x

Nasibnya Mirip Ronaldo dan Maguire, De Gea Fix Jadi Korban Janji Manis Ten Hag

Minggu, 9 Juli 2023 10:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
David de Gea resmi meninggalkan Manchester United dan nasibnya disamakan dengan Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire yang jadi korban janji manis Erik ten Hag. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM - David de Gea resmi meninggalkan Manchester United setelah 12 tahun pengabdian. Nasibnya pun diklaim mirip dengan Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire yang jadi korban janji manis Erik ten Hag, benarkah demikian?

David de Gea akhirnya memutuskan hengkang dari Man United pada Sabtu (08/07/23) setelah kontraknya resmi berakhir per 30 Juni 2023 kemarin.

Pengumuman hengkangnya David de Gea dari Manchester United disampaikan melalui akun Instagram resmi @d_degeaofficial.

“Saya ingin mengirimkan pesan perpisahan untuk semua pendukung Man Utd,” tulis David de Gea saat umumkan berpisah dengan klub Liga Inggris tersebut.

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberikan tribute dengan memuji kesetiaan dan performa kiper berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca Juga

“Dibutuhkan kualitas dan karakter yang hebat untuk mencapai level bahkan memainkan satu pertandingan untuk MU,” ujar Ten Hag melansir dari Daily Mail.

Ten Hag juga melontarkan pujian kepada De Gea yang sudah mencatatkan 545 penampilan selama 12 tahun di Old Trafford, termasuk 25 clean sheet yang ditorehkan musim lalu.

Baca Juga

“Semua pemain dan staf mengirimkan harapan terbaik kami untuk fase selanjutnya dari kariernya yang luar biasa,” sambung pelatih asal Belanda tersebut.

Hengkangnya David de Gea tentu saja menyisakan duka bagi para pendukung The Red Devils. Pasalnya, de Gea selalu menjadi andalan di bawah mistar gawang dan kerap melakukan penyelamatan gemilang.

Man United juga berniat memperpanjang kontraknya namun negosiasi tersebut mandek lantaran keengganan sang kiper memangkas gajinya di kontrak baru.

Baca Juga

1. Ten Hag Paling Disalahkan

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: REUTERS/David Klein

Namun komentar Erik ten Hag ini justru memancing komentar miring para pendukung Manchester United lantaran David de Gea dianggap jadi korban janji palsu sang pelatih.

Pasalnya, ini bukan pertama kalinya Erik ten Hag menjanjikan jaminan bermain dan peran sentral untuk pemain Manchester United dan ujung-ujungnya terdepak dari skuat utama.

Melansir dari akun @UtdFaithfuls, sebelumnya Erik ten Hag sudah melakukan hal serupa pada Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire.

Cristiano Ronaldo dianggap superstar sepak bola oleh Erik ten Hag saat pertama kali tiba di musim panas 2022. Sang pelatih juga tidak sabar ingin bekerja bersama penyerang asal Portugal itu.

Namun di paruh pertama musim debutnya, Erik ten Hag justru lebih sering membangkucadangkan Cristiano Ronaldo yang berujung kepergian sang pemain ke Al Nassr pada Desember 2022 lalu.

Harry Maguire juga dijanjikan akan menjadi kapten Manchester United sama seperti beberapa musim sebelumnya sejak sang bek didatangkan dari Leicester City.

Baca Juga

“Maguire akan tetap menjadi kapten, dia telah mencapai banyak kesuksesan,” tutur Ten Hag.

Namun, Ten Hag justru memelintir perkataannya dengan menempatkan Maguire lebih sering di bangku cadangan, sejurus dengan memburuknya performa Maguire.

Parahnya, Erik ten Hag dikabarkan bakal resmi mencopot ban kapten Man United milik Harry Maguire dan menyerahkan kepada gelandang andalannya, Bruno Fernandes.

Baca Juga

Pada David de Gea, Erik ten Hag juga tak segan memuji sang kiper secara terbuka sekaligus meyakinkan para penggemar bahwa klub bakal memperpanjang kontrak De Gea.

Akan tetapi, pada musim panas ini, Ten Hag justru sibuk mencari kiper baru sebagai opsi pertamanya sekaligus menjadi pertanda De Gea bakal dinomorduakan andaikan bertahan di Old Trafford.

Dengan Manchester United kini segera mendatangkan Andre Onana dari Inter Milan, janji manis Ten Hag kepada De Gea semakin jelas kebohongannya.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedDavid de GeaLiga InggrisTransfer PemainErik ten Hag

Berita Terkini