x

Profil dan Agama Claudia Scheunemann, Bomber Blasteran Jerman yang Cetak Gol Indah di Timnas Putri U-19

Jumat, 14 Juli 2023 11:44 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil dan agama Claudia Scheunemann, bomber Timnas Putri U-19 blasteran Jerman pencetak gol indah di semifinal Piala AFF Wanita U-19 2023.

INDOSPORT.COM - Berikut profil dan agama Claudia Scheunemann, bomber Timnas Putri Indonesia U-19 blasteran Jerman pencetak gol indah di semifinal Piala AFF Wanita U-19 2023.

Langkah timnas Indonesia Putri U-19 di Piala AFF Wanita U-19 terhenti di babak semifinal. Garuda Pertiwi takluk 1-7 oleh Thailand di babak empat besar.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Kamis (17/07/23), timnas Indonesia harus bermain dengan 10 orang sejak babak pertama.

Terlepas dari hasil yang mengecewakan untuk timnas Indonesia, pertandingan berjalan seru dengan gelontoran 4 gol di masing-masing babak.

Thailand juga menunjukkan dominasinya dengan hattrick yang dikantongi Thawanrat Promthongmee serta gol-gol yang dilesakkan Anaphon Amanpong (2 gol), Chattaya, dan Natcha.

Baca Juga

Satu-satunya gol Indonesia diciptakan oleh Claudia Scheunemann pada menit ke-25. Tendangan keras Claudia Scheunemann dari luar kotak penalti tak bisa diantisipasi kiper Thailand.

Gol Claudia Scheunemann disambut dengan gembira oleh Skuat Garuda Pertiwi. Pasalnya, ini menjadi gol penyama kedudukan 1-1, yang sekaligus menumbuhkan harapan bagi kubu Indonesia.

Baca Juga

PSSI pun  mengunggah cuplikan gol Claudia Scheunemann di akun Instagram resmi mereka, yang langsung banjir pujian dari warganet.

Kebanyakan dari komentar yang muncul memuji akurasi dan power Claudia Scheunemann yang di atas rata-rata, bahkan dianggap layak untuk bermain membela timnas sepak bola putra.

Lantas, siapakah sebenarnya Claudia Scheunemann, bomber timnas putri U-19 yang adalah blasteran Jerman?

Baca Juga

1. Claudia Scheunemann, Blasteran Jerman Keponakan Eks Pelatih Timnas

Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF 2023

Claudia Scheunemann merupakan pemain berdarah Jerman-Indonesia merupakan anak dari Ralph Scheunemann. Dia lahir di Tangerang, Banten, pada 24 April 2009 dan diketahui beragama Kristen.

Pemain yang baru berusia 14 tahun ini juga merupakan keponakan dari Timo Scheunemann, mantan pelatih klub sepak bola Persema Malang dan Timnas Putri Indonesia pada tahun 2008.

Darah sepak bola mengalir deras dalam keluarga Scheunemann. Selain Timo dan Claudia, ada pula Brandon Scheunemann yang pernah bergabung dengan PSIS Semarang dan Timnas Indonesia U-20.

Keluarga Scheunemann berasal dari Jerman dan sudah menetap di Indonesia sejak 1957. Anak-cucu keluarga ini pun banyak yang lahir di Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa.

Meski masih sangat muda, Claudia Scheunemann telah tampil gemilang bersama Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF Wanita U-19 2023, bahkan sebagai pemain termuda.

Baca Juga

"Perjuangan untuk menjadi salah satu bagian dari Timnas Wanita, sudah pasti harus mengorbankan waktu bermain, bahkan di hari libur pun harus tetap latihan," kata Claudia Scheunemann, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Tidak mudah memang untuk mencapai di titik itu, tetapi dengan giat berlatih dan ada kemauan, pasti di situ ada jalan," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Kiprah pemain ini sebetulnya sudah mencuri perhatian sejak Piala AFF Putri U-19 2022. Ketika itu, dia menjadi salah satu pesepak bola andalan skuad Garuda Pertiwi. Ia sempat mencetak gol meski gagal membawa timnya lolos ke semifinal.

Meski usianya muda, pemain bernama lengkap Claudia Alexandra Scheunemann ini sudah mencatatkan debutnya bersama Timnas senior Putri Indonesia, tepatnya saat duel melawan Lebanon pada 8 April 2023.

Dengan penampilannya itu, Claudia mencatatkan namanya sebagai pesepak bola putri termuda yang pernah mencatatkan pertandingan bersama skuad Garuda Pertiwi. Sebab, saat itu dia masih berusia 13 tahun 394 hari.

Baca Juga
Timnas IndonesiaTimnas Indonesia PutriBerita Timnas IndonesiaPiala AFF Wanita U-19

Berita Terkini