x

Mencari Kapten Baru untuk Manchester United, Bruno Fernandes atau Casemiro?

Senin, 10 Juli 2023 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bruno Fernandes, salah satu calon kapten utama Manchester United. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag dihadapkan pada sejumlah pilihan saat memilih calon pengganti Harry Maguire sebagai kapten Manchester United.

Isu tentang jabatan Harry Maguire ini, sejatinya sudah jadi buah bibir sejak lama. Penampilannya yang sering mengecewakan pun membuat banyak suporter lelah.

Bahkan, ia juga tidak jarang dikaitkan dengan pintu keluar Manchester United nyaris setiap kali bursa transfer pemain dibuka.

Kini, kembali beredar rumor jabatan kapten Harry Maguire lagi-lagi digoyang. Seperti diwartakan Daily Mail, ada potensi perannya tersebut bakal dilucuti dalam waktu dekat.

Kabar buruk tentang Harry Maguire ini muncul tidak lama setelah kepastian angkat kakinya David de Gea dari Manchester United.

Baca Juga

Perginya penjaga gawang asal Spanyol tersebut memuat The Red Devils kehilangan satu figur leader dalam tim.

Di tengah situasi ini, Erik ten Hag kabarnya akan memilih kapten baru menyusul makin berkurangnya eksistensi Harry Maguire di starting XI.

Baca Juga

Pada musim 2022/2023 saja, ia kalah saing dengan Luke Shaw, Lisandro Martinez, dan yang lainnya, serta hanya menjadi starter sebanyak delapan kali.

Fakta tersebut, mau tidak mau pun membuat publik dan banyak orang bertanya-tanya, apakah benar Harry Maguire sudah didepak dari rencana Erik ten Hag untuk 2023/2024?

Namun jika harus mencari kapten baru, pelatih asal Belanda itu memiliki sejumlah opsi menarik yang bisa dipertimbangkan.

Baca Juga

1. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes menjadi salah satu kandidat favorit kapten utama Manchester United. Foto: Reuters-Lee Smith.

Nama pertama yang nampaknya menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Harry Maguire adalah Bruno Fernandes.

Apalagi, bintang Timnas Portugal itu telah didapuk sebagai kapten tim selama paruh kedua musim lalu saat Harry Maguire absen dari starting XI.

Selain itu, Erik ten Hag juga dikabarkan menyukai profesionalitas Bruno Fernandes, karakter, dan etos kerjanya.

Pernah suatu hari dalam sebuah kesempatan, Erik ten Hag menggambarkan kualitas-kualitas apa saja yang dimiliki anak asuhnya itu hingga layak menjadi kapten utama tim.

“Dia contoh baik di lapangan, terutama energi yang ia keluarkan. Dia juga contoh bagus untuk semua orang di skuad,” ucapnya seperti pernah diwartakan Goal.

Baca Juga

Bruno Fernandes merapat ke Manchester United dari FC Porto pada Januari 2020 dan diikat kontrak berdurasi lima setengah tahun.

Hingga 2023 ini, ia telah melalui banyak cerita dan progres di skuad Setan Merah, menjelma sebagai salah satu pemain pilar dan seorang playmaker.

Baca Juga

Bruno Fernandes, sampai detik ini, menjadi saksi hidup perjalanan berliku Manchester United kembali ke papan atas Liga Inggris.

Ia menyaksikan timnya mencapai final Liga Europa 2020/2021 dan Piala FA 2022/2023, hingga sukses menggondol trofi Piala Liga Inggris 2022/2023.

Sementara itu, di ajang Liga Champions, ia juga sempat mencatatkan namanya di puncak top assist 2021/2022, mengungguli Leroy Sane dan Vinicius Jr.

Baca Juga

2. Casemiro Juga Layak

Selebrasi Casemiro di laga Piala FA antara Manchester United vs Reading. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Ya, Bruno Fernandes dengan karakter dan pengalamannya di Manchester United, memang menjadi calon kapten yang paling di atas angin.

Namun bukan berarti pintu persaingan tertutup begitu saja bagi rekan-rekannya yang lain, misalnya Casemiro.

Nama Casemiro, pada kenyataannya juga cukup sering digaungkan sebagai calon kapten utama Setan Merah. Semua sudah tau ia adalah seorang veteran.

Selain itu, Casemiro juga memiliki mentalitas juara yang ia bawa dari Real Madrid. Bahkan, mantan pemain Manchester United, Gary Pallister, juga beranggapan demikian.

Menurutnya, Bruno Fernandes dan Harry Maguire belum mengantongi mentalitas warrior - salah satu yang membuat Manchester United belum memiliki sosok leader yang tepat bahkan sampai detik ini.

“Saat saya berada di klub, ada Steve Bruce, Bryan Robson, Roy Keane, dan Paul Ince. Orang-orang ini adalah prajurit di lapangan,” ucapnya seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Casemiro sendiri, belum lama ini juga mengaku senang bisa menjadi kapten Brasil, demikian pula di Manchester United.

“Jujur, saya menyukainya. Menjadi pemimpin, memerhatikan [rekan-rekannya di tim], menjadi sosok ayah, memeriksa banyak hal, saya suka memberi contoh, menjadi orang pertama yang datang,

“Ban kapten memang sebuah simbol, tapi pemain [yang mendapatkannya], bertanggung jawab untuk berbicara dengan wasit, ke kawan-kawannya. Saya ingin jadi pemain itu,” jelas Casemiro.

Menimbang kualitas masing-masing Bruno Fernandes dan Casemiro, kira-kira siapa yang lebih cocok sebagai kapten utama Manchester United, ya?

Manchester UnitedCasemiroLiga InggrisHarry MaguireBruno FernandesIndepth

Berita Terkini