x

Bedah Kualitas Bradley Barcola, Striker Muda Prancis yang Bikin AC Milan Nekat Tikung PSG

Jumat, 14 Juli 2023 19:34 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
AC Milan diklaim menambahkan nama Bradley Barcola dalam daftar pemain yang diincar untuk bursa transfer musim panas 2023 ini. (Foto: Instagram@ol)

INDOSPORT.COM - AC Milan diklaim menambahkan nama Bradley Barcola dalam daftar pemain yang diincar untuk bursa transfer musim panas 2023 ini.

Namanya mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar peminat sepakbola kebanyakan namun wonderkid milik Lyon ini memang punya potensi luar biasa.

Calciomercato melaporkan jika AC Milan telah melakukan kontak dengan Jorge Mendes selaku agen dari Barcola. Paris Saint-Germain juga kabarnya siap menyambar kapan saja bila diberi kesempatan.

Dengan sumbangsing tujuh gol dan 10 assist dari 34 pertandingan pada musim lalu, Lyon kabarnya akan meminta tidak kurang dari 45 juta Euro untuk sang pemuda 20 tahun.

AC Milan memang tengah ditekan untuk memperdalam kualitas lini depan mereka terutama di area sayap dan hingga kini belum ada nama besar yang diperkenalkan pada publik San Siro.

Baca Juga

Mungkin Christian Pulisic sudah resmi digaet namun sang gelandang serang Amerika Serikat diragukan untuk bisa menjadi tumpuan utama tim dalam mendulang gol.

Itulah kenapa Bradley Barcola diincar bersamaan dengan usaha AC Milan mendapatkan salah satu dari Arnaut Danjuma dan Samuel Chukwueze.

Baca Juga

Ia adalah pemain dengan profil cocok dengan Rossoneri terutama dengan versatilitas yang membuatnya bisa meng-cover banyak posisi sekaligus.

Tercatat di 2022/2023 Barcola punya tiga posisi bermain bersama Lyon yakni penyerang tengah, sayap kanan, dan sayap kiri.

Menurut Whoscored, sayap kanan jadi pos terbaik bagi pemain Prancis berdarah Togo tersebut dengan torehan dua gol dan dua assist saat dijadikan starter namun bukan berarti ia tidak efektif di tempat lain.

Baca Juga

1. Sayap Top di Atas Rata-rata

Bedah Kualitas Bradley Barcola, Striker Muda Prancis yang Bikin AC Milan Nekat Tikung PSG. FOTO: REUTERS/Daniele Mascolo

Jika berhasil mendatangkan Bradley Barcola, akan tetapi sebaiknya AC Milan memang menempatkannya di flank kanan maupun kiri.

Pasalnya di sanalah ia bisa berekspresi lebih maksimal memanfaatkan kecepatan serta tekhniknya yang baik.

Grafik dari DataMB di bawah ini menunjukkan Barcola sudah lebih baik dari rata-rata winger liga top Eropa kebanyakan dengan aspek tervokal di persentil assist, angka harapan gol (xG) serta harapan assist (xA), juga umpan kunci, dan gol dari situasi bola hidup.

Perbandingan statistik Bradley Barcola dengan winger liga top Eropa.

Ia bisa menjadi solusi bagi sayap kanan AC Milan yang tidak punya figur dominan musim lalu meski sudah berkali-kali merotasi Brahim Diaz, Junior Messias, dan Alexis Saelemaekers di sana.

Mengutip data dari FBref, Barcola juga mampu memiliki xG dan xA sebesar 0,22.

Baca Juga

Hanya ada tiga pemain di AC Milan yang bisa memiliki angka lebih dari 0,2 pada musim lalu di dua kategori vital untuk penyerang tersebut.

Ditambah lagi Barcola juga punya 3,19 progressive carries, 2,44 progressive pass, dan 9,75 progressive received. Bukti jika ia memang banyak terlibat dalam build up serangan Lyon dan angka-angka ini masih bisa bertambah mengingat usianya yang masih sangat muda.

Baca Juga

Dipastikan jebolan asli akademi Lyon tersebut akan jadi aset yang berharga untuk masa kini maupun masa depan AC Milan.

Banderol 45 juta Euro yang ditempelkan padanya memang beresiko memberatkan namun sepertinya layak untuk Il Diavolo Rosso tebus pada bursa transfer kali ini.

Apabila dididik dengan baik, maka AC Milan akan punya calon bintang besar dalam diri Bradley Barcola.

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanOlympique LyonIndepth

Berita Terkini