x

Kritik Kinerja Wasit Liga 1, Pelatih Madura United Desak VAR Segera Diterapkan

Selasa, 11 Juli 2023 17:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Madura United lewati dua pekan awal Liga 1 2023/2024 dengan cukup oke tapi performa wasit yang buruk buat mereka yakin Video Assistant Referee (VAR) diperlukan.

INDOSPORT.COM - Madura United lewati dua pekan awal Liga 1 2023/2024 dengan cukup oke tapi performa wasit yang buruk buat mereka yakin Video Assistant Referee (VAR) diperlukan.

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab memulai kompetisi dengan menahan imbang Persib Bandung 1-1 di Stadion Bandung Lautan Api, Minggu (2/7/23).

Mereka lantas menyempurnakannya dengan kemenangan 3-2, saat menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Minggi (9/7/23).

Kendati melalui perjalanan cukup mulus, namun Madura United merasa perlu menyoroti kinerja wasit yang bertugas. Hal itu dikemukakan oleh Mauricio Souza.

"Sejauh ini, kinerja wasit menurut saya masih belum maksimal," ungkap pelatih Madura United itu pasca mengalahkan Persik Kediri.

Baca Juga

"Anda (media) tahu sendiri, ada beberapa kesalahan (dalam keputusan wasit) dalam beberapa pertandingan selama dua pekan ini," sambung dia.

Pelatih kebangsaan Brasil ini lantas mencontohkan kinerja wasit yang tak maksimal selama Kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 berjalan dalam dua pekan ini.

Salah satunya ketika Borneo FC menjamu Bali United di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (8/7/23). Terjadi insiden antara Elias Dolah dan Silverio Junio di babak kedua.

"Lalu Anda melihat bagaimana keputusan wasit? Tidak ada hukuman penalti ataupun kartu, padahal pemain ceder dan ke rumah sakit," ulas Mauricio Souza.

"Sedangkan tim kami mengalami pelanggaran serupa dua kali. Lulinha dijatuhkan (lawan Persib Bandung dan Persik Kediri), tapi tidak ada penalti," tambah dia.

Baca Juga

Fenomena itulah yang membuat Mauricio Souza merasa perlu untuk ikut menyuarakan VAR (video assistant referee) segera diterapkan di kompetisi Liga 1.

Pasalnya, sejumlah kesalahan dari wasit selama 2 pekan awal ini terbilang cukup krusial. Sementara keputusan yang mereka ambil jauh dari kata fair play.

"Untuk membuat kompetisi lebih baik lagi baik kualitas maupum strukturnya, saya rasa Liga 1 mesti segera menerapkan VAR," ucap Mauricio Souza.

"VAR akan banyak membantu kerja wasit dalam mengambil keputusan dengan lebih benar," imbuh eks Pelatih Vasco Da Gama Brasil tersebut.

Alasan lain mengapa Liga 1 perlu untuk menerapkan VAR, karena asa regulasi khusus yang diterapkan untuk pemain starter. Salah satunya pemain U-23 yang diwajibkan tampil.

Baca Juga

"Kami menjalankan regulasi khusus pemain muda, selain banyak menurunkan pemain asing. Tentu dengan harapan, kompetisi semakin bagus," terang Mauricio Souza.

"Harapan kami juga para pemain muda U-23 yang diorbitkan di tim ini, nantinya juga bisa menembus skuat tim nasional," beber dia.

Maka dari itu, dia berharap keputusan wasit bisa lebih melindungi para pemain muda di masa depan. Tentu dengan penerapan VAR di kompetisi

"Supaya tidak ada lagi masalah krusial yang terjadi kompetisi. Saya yakin, VAR akan sangat membantu wasit agar lebih maksimal," tuntas Mauricio Souza.

Di pekan ketiga Liga 1 2023/24, Madura United akan berhadapan dengan Bali United pada Sabtu (15/7/23). Tentunya mereka berharap akan menyaksikan kinerja wasit yang lebih baik.

Baca Juga
Madura United FCLiga 1Mauricio Souza

Berita Terkini