x

Termasuk Persikad, 3 Klub Indonesia Ini Punya Jasa Pada Karier Andre Onana

Kamis, 13 Juli 2023 10:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Andre Onana memang tak pernah bermain di Liga Indonesia, tetapi ada tiga klub yang secara tidak langsung memengaruhi karier sepak bolanya.

INDOSPORT.COM - Andre Onana memang tak pernah bermain di Liga Indonesia. Namun, ada tiga klub yang secara tidak langsung memengaruhi karier sepak bola Andre yang kini jadi buruan Manchester United.

Pengaruh Indonesia dalam karier Andre tak lepas dari peran sang kakak, Nnana Onana. Dalam sebuah wawancara di akun youtube Players Tribune Football pada 2022 lalu, Andre menyebut Nnana Onana sebagai sosok yang menginspirasinya.

Nnana Onana menjadi inspirasi Andre di tengah keinginan orang tuanya agar ia fokus pada pendidikan. Kala itu, Nnana Onana terbang ke Indonesia untuk gabung tim Persikad Depok pada 2008.

"Saya mengikuti sepak bola karena kakak saya. Ia bermain sebagai bek tengah dan mendapat tawaran dari Jakarta, di Indonesia dan dia pergi ke sana. Jadi, aku seperti.."'oh, jika dia bahagia di sana, kamu bisa bahagia di tempat lain'. Lalu saya mulai bermain dan mengikuti mimpi saya," kata Andre Onana dalam interview tersebut.

Jejak kariernya turut dibantu Nnana Onana yang mendapat gaji ketika bermain di Indonesia. Ia memberikan dukungan penuh kepada sang adik hingga akhirnya terus berkembang di Eropa.

Baca Juga

INDOSPORT.COM merangkum tiga klub di Indonesia yang secara tak langsung membantu Andre Onana menggapai mimpinya. Simak ulasan berikut ini.

1. Persikad Depok

Persikad merupakan tim bersejarah bagi Nnana Onana. Namanya mulai diperhitungkan ketika tampil bagus bersama Persikad pada Divisi II 2008-2009.

Performa yang bagus membuat Nnana Onana dipertahankan untuk Divisi Utama musim 2009-2010. Sayangnya, musim kedua bersama Persikad tak berjalan mulus karena ada konflik di internal Persikad.

Baca Juga

Persikad pada akhirnya tak menyelesaikan Divisi Utama 2009-2010 dan didiskualifikasi PT Liga Indonesia. Onana kemudian meneruskan karier dengan gabung tim Persires Rengat.

Namun, hasil kerja di Persikad cukup bagi Onana untuk membelikan beberapa peralatan penjaga gawang. Peralatan berupa sarung tangan dan sepatu itu diberikan kepada Andre Onana saat awal mengikuti jejak sang kakak sebagai pesepak bola.

Pada tahun tersebut, Andre Onana sudah menjadi bagian dari tim Samuel Etoo Academy. Inilah tahapan penting bagi Andre Onana sebelum terbang ke Spanyol untuk masuk La Masia, Barcelona.

Baca Juga

1. 2. Perseman Manokwari

Kiper Ajax Amsterdam asal Kamerun Andre Onana.

Tak banyak yang menyadari bahwa Nnana Onana pernah membuat Perseman Manokwari menjadi tim kuat. Hal itu terjadi pada Divisi Utama 2011-2012 versi LPIS.

Onana bersama Perseman menjadi juara grup 3 dengan 39 poin hasil dari 12 kemenangan, 3 hasil seri dan hanya kalah sekali. Perseman pun berhak promosi ke Liga Prima Indonesia 2013.

Sama seperti momen di Persikad, pendapatan Onana dari hasil membela Perseman Manokwari turut membantu Andre Onana dalam menjaga cita-citanya.

Tahun 2011-2012 merupakan fase awal Andre Onana menjadi bagian dari tim muda Barcelona. Sebagai anak muda yang mulai merintis karier, dukungan keluar, termasuk dari Nnana Onana, sangat berpengaruh pada mentalitas Andre Onana.

3. Persis Solo

Selain Persikad, Onana juga pernah dua musim membela tim yang sama. Tim tersebut adalah Persis Solo yang dibelanya pada Divisi Utama versi LPIS 2013 serta putaran kedua Divisi Utama 2014.

Baca Juga

Onana termasuk pemain dengan gaji tertinggi di Persis Solo pada Divisi Utama 2014. Onana yang lolos dari jalur seleksi dikontrak Persis Solo untuk menggantikan Marcelo Cirelli.

2013-2014 bisa dibilang menjadi fase genting bagi Andre Onana. Ia yang sudah berada di tim B Barcelona harus menentukan pilihan untuk kelanjutan karirnya di Eropa.

Pada musim 2013-2014, Andre Onana sempat dipinjamkan ke tim UD Vista Alegre. Selama momen ini pula komunikasi Andre dan Nnana Onana tak pernah terputus.

Baca Juga

Kala itu, Nnana Onana kerap bercerita kepada awak media bahwa adiknya sering dilibatkan dalam latihan tim senior Barcelona. Tangannya sudah rutin menepis sepakan Lionel Messi, Andres Iniesta hingga Xavi Hernandez.

Persis Solo pada akhirnya menjadi tim terakhir Nnana Onana di Indonesia. Selepas Divisi Utama 2014, ia meninggalkan Indonesia untuk mengawal sang adik.

Nnana Onana cukup aktif mendampingi Andre dalam proses kepindahan ke Ajax Amsterdam pada 2015. Dalam beberapa momen Andre saat awal berada di Ajax, ada Nnana Onana yang berada di dekatnya.

Baca Juga
Persis SoloNnana OnanaPersikad 1999Liga IndonesiaTRIVIAAndre Onana

Berita Terkini