x

Akan Dikunjungi Presiden, Bupati Bandung Berharap Si Jalak Harupat jadi Venue Piala Dunia U-17

Rabu, 12 Juli 2023 03:50 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Rombongan PSSI, Kemenpora dan PUPR meninjau kondisi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/03/23), yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Jelang bergulirnya Piala Dunia U-17 2023, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), rencananya akan mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada Rabu (11/7/23) mendatang.

Menurut Bupati Bandung, Dadang Supriatna, pada kunjungan tersebut Jokowi akan mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat sekaligus melihat seleksi pemain untuk tim nasional (Timnas) Indonesia U-17.

"Pak Presiden akan berkunjung ke Si Jalak Harupat besok, dalam rangka melihat para pemain-pemain nasional kita, ada 10 daerah yang akan dites. Sehingga siapa yang akan lolos untuk menjadi pemain nasional," kata Dadang Supriatna, Selasa (11/7/23).

Dadang menuturkan, akan mengajukan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, untuk menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023 yang bakal berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023 mendatang.

Pasalnya, menurut Dadang hasil dari penilaian FIFA Stadion Si Jalak Harupat layak menjadi tempat pertandingan internasional. Sehingga, pihaknya berharap stadion tersebut bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

"Yang kedua, juga akan saya coba untuk diusulkan bahwa berdasarkan penilaian dari FIFA bahwa Si Jalak Harupat sudah layak menjadikan tuan rumah dan tempat bertanding, maka ini mudah-mudahan besok akan ada keputusan," harapnya.

Dadang menuturkan, jika Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023, maka akan banyak dampak positif yang dapat didapat, terutama bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung.

Baca Juga

Pertumbuhan ekonomi tersebut bisa dilihat dari event yang baru-baru ini digelar di Kabupaten Bandung, yakni Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas).

"Nah sehingga terus terang saja saya berharap jadi tuan rumah, karena memang banyak dampak yang positif terutama dalam percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

"Seperti halnya kemarin kegiatan css dan Fornas ini kan perputaran ekonomi di Kabupaten Bandung sangat terasa. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana," harapnya.

Baca Juga

1. Si Jalak Harupat Direnovasi

Rombongan PSSI, Kemenpora dan PUPR meninjau kondisi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/03/23).

Sebagai informasi, Stadion Si Jalak Harupat sudah direnovasi, pasalnya sebelumnya disiapkan untuk salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023. Sehingga, saat itu tidak dapat digunakan oleh klub peserta Liga 1 maupun Liga 2.

Selain Si Jalak Harupat, beberapa Stadion lainnya yang ada di wilayah Bandung Raya juga disiapkan untuk menjadi venue latihan tim peserta Piala Dunia U-20, diantaranya Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung dan Stadion Persib, Kota Bandung.

Namun, menjelang berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

Sementara itu, Perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau kondisi Stadion Persib (Sidolig), Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (10/7/23), yang rencananya akan disiapkan untuk lapangan pendukung Piala Dunia U-17 2023.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan PUPR didampingi pengelola Stadion Persib berkeliling dan melihat kondisi terkini stadion yang digunakan juga oleh Persib sebagai tempat latihan.

Baca Juga

Menurut pengelolaan Stadion Persib, Yadi Mulyadi, dari hasil peninjauan tersebut kondisi lapangan secara keseluruhan dalam keadaan bagus.

"Tadi ada kunjungan dari Direktorat Prasarana Strategis dari PUPR Pusat meninjau lapangan Stadion Sidolig, pada keseluruhannya lapang sudah bagus," kata Yadi ditemui di Stadion Persib, Senin (10/7/23).

Baca Juga

Meski demikian, Yadi mengakui ada beberapa titik yang harus dibenahi, sebelum lapangan tersebut digunakan untuk salah satu venue latihan tim peserta Piala Dunia U-17 2023.

Selain itu, ada beberapa kendala yang dihadapi pengelola Stadion Persib untuk merawat lapangan yang cukup bersejarah di Kota Bandung tersebut, di antaranya peralatan untuk perawatan.

"Cuman di area gawang saja yang dikomplain, terus kita mengajukan komplain lampu mati nyala. Insya Allah kedepan mungkin sudah lebih bagus lagi, sebetulnya semua crew pengelolaan ini sudah bagus dan mantap. Cuman kendalanya di peralatan saja," ujar legenda Persib ini.

Baca Juga
Piala Dunia U-17Stadion Si Jalak HarupatBola Internasional

Berita Terkini