x

Siapa Noah Okafor? Incaran Baru Juventus untuk Atasi Kepergian Vlahovic

Kamis, 13 Juli 2023 10:31 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, dikabarkan telah memiliki pengganti untuk Dusan Vlahovic yang akan didepak, yakni penyerang RB Salzburg, Noah Okafor.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, dikabarkan telah memiliki pengganti untuk Dusan Vlahovic yang akan didepak, yakni penyerang RB Salzburg, Noah Okafor.

Dilaporkan oleh jurnalis Sky Sports, Rudy Galetti, Juventus telah memulai kontak dengan pihak penyerang berusia 23 tahun itu.

Okafor menjadi opsi pertama bagi tim berjuluk Bianconeri itu untuk menggantikan Vlahovic yang rencananya akan didepak pada musim panas 2023 ini.

Vlahovic sendiri akan dilego Juventus dengan harga 70 juta euro. Sejauh ini, penyerang asal Serbia itu memiliki dua peminat, yakni Chelsea dan Paris Saint-Germain.

Kini, klub asal Turin itu akan mencoba melakukan kontak dengan pihak Okafor sebelum memberikan penawaran ke RB Salzburg untuk mendapatkan jasanya di musim panas ini.

Baca Juga

Diyakini, Juventus akan melayangkan tawaran resmi untuk memboyong Noah Okafor saat masa depan Dusan Vlahovic telah ditentukan dan telah dijual.

Profil Noah Okafor

Noah Okafor adalah pesepak bola asal Swiss yang namanya melejit sebagai salah satu penyerang yang meneruskan kehebatan RB Salzburg melahirkan striker-striker berbakat.

Striker kelahiran Binningen pada 24 Mei 2000 ini menjalani kariernya di Swiss sejauh ini. Okafor sempat bermain bagi FC Basel dari 2009 hingga 2020.

Baca Juga

Sejak menembus tim utama FC Basel pada 2018, Okafor mampu mencetak tujuh gol dan lima assist dari 54 penampilannya.

1,5 tahun setelah debutnya bagi FC Basel itu, RB Salzburg memboyongnya ke Austria pada Januari 2020 dengan harga 11,2 juta euro untuk menggantikan Erling Haaland yang hijrah ke Borussia Dortmund.

Sejak kepindahannya itu, Okafor menjadi salah satu penyerang mematikan RB Salzburg. Hingga musim 2022/23 lalu, ia berhasil mencetak total 34 gol dan 23 assist dari 110 laga.

Dengan torehannya itu, bagaimana kualitas Noah Okafor secara keseluruhan, sehingga Juventus tertarik meminangnya di bursa transfer musim panas 2023 ini?

Baca Juga

1. Kualitas Noah Okafor

Noah Okafor saat laga Liga Champions antara FC Salzburg vs AC Milan

Sebagai seorang striker, Noah Okafor sejatinya tak punya catatan yang begitu mentereng. 34 gol dari 110 laga bersama RB Salzburg bukanlah angka yang baik bagi seorang penyerang tengah.

Akan tetapi, Okafor ternyata bukanlah penyerang murni atau pemain nomor 9 layaknya Erling Haaland atau Patson Daka, para penyerang RB Salzburg sebelumnya.

Okafor merupakan penyerang Versatile atau multi-posisi yang bisa memainkan peran sebagai pemain nomor 9 dan menjadi penyerang sayap.

Tak ayal catatannya dalah hal assist pun hampir menyamai catatan golnya, yakni 23 assist dari 110 laga bersama RB Salzburg.

Catatan assisnya pun berbanding lurus dengan kreativitasnya, di mana Okafor mampu menciptakan 2,83 Shot-Creating Action (SCA) atau tindakan berbuah peluang per 90 menit.

Sebagai penyerang, Okafor pun bukan striker bertipe Target Man. Ia rajin turun menjemput bola dan menciptakan peluang bagi dirinya maupun rekannya.

Baca Juga

Hal ini terlihat dari catatan 2,68 dribelnya ke area lawan per 90 menit, dengan rata-rata kesuksesan melewati lawan sebanyak 1,41 kali per 90 menit.

Tapi Juventus membutuhkan pengganti Dusan Vlahovic atau penyerang tengah sebagai pencetak gol. Apakah Okafor bisa menggantikannya?

Baca Juga

Meski punya catatan rendah soal gol, Okafor ternyata punya kemampuan Finishing yang baik. Di Liga Austria 2022/23 lalu, ia punya konversi peluang menjadi gol sebesar 22 persen.

Tak ayal, kemampuan Okafor dalam mengkonversi peluang menjadi gol ini membuatnya menjadi salah satu bakat yang bisa menggantikan Vlahovic.

Poin plusnya dari Okafor adalah kemampuannya untuk menempati posisi lainnya. Kedatangannya pun bisa membuat Juventus menggantikan sosok Federico Chiesa yang juga akan dilego.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusIn Depth SportsLiga ItaliaNoah OkaforIndepth

Berita Terkini