x

Tertekan Gara-gara Waktu Mepet, Bima Sakti Curhat Kesiapan Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 9 Juli 2023 10:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti hanya punya waktu empat bulan mempersiapkan diri mentas di Piala Dunia U-17 2023. Indonesia menjadi tuan rumah hajatan dua tahunan itu pada 10 November hingga 2 Desember.

Situasi ini membuat Bima Sakti sedikit tertekan, tapi dia menyatakan siap mengemban tugas dari PSSI. Sebuah momen besar dalam sepak bola Indonesia dan juga baginya, jadi harus mempersiapkan tim dengan baik.

"Tekanan pasti ada, tapi harus tetap berusaha walaupun dengan waktu yang amat singkat. Kami harus berusaha semaksimal mungkin, mempersiapkan tim. Sejarah baru, walaupun sebagai tuan rumah, tapi semua ini rezeki dari Allah," ujarnya ke INDOSPORT.

Disampaikan Bima Sakti, penampilan di Piala Dunia U-17 berawal dari mimpi. Salah satu anak asuhnya di timnas U-16, Ruy Arianto, pernah bercerita bahwa dia tampil melawan Brasil di pentas dunia dalam mimpinya.

Rupanya, mimpi tersebut terwujud untuk adik-adik Ruy Arianto. Walaupun lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 dengan status tuan rumah, Bima Sakti menegaskan hal itu patut disyukuri.

Baca Juga

"Dari Piala Dunia U-20 nggak jadi, terus dulu juga kami sempat lolos Piala Asia U-16 2020 tapi nggak jadi imbas covid-19. Kemudian, ada pemain yang bermimpi dan bilang 'coach Bima saya bermimpi bermain di Piala Dunia," tutur Bima Sakti.

"Waktu itu Ruy Arianto bilang ke saya, lagi gandengan masuk lapangan melawan Brasil U-17, eh ternyata malah adik-adiknya yang berkesempatan main. Dari mimpi semua, itu benar dari 2020 dia ngomong gitu di Bekasi sama saya. Ternyata mimpinya jadi kenyataan," imbuhnya.

Baca Juga

Untuk memimpin timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17, Bima Sakti tetap memakai staf pelatih tahun lalu atau dari timnas U-16 saat juara Piala AFF 2022. Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan, Markus Horison. 

Namun, akan ada sedikit perubahan. Kemungkinan beberapa staf pelatih dipertahankan, tapi ada juga yang diganti. Hal itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

Saat ini, Bima Sakti sudah mulai melakukan seleksi terhadap pemain kelahiran 2006-2007. Dia memantau seleksi nasional untuk program Garuda Select beberapa hari lalu.

Baca Juga

1. Pantau Welber Jardim

Aksi Welberlieskott de Halim Jardim, Pemain Muda Indonesia di Brasil

Ada pun para pemain yang akan mengisi skuat timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023, sebagian besar adalah jebolan timnas U-16 yang juara Piala AFF tahun lalu. Tapi, Bima Sakti mengatakan semuanya akan tetap harus menjalani seleksi. 

Pelatih berusia 47 tahun itu juga akan memanggil pemain keturunan yang sudah berpaspor Indonesia. Salah satu incarannya adalah Welber Jardim, kini membela tim muda raksasa Brasil, Sao Paulo. 

Baca Juga

Apabila sudah semua pemain sudah terseleksi, timnas U-17 dijadwalkan jalani TC di Eropa, Asia hingga Afrika. Harapannya dapat pengalaman supaya tampil bagus di Piala Dunia U-17 2023. 

Sebelum memulai pemusatan latihan pada 10 Juli nanti, Bima Sakti akan meminta saran dari sejumlah pelatih senior seperti Shin Tae-yong dari timnas senior, Indra Sjafri (timnas U-23), direktur teknik PSSI baru dari Jerman (masih dalam tahap seleksi) dan Luis Milla (Persib Bandung).

Baca Juga

Tiga nama pertama yang disebut tadi juga akan mementori dan mendampingi Bima Sakti. PSSI telah menawarkan salah satu nama, tapi eks kapten timnas Indonesia itu meminta ketiganya sekaligus.

Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini