x

Bedah Formasi Liverpool dengan Romeo Lavia dan Lenyapnya Jordan Henderson

Minggu, 9 Juli 2023 18:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bedah formasi Liverpool dengan Romeo Lavia namun tanpa Jordan Henderson. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih berselancar di bursa transfer pemain demi mendatangkan rekrutan-rekrutan baru ke skuad Jurgen Klopp.

Salah satu sosok yang belakangan dikaitkan dengan mereka adalah Romeo Lavia, gelandang yang saat ini bermain di klub rival, Southampton.

Pemain muda berusia 19 tahun ini merupakan mantan anak didik Manchester City yang juga pernah menimba ilmu di Anderlecht.

Ia bisa menjadi gelandang selanjutnya yang didatangkan di bursa transfer pemain kali ini setelah Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Jika benar-benar merapat nantinya, Romeo Lavia akan menambah persaingan super sengit di sektor gelandang Liverpool.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, Liverpool pada 2023/2024 akan memiliki tiga gelandang yang seluruhnya baru di starting XI Jurgen Klopp.

Jika bicara soal peran, Romeo Lavia yang bermain sebagai gelandang bertahan, nantinya bisa menjadi penerus Fabinho yang belum lama ini mengalami penurunan performa.

Baca Juga

Di sisi lain, Romeo Lavia membuat Liverpool jatuh hati dengan penampilan-penampilan impresif di Southampton pada musim debutnya, 2022/2023.

Hanya saja, memboyong pemain yang satu ini bukan misi mudah bagi Liverpool karena harus bersaing dengan Arsenal dan Chelsea.

Selain itu, Southampton kemungkinan akan memaksimalkan nilai Romy Lavia, mengingat Manchester City akan kecipratan komisi sebesar 20% dari eksistensi sang pemain.

Baca Juga

1. Menerawang Line Up Liverpool dengan Romeo Lavia

Bedah formasi Liverpool dengan Romeo Lavia (kiri) namun tanpa Jordan Henderson. Foto: Reuters/Paul Childs.

Bersama Romeo Lavia, Liverpool bisa membentuk kekuatan di lapangan tengah mereka dengan servis tiga gelandang baru.

Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai diprediksi akan mudah menembus starting XI Jurgen Klopp dengan rapor mereka yang mentereng di klub sebelumnya.

Jika mengombinasikan trio ini, pemain-pemain lawas seperti Fabinho dan bahkan Jordan Henderson mungkin akan kehilangan tempatnya.

Sementara itu, untuk formasi empat bek di belakang, akan diisi nama-nama yang biasa seperti Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, dan Andrew Robertson.

Kemudian, disusul tiga gelandang yang semuanya baru: Romeo Lavia, Alexis Mac Allister, dan Dominik Szoboszlai.

Baca Juga

Mohamed Salah akan mengisi posisinya yang biasa sebagai winger kanan, Luis Diaz di sebelah kiri, dan Cody Gakpo di tengah.

Jordan Henderson sendiri menjadi salah satu pemain yang sudah memasuki usia senja di Liverpool. Bahkan, beberapa waktu lalu ia sempat dikaitkan dengan kepindahan ke Saudi Pro League.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, eksistensinya akan mulai terkuras perlahan sejak musim 2023/2024. Ditambah lagi, kontraknya akan berakhir pada Juni 2025 mendatang.

Sebagai seorang veteran dan figur kapten di tim, Hendo, sapaan akrabnya mungkin masih akan tinggal jelang masa kedaluwarsa kontraknya.

Prediksi Line Up Liverpool dengan Romeo Lavia, Tanpa Fabinho dan Jordan Henderson

Alisson, Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Lavia, Mac Allister, Szoboszlai, Salah, Gakpo, Diaz

Baca Juga

2. Sekilas tentang Romeo Lavia

Romeo Lavia (kiri) di salah satu pertandingan Southampton. Foto: Reuters/Paul Childs.

Romeo Lavia merupakan pemain asal Belgia yang baru bergabung dengan Southampton pada bulan Juli 2022.

Akan tetapi, tidak butuh waktu lama baginya untuk tampil mencolok di kompetisi Premier League Liga Inggris.

Selain menunjukkan potensi sebagai pemain muda The Saints, ia juga pernah menggondol predikat menarik.

Ia menjadi pemain kelahiran 2004 pertama yang berhasil mencetak gol di Premier League, saat tampil di pertandingan kontra Chelsea pada Agustus 2022.

Kemudian di level negara, pemain yang satu ini tercatat sebagai anggota skuad Timnas Belgia sejak bergabung dengan tim usia U-15 pada 2019.

Pada 17 Maret 2023, ia akhirnya mendapat panggilan pertama ke tim senior oleh pelatih Belgia saat itu, Domenico Tedesco.

Ia dipanggil untuk tampil di laga kualifikasi UEFA Euro 2024 kontra Swedia dan partai persahabatan melawan Jerman.

Dengan usia yang masih sangat muda, Romeo Lavia memiliki masa depan cerah yang terbentang luas di hadapannya.

Dengan merapat ke Liverpool, ia bisa meningkatkan level permainan serta menambah pengalaman sebagai pemain di tim yang lebih besar.

Terlebih lagi, musim depan Southampton tidak akan berkompetisi di level Premier League, yang bisa membuat Romeo Lavia tergoda untuk angkat kaki ke Merseyside.

LiverpoolJordan HendersonLiga InggrisIndepthRomeo Lavia

Berita Terkini