x

Adu Kualitas Jonathan David vs Folarin Balogun, Striker Pilihan AC Milan untuk Gantikan Giroud

Selasa, 11 Juli 2023 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Membandingkan kualitas antara Jonathan David dan Folarin Balogun, dua penyerang yang tengah didekati raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan.

INDOSPORT.COM – Membandingkan kualitas antara Jonathan David dan Folarin Balogun, dua penyerang yang tengah didekati raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Dilaporkan oleh Sky Sport Italia, dua nama tersebut ditargetkan AC Milan untuk menjadi penerus Olivier Giroud yang kian menua.

Saat ini, penyerang asal Prancis itu telah memasuki usia 36 tahun. Dengan banyaknya kompetisi di musim depan, tim berjuluk Rossoneri itu tak mungkin akan terus mengandalkannya.

AC Milan sendiri sejatinya masih memiliki penyerang lainnya yakni Divock Origi dan Charles De Ketelaere yang bisa dipasang di posisi tersebut.

Tapi sang pelatih, Stefano Pioli, disebutkan kurang terkesan dengan performa keduanya sepanjang musim 2022/23 lalu.

Baca Juga

Karenanya AC Milan pun mendekati Jonathan David dan Folarin Balogun untuk didatangkan pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Kebetulan kedua penyerang muda itu dikabarkan akan angkat kaki. David ingin cabut dari Lille dan ingin mencicipi bermain di tim besar.

Baca Juga

Sedangkan Balogun ingin angkat kaki setelah menumpuknya sektor penyrang di kubu Arsenal, seiring hadirnya Kai Havertz, Gabriel Jesus, dan Eddie Nketiah.

Namun dari kedua pemain itu, AC Milan hanya bisa mendatangkan salah satunya, mengingat keduanya memiliki harga fantastis yang dipatok oleh masing-masing timnya.

Lalu siapa yang akan dipilih AC Milan dari Jonathan David dan Folarin Balogun? INDOSPORT pun akan mencoba mengulas kualitas keduanya sebagai penyerang.

Baca Juga

1. Perbandingan Kualitas David dan Balogun

Folarin Balogun (jersey merah) dikawal Sergio Ramos (kanan) dan Fabian Ruiz di laga PSG vs Stade de Reims (30/01/23). (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

Baik Jonathan David dan Folarin Balogun menjadi dua penyerang muda yang tengah mencuri perhatian berkat penampilannya di Liga Prancis (Ligue 1) pada musim 2022/23 lalu.

David tampil trengginas bersama Lille dengan mencetak total 24 gol dari 37 pertandingan di Ligue 1 2022/23 disertai empat assist atas namanya.

Lalu Balogun juga tak kalah mentereng dengan mencatatkan 21 gol dari 37 pertandingan disertai dengan dua assist atas namanya

Jika dilihat dari catatannya, keduanya sama-sama tampil menjanjikan musim lalu dan membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang masa depan.

Tapi dari keduanya, AC Milan hanya bisa memilih satu saja dari kedua pemain itu. Kira-kira siapa yang akan dipilih oleh Rossoneri kelak?

Baca Juga

Jika melihat catatan golnya, tentu Jonathan David merupakan pilihan tepat karena jumlah golnya yang lebih mentereng ketimbang Folarin Balogun.

Tapi jika dilihat lebih jauh, siapa sangka Balogun punya catatan yang lebih mentereng sebagai seorang penyerang tengah ketimbang David.

Baca Juga

Hal ini terbukti dari catatan Balogun yang mencetak 0,45 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit, unggul atas David yang memiliki rata-rata mencetak 0,40 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit.

Meski unggul untuk urusan mencetak gol secara keseluruhan, David ternyata memberikan warna lebih ke permainan ketimbang Balogun.

Apa buktinya? Berikut catatan Jonathan David dan Folarin Balogun jika dilihat lebih jauh dari gaya bermain keduanya.

Baca Juga

2. Jonathan David Lebih Cocok untuk AC Milan

Jonathan David, penyerang Lille, saat berduel dengan bek Chelsea yakni Thiago Silva (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Jika melihat catatan lebih jauh, Jonathan David menjadi pilihan yang lebih cocok bagi AC Milan ketimbang Folarin Balogun.

Pasalnya, David bukanlah tipe penyerang murni. Ia juga aktif membantu permainan dengan membuat rata-rata 3,3 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit.

Bandingkan dengan Balogun yang hanya membuat rata-rata 2,4 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit atau tindakan berbuah peluang.

Selain itu, Balogun tercatat hanya membuat 17,47 operan per 90 menit dengan akurasi hanya sekitar 70,1 persen yang menandakan dirinya adalah penyerang bertipe Poacher.

Sedangkan David rata-rata melepaskan 24,87 operan per 90 menit dengan akurasi 81,8 persen dan punya rataan 2,7 operan progresif per 90 menit.

Selain itu, David juga aktif bertahan ketimbang Balogun, dengan melakukan Pressing ke area pertahanan lawan untuk merebut bola.

Dengan kata lain, David bertipe penyerang Deep Lying Forward yang bisa membuka ruang bagi rekannya dan menciptakan peluang bagi rekan-rekannya.

Secara harga, David dan Balogun sama-sama dipagari dengan harga 50 juta euro. Dengan harga yang sama itu, AC Milan pun bisa memilih Jonathan David untuk menjadi penerus Giroud.

Bursa TransferAC MilanIn Depth SportsLiga ItaliaJonathan DavidFolarin BalogunIndepth

Berita Terkini