x

Mengulik 3 Kiper Thailand yang Masuk Radar Arema FC, Dari Soponwit ke Kawin

Selasa, 11 Juli 2023 17:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Kiper timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan.

INDOSPORT.COM - Arema FC baru saja mengubah keputusan dalam mengisi proyeksi untuk satu pemain asing dari Asia Tenggara atau ASEAN pada Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Slot ini memang menjadi satu-satunya yang tersisa, setelah kehadiran lima pemain asing bebas federasi. Hanya posisi saja yang berubah dari winger, kini kiper.

"Untuk pemain ASEAN, tidak jadi merekrut pemain asing posisi winger. Tapi kiper (yang pernah membela) timnas Thailand," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, Senin (10/7/23).

"Keputusan ini berdasarkan hasil diskusi dengan tim pelatih. Bahwa memang posisi kiper harus empat, saat ini baru tiga," tambahnya.

Lantas, siapa saja kiper asing asal Thailand yang masuk ke dalam radar Arema FC untuk Liga 1 2023/24? Berikut INDOSPORT mengulik profil singkat mereka.

Baca Juga

1. Soponwit Rakyart

Nama kiper berusia 22 tahun ini langsung melejit ketika turut membawa timnas Thailand melangkah ke final SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja lalu.

Sayang, Soponwit Rakyart gagal meraih trofi internasional pertamanya lantaran Thailand dikalahkan timnas Indonesia. Namun, performa patut dipuji selama turnamen.

Baca Juga

Musim ini, Soponwit kembali ke Muang Thong United sebagai klub pemiliknya. Dia sebelumnya menjalani masa peminjaman di klub Liga 2 Thailand, Phrae United.

Kiprahnya musim 2022/2023 juga cemerlang. Soponwit tampil sebanyak 20 kali untuk Phrae United dan membawa timnya finis di peringkat 9 Liga 2 Thailand.

Arema FC tampaknya harus menyiapkan klausul khusus bila jadi berminat mengangkut Soponwit Rakyart lantaran statusnya masuk proyeksi jangka panjang Muang Thong United sejak 2020 silam.

Baca Juga

1. 2. Saranon Anuin

Soponwit Rakyart, Kiper Thailand yang Bogem Pemain Indonesia di Final SEA Games 2023

Kiper yang berstatus timnas Thailand berikutnya adalah Saranon Anuin. Dia berusia 29 tahun dan masuk ke dalam timnas senior saat menjuarai Piala AFF 2022.

Yang terbaru, Saranon masuk ke dalam skuat timnas senior saat menggelar FIFA Matchday Juni 2023. Namun, dia tak sekali pun tampil saat Thailand melawan Taiwan dan Hong Kong.

Baca Juga

Kendati demikian, kiprahnya di level klub bisa dibilang jempolan. Dia mengawal gawang Chiangrai United sebanyak 23 kali pada Liga 1 Thailand 2022/23.

Sejumlah trofi juara juga didapatkan Saranon ketika membela Chiangrai United sejak 2018. Di antaranya menjuarai Liga Thailand 1 2019, FA Cup 2018 dan 2020.

Baca Juga

Kiprahnya di level kompetisi internasional juga konsisten. Saranon Anuin selalu tampil dalam Babak Kualifikasi Liga Champions Asia sejak 2019 sampai 2022 untuk Chiangrai United.


2. 3. Kawin Thamsatchanan

Kawin Thamsatchanan kiper utama Timnas Thailand.

Dari dua kiper yang telah disebutkan, kiper ini menjadi paling senior dan berpengalaman. Tipikal yang tentu cukup pas untuk langsung berlaga di Liga 1 musim ini.

Kawin Thamsatchanan kini memasuki usia 33 tahun dan berstatus kiper timnas senior. Namun, karirnya cukup populer di Liga Thailand 1 alias kompetisi kasta tertinggi. 

Musim 2022/2023 lalu, dia tercatat berlaga untuk Muang Thong United dan membawa timnya finis peringkat 4 di Liga Thailand 1. Untuk musim ini, kompetisi belum dimulai.

Karirnya di tim nasional juga sangat mentereng. Kawin Thamsatchanan merupakan kiper andalan Thailand saat memenangi Piala AFF 2020, 2016 dan 2014.

Sedangkan trofi juara di Liga Thailand 1 diraih ketika membela Muang Thong United (2016). Jangan lupa juga, kiper ini juga sempat menjajal J-Legue bersama Consodale Saporro (2020).

ThailandKawin ThamsatchananArema FCLiga 1Bola IndonesiaOne Football

Berita Terkini