebentar.

Liverpool mungkin termasuk salah satu klub yang tidak gegabah bergonta-ganti juru taktik saat hasil yang diinginkan belum ada dalam genggaman.

Baca Juga

Kesabaran itu pun pada akhirnya membuahkan hasil, mulai dari trofi Liga Inggris, Liga Champions, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, saat ini Liverpool sedang berada dalam masa-masa sulit karena nihil gelar dan terlempar ke Liga Europa.

Tidak ayal, Jurgen Klopp harus memperbaiki situasi ini sebelum nanti benar-benar angkat kaki pada 2026 saat kontraknya berakhir.

Baca Juga

1. Para Pewaris Sektor Gelandang Liverpool

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

Salah satu langkah yang bisa diambil tentu memperbaiki dan membenahi susunan pemain yang ada di skuad saat ini.

Sektor gelandang pun menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian utama dalam beberapa waktu terakhir.

Dari pergerakan-pergerakan Liverpool di bursa transfer pemain, Jurgen Klopp pun bisa menciptakan generasi baru yang akan mendominasi permainan di lapangan tengah.

Ada Alexis Mac Allister yang baru didatangkan dari Brighton. Ia bisa diplot sebagai penerus Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain yang kini sudah angkat kaki dari Liverpool.

Lalu Dominik Szoboszlai, gelandang yang bisa merefleksikan kreativitas Philippe Coutinho si penyihir kecil yang dulu pernah sukses bersama The Reds.

Baca Juga

Kedua rekrutan ini, diprediksi akan mudah menembus starting XI reguler Jurgen Klopp untuk musim 2023/2024.

Tidak cukup sampai di situ. Sektor gelandang Liverpool nantinya mungkin bakal lebih ‘meriah’ dengan kedatangan sejumlah pemain tambahan.

Baca Juga

Salah satunya Romeo Lavia, yang belakangan memang sering disebut-sebut sebagai incaran Liverpool di bursa transfer pemain.

Pemain muda Southampton ini pun bisa dipersiapkan sebagai penerus gelandang Liverpool lainnya, Fabinho.

Kemudian, tidak ketinggalan juga, calon penerus Jordan Henderson, yang bisa jatuh ke tangan bintang Real Madrid, Federico Valverde.

Baca Juga
 

2. Menanti Generasi Baru Liverpool

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

Meski dua nama terakhir juga potensial sebagai calon gelandang masa depan Liverpool, kedatangan mereka diramalkan akan sulit terjadi.

Terlebih lagi Federico Valverde, yang menurut laporan 90 Min, tidak akan mudah dilepas Real Madrid. Raksasa Liga Spanyol itu ingin mepertahankannya di tim.

Namun tanpa kehadiran Romeo Lavia dan Federico Valverde sekalipun, sektor gelandang The Reds ke depannya akan cukup menarik untuk diamati.

Bukan tidak mungkin, Fabinho, Jordan Henderson, dan Thiago Alcantara bakal hengkang jika situasi memaksa mereka untuk angkat kaki.

Jurgen Klopp hingga 2026

Telah berjasa besar untuk Liverpool, Jurgen Klopp pun diganjar perpanjangan kontrak yang mengikat dirinya hingga tahun 2026 mendatang.

Berbicara soal perpanjangan masa baktinya, Jurgen Klopp mengaku sangat mencintai Liverpool. Sang istri, Ulla, juga belum ingin pergi dalam waktu dekat.

“Selama saya di sini, pemilik sangat berkomitmen, begitu pula untuk masa depan kami,” ucap Jurgen Klopp, seperti dikutip dari laman resmi klub.

Dengan pertimbangan-pertimbangan itulah, pada akhirnya Jurgen Klopp memutuskan untuk tinggal hingga 2026.

Kini memasuki 2024, ia pun dihadapkan pada tantangan besar dan berat untuk menciptakan skuad Liverpool yang bisa langganan juara lagi seperti beberapa waktu lalu.

Dimulai dari gelandang, kemudian bisa berlanjut ke sektor-sektor lainnya, termasuk mencari penerus Mohamed Salah dan Virgil van Dijk.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini