x

Sejarah Piala Dunia U-17 di Asia, Indonesia Bisa Salip Rekor China dan India

Sabtu, 8 Juli 2023 20:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan digelar di Indonesia. Foto: Herry Ibrahim.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan digelar di Indonesia, negara Asia keenam yang menjadi tuan rumah ajang dua tahunan ini sepanjang masa.

Ya, Piala Dunia U-17 sudah bukan kali pertama lagi digelar di Benua Kuning. Di edisi 2017, India sudah terlebih dahulu ditunjuk sebagai host.

Lalu pada tahun-tahun sebelumnya ada China (1985), Jepang (1993), Korea Selatan (2007), dan Uni Emirat Arab (2013).

Namun dari lima negara selain Indonesia tersebut, hanya ada dua yang paling menarik atensi karena mencatatkan jumlah penonton yang tidak sedikit.

China menjadi negara pertama dengan status tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 1985 dan berhasil mencatatkan jumlah penonton di angka 1.230.976.

Baca Juga

Kemudian, angka tersebut dipecahkan oleh India di Piala Dunia U-17 2017 dengan jumlah 1.347.133 berdasarkan laporan resmi FIFA.

Dalam laporan tersebut juga tertera jumlah rata-rata penonton yang hadir di stadion per laga, yang ternyata mencapai 25.906 pasang mata.

Baca Juga

Dengan catatan tersebut, India pun menjadi tuan rumah tersukses Piala Dunia U-17 untuk kategori jumlah penonton terbanyak.

Rekor ini pun terbilang cukup impresif mengingat sepak bola bukan olahraga ‘nomor satu’ di India dan tidak sepopuler kriket.

Akan tetapi, Piala Dunia U-17 2017 berhasil menjadi buah bibir di seluruh negeri, bahkan mendepak berita kriket ke urutan tiga di media massa.

Baca Juga

1. Indonesia Tidak Akan Kalah Meriah

Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan digelar di Indonesia. Foto: Herry Ibrahim.

Fakta tersebut diungkapkan langsung oleh Project Director for the Local Organising Committee (LOC) Piala Dunia U-17 2017, Joy Bhattacharjaya.

“Jika Anda melihat koran, kriket menjadi berita ketiga di halaman olahraga setelah semifinal [Piala Dunia U-17 2017],

“Yang pertama pertandingan Brasil-Inggris, lalu Spanyol-Mali. Anda tidak akan percaya perubahan ini terjadi di India,” ujar Joy Bhattacharjaya dikutip dari laman resmi FIFA.

Berkaca pada catatan yang pernah diukir China saat tahun inagurasi Piala Dunia U-17, ditambah rekor luar biasa India, bukan tidak mungkin Indonesia akan mengalahkan itu semua.

Apalagi, sepak bola merupakan salah satu olahraga pemersatu bagsa sekaligus paling favorit di Tanah Air.

Baca Juga

Segenap masyarakat dari segala gender, usia, dan kalangan pun bakal dengan senang hati memberi dukungannya kepada Timnas Indonesia U-17 yang akan bertanding.

Dewasa ini, sudah bukan pemandangan aneh lagi ketika laki-laki perempuan, tua muda, anak-anak, remaja, sampai orang tua, berada di tempat yang sama untuk nonbar aksi para pemain timnas.

Baca Juga

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi kalau para suporter sepak bola di Indonesia itu memiliki semangat dan passion yang membara dalam mendukung tim kesayangan mereka.

Dengan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, para suporter bisa sedikit lebih dekat mendukung timnas tanpa harus bepergian ke luar negeri.

Meski bukan Piala Dunia yang menyajikan penampilan tim-tim senior seperti di Qatar 2022, event U-17 ini tetap diprediksi bakal ‘pecah’ dan penuh euforia.

Baca Juga

2. Event Olahraga Jadi Ajang Pemersatu Bangsa

Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan digelar di Indonesia. Foto: Herry Ibrahim.

Kecintaan masyarakat terhadap event pemersatu bangsa seperti olahraga pun sudah terlihat sinyal-sinyalnya saat Indonesia menggelar Asian Games pada 2018 lalu.

Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil menyukseskan ajang multi-event level Asia ini dan membuat negeri ini semakin dipandang di level internasional.

Sambutan dari para penonton juga begitu luar biasa dan bukan tidak mungkin hal serupa nantinya bakal terulang di Piala Dunia U-17 2023.

Selain itu, di edisi kali ini Timnas Indonesia U-17 juga berstatus debutan tunggal. Tidak ayal, banyak pasang mata akan tertuju pada mereka kelak.

Tentu saja, sebagai host, Indonesia berharap bisa melaju jauh atau setidaknya lolos dari penyisihan grup.

Di edisi 2017, meski mencatatkan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia U-17, India selaku tuan rumah meraih hasil yang cukup mengecewakan.

Berada di Grup A, negara asal Sunil Chhetri ini finis sebagai juru kunci klasemen. Mereka bahkan tidak mengumpulkan satu poin pun alias nol.

Sebagai informasi, di Piala Dunia U-17 2017, selain berstatus tuan rumah, India juga menjadi debutan bersama dua kontestan lainnya, Niger dan New Caledonia.

Jadwal Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan mulai bergulir pada November mendatang. Untuk proses drawing-nya, kabarnya bakal dihelat pada Agustus.

Piala Dunia U-17Bola InternasionalTimnas Indonesia U-17Indepth

Berita Terkini